Model Pembelajaran POGIL dengan Media Make A Match dan Dampaknya terhadap Hasil Belajar IPA

Authors

  • I Wayan Andita May Utama Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Gede Margunayasa Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Gede Astawan Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/iji.v2i1.40311

Keywords:

Hasil Belajar, POGIL, Make A Match

Abstract

Tujuan dari penelitian yang dilakukan untuk menganalisis pengaruh maupun yang signifikan model pembelajaran POGIL (Process Oriented Guided Inquiry Learning) berbantuan make a match terhadap hasil belajar IPA murid kelas V. Rancangan dari penelitian ini berupa eksperimen semu (quasi experiment) dengan rancangan nonequivalent posttest-only control group design. Populasi pada penelitian ini yaitu kelas V semester II yang berjumlah 172 orang. Dari tujuh kelas yang menjadi sampel (yang diberikan treatment) penelitian adalah kelompok eksperimen dengan jumlah 26 murid dan yang dijadikan kelompok kontrol dengan jumlah 27 murid. Data skor yang diperoleh dari hasil belajar IPA tersebut dijadikan satu dengan instrumen tes pilihan ganda yang berjumlah 30 soal yang memiliki tingkat kognitif C2-C5. Hasil yang diperoleh dari penelitian tersebut dianalisis dengan suatu teknik statstik deskriptif dan statstik inferensial (Uji-t). Hasil Uji statistik deskriptif adalah menunjukkan rata-rata kelompok eksperimen 25,86 dalam kategori siangat tinggi, sedagkan rata-rata kelompok kontrol adalah 21,24 dengan kategori hasil tinggi. Hasil analisis statistik inferensial dengan teknik uji-t kemudian diperoleh thitung=5,86 dan ttabel=2,01 yang dapat dinyatakan terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran POGIL (process oriented guided inquiry learning) dengan media make a match terhadap hasil belajar IPA murid.

References

Agung, A. A. (2014). Buku Ajar Metodelogi Penelitian Pendidikan. Aditya Media Publishing.

Baroroh, H. R., & Muyasaroh. (2020). Implementasi Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Pai Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di Slb Muhammadiyah Sidayu Gresik. Tamaddun, 21(1), 091. https://doi.org/10.30587/tamaddun.v21i1.1380. DOI: https://doi.org/10.30587/tamaddun.v21i1.1380

Budiyono, A., & Hartini. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa SMA. Wacana Didaktika, 4(2), 141–149. https://doi.org/10.31102/wacanadidaktika.4.2.141-149. DOI: https://doi.org/10.31102/wacanadidaktika.4.2.141-149

Dewi, N. L. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran POGIL Terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar IPA. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3. http://119.252.161.254/e- journal/index.php/jurnal_pendas/article/download/512/304.

Hendriana, E. C., & Jacobus, A. (2016). Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Melalui Kegiatan Pembiasaan Dan Keteladanan. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 1(2). DOI: https://doi.org/10.26737/jpdi.v1i2.262

Kholis, N. (2014). Paradigma Pendidikan Islam dalam Undang-Undang Sisdiknas 2003. Jurnal Kependidikan, 2(1). DOI: https://doi.org/10.24090/jk.v2i1.542

Ridlwan, Z. (2012). Negara Hukum Indonesia Kebalikan Nachtwachterstaat. FIAT JUSTISIA:Jurnal Ilmu Hukum, 5(2), 141–152. https://doi.org/10.25041/fiatjustisia.v5no2.56. DOI: https://doi.org/10.25041/fiatjustisia.v5no2.56

Santiasih, N. . (2013). Pengaruh Model Pembelajaran POGIL Terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar IPA murid Kelas V SD No. 1 Kerobokan Kecamatan Kuta Utara Kabupaten Badung Tahun Pelajaran 2013/2014. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3. http://pasca.undiksha.ac.id/e- journal/index.php/jurnal_pendas/article/download/1029/777.

Sayekti, I. C., Rini, I. F., & Hardiyansyah, F. (2019). Analisis Hakikat Ipa Pada Buku Siswa Kelas Iv Sub Tema I Tema 3 Kurikulum 2013. Profesi Pendidikan Dasar, 6(2), 129–144. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i2.9256. DOI: https://doi.org/10.23917/ppd.v1i2.9256

Sinambela, P. N. J. M. (2013). Kurikulum 2013 dan Implementasinya dalam Pembelajaran. E-Journal Universitas Negeri Medan, 6(3), 17–29.

Suastra, I. W. (2009). Pembelajaran Sains Terkini Mendekatkan Siswa dengan Lingkungan Almiah dan Sosial Budayanya. Universitas Pendidikan Ganesha.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pemeblajaran di Sekolah Dasar. Kencana.

Sutama, I. N., Arnyana, I. B. P., & Swasta, I. B. J. (2014). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap ketrampilan berpikir kritis dan kinerja ilmiah pada pelajaran biologi kelas XI IPA SMA Negeri 2 Amlapura. Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA, 4, 1–14. https://media.neliti.com/media/publications/122426-ID-pengaruh-model-pembelajaran-inkuiri-terh.pdf.

Triningsih, A. (2017). Politik Hukum Pendidikan Nasional: Analisis Politik Hukum dalam Masa Reformasi. Jurnal Konstitusi, 14(2), 332. https://doi.org/10.31078/jk1425 DOI: https://doi.org/10.31078/jk1425

Downloads

Published

2021-01-25

How to Cite

Utama, I. W. A. M., Margunayasa, I. G., & Astawan, I. G. (2021). Model Pembelajaran POGIL dengan Media Make A Match dan Dampaknya terhadap Hasil Belajar IPA. Indonesian Journal of Instruction, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.23887/iji.v2i1.40311

Most read articles by the same author(s)