Ciptakan Pembelajaran Bahan Isolator dan Konduktor yang Variatif dengan Menggunakan Bahan Ajar Digital Berkearifan Lokal Berbasis Android

Authors

  • Gabriella Komang Prila Santika Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Gede Astawan Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Gede Margunayasa Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/iji.v2i3.50945

Keywords:

Pembelajaran Variatif, Bahan Ajar, Kearifan Lokal

Abstract

Ketersediaan media pembelaaran yang sedikit membuat guru sulit memilih media pembelajaran dalam proses pembelajaran sehingga guru hanya menggunakan satu jenis media dalam pembelajaran sehingga membuat pembelajaran kurang variatif. Maka dari itu sangat diperlukan adnya media pembelajaran yang variatif yang dapat guru gunakan dalam proses pembelajaran sehingga pembelaran menjadi variatif. Penelitian pengembangan ini bertujuan yaitu untuk menghasilkan bahan ajar digital berkearifan lokal berbasis android pada topik bahan isolator dan konduktor kelas V sekolah dasar yang telah teruji validitas dan kepraktisannya. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan yang dilaksanakan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian dalam penelitian pengembangan media pembelajaran ini yaitu 2 orang ahli materi, 2 orang ahli media, 2 orang guru dan 10 orang siswa. Metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode kuesioner. dengan menggunakan instrumen yaitu rating scale. Hasil penelitian menyatakan bahan ajar digital berkearifan lokal berbasis android pada topik bahan isolator dan konduktor yang telah dikembangkan memperoleh skor validitas dari ahli materi sebesar 95% dan skor dari ahli media sebesar 97%, sedangkan skor kepraktisan dari guru sebesar 90% dan skor kepraktisan dari siswa sebesar 94% sehingga dinyatakan valid dan praktis dengan kualifikasi sangat baik.

References

Amin, A. M. (2021). Implementasi Pembentukan Karakter Multikultural Santri Pondok Pesantren Riyadlus Sholihin Kota Probolinggo. Tarbiyatuna, 14(1), 46. https://doi.org/10.36835/tarbiyatuna.v14i1.841. DOI: https://doi.org/10.36835/tarbiyatuna.v14i1.841

Anggraini, R., Ahyani, N., & Suryani, I. (2021). Pengaruh Pemanfaatan Media Youtube Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Sejarah Di SMK PGRI 2 Palembang. Kalpataru: Jurnal Sejarah Dan Pembelajaran Sejarah, 7(1), 28. https://doi.org/10.31851/kalpataru.v7i1.6306. DOI: https://doi.org/10.31851/kalpataru.v7i1.6306

Anud, A. (2019). Pengembangan Sumber Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) Berbasis Literasi Di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Gandusari Kabupaten Blitar. IAIN Tulungagung.

Fatimah, F., & Mahmuddin, M. (2021). Meningkatkan Aspek Bahasa Dalam Memahami Cerita Menggunakan Model Story Telling dan Role Playing Dengan Media Wayang Kertas. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 1(2), 1. https://doi.org/10.20527/jikad.v1i2.4272. DOI: https://doi.org/10.20527/jikad.v1i2.4272

Fauziah, N., & Nadlifah, N. (2021). Jenuh Belajar: Strategi Orang Tua dalam Membersamai Anak Belajar di Masa Pandemi COVID-19. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 6(2), 98–108. https://doi.org/10.14421/jga.2021.62-05. DOI: https://doi.org/10.14421/jga.2021.62-05

Hanipa, A., Misbahudin, A. R., Andreansyah, & Setiawan, W. (2019). Analisis Minat Belajar Siswa MTs Kelas VIII Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Aplikasi Geogebra. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(5), 315. https://doi.org/10.22460/jpmi.v2i5.p315-322. DOI: https://doi.org/10.22460/jpmi.v2i5.p315-322

Hardiansyah, Saputra, D., Ermawansyah, Ifansyah, Prayoga, J., Aseliyanti, Oktaviani, D., Septiana, G., Puspitarini, H., & Yusnaliana, D. (2022). Kontribusi Gagasan K.H. Ahmad Dahlan Dalam Dinamika Pendidikan Di Kota Pangkal Pinang. Kuttab, 6(1), 50–60.

Heryani, A., Pebriyanti, N., & Wahyuningsih, Y. (2022). Peran Media Pembelajaran Berbasis Teknologi dalam Meningkatkan Literasi Digital Pada Pembelajaran IPS di SD Kelas Tinggi. Jurnal Pendidikan, 31(1), 17–28. https://doi.org/10.32585/jp.v31i1.1977. DOI: https://doi.org/10.32585/jp.v31i1.1977

Ilhami, R. S., & Rimantho, D. (2017). Penilaian Kinerja Karyawan dengan Metode AHP dan Rating Scale. Jurnal Optimasi Sistem Industri, 16(2), 150. https://doi.org/10.25077/josi.v16.n2.p150-157.2017. DOI: https://doi.org/10.25077/josi.v16.n2.p150-157.2017

Karisma, R., Mudzanatun, M., & Arisyanto, P. (2019). Pengembangan Media Audio Visual untuk Mendukung Pembelajaran Tematik Tema 7 Subtema 2. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(3), 216. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i3.19255. DOI: https://doi.org/10.23887/jppp.v3i3.19255

Kartika, S., Husni, H., & Millah, S. (2019). Pengaruh Kualitas Sarana dan Prasarana terhadap Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1), 113. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i1.360. DOI: https://doi.org/10.36667/jppi.v7i1.360

Lestari, D. D., Ansori, I., & Karyadi, B. (2017). Penerapan Model Pbm Untuk Meningkatkan Kinerja Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sma. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 1(1), 45–53. https://doi.org/10.33369/diklabio.1.1.45-53. DOI: https://doi.org/10.33369/diklabio.1.1.45-53

Magulod, G. C. (2018). Innovative Learning Tasks in Enhancing the Literary Appreciation Skills of Students. SAGE Open, 8(4). https://doi.org/10.1177/2158244018820382. DOI: https://doi.org/10.1177/2158244018820382

Mailani, O., Nuraeni, I., Syakila, S. A., & Lazuardi, J. (2022). Bahasa Sebagai Alat Komunikasi Dalam Kehidupan Manusia. Kampret Journal, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.35335/kampret.v1i1.8. DOI: https://doi.org/10.35335/kampret.v1i1.8

Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 187–193. https://doi.org/https://doi.org/10.31849/lectura.v12i1.5813. DOI: https://doi.org/10.31849/lectura.v12i1.5813

Maydiantoro, A. (2021). Model-Model Penelitian Pengembangan (Research and Development. Repository.Lppm.Unila.Ac.Id, 10.

Mazman Akar, S. G. (2019). Does it matter being innovative: Teachers’ technology acceptance. Education and Information Technologies, 24(6), 3415–3432. https://doi.org/10.1007/s10639-019-09933-z. DOI: https://doi.org/10.1007/s10639-019-09933-z

Miftah, M. (2018). Pengembangan Dan Pemanfaatan Multimedia Dalam Pembelajaran Interaktif. Jurnal Litbang: Media Informasi Penelitian, Pengembangan Dan IPTEK, 14(2), 147–156. https://doi.org/10.33658/jl.v14i2.117. DOI: https://doi.org/10.33658/jl.v14i2.117

Minsih, M., Nandang, J. S., & Kurniawan, W. (2021). Problematika Pembelajaran Online Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Dasar Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(3), 1252–1258. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.876. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.876

Myori, D. E., Hidayat, R., Eliza, F., & Fadli, R. (2019). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Penguasaan Teknologi Informasi dan Komunikasi melalui Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android. JTEV: Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional, 5(2), 102–109. https://doi.org/10.24036/jtev.v5i2.106832. DOI: https://doi.org/10.24036/jtev.v5i2.106832

Nadeak, B., Juwita, C. P., Sormin, E., & Naibaho, L. (2020). Hubungan kemampuan berpikir kritis mahasiswa dengan penggunaan media sosial terhadap capaian pembelajaran pada masa pandemi Covid-19. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 8(2), 98. https://doi.org/10.29210/146600. DOI: https://doi.org/10.29210/146600

Ningsih, A. A. W. (2022). Dialektika Pendidik Dan Perubahan Kurikulum Di Masa Pandemi. Jurnal Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Sosial Keagamaan, 21(2), 367–384. https://doi.org/10.21274/dinamika.2021.21.02.367-382.

Nugroho, S. (2022). Pembelajaran Berkarakteristik Inovatif Abad 21 pada Materi K3lh dengan Model Pembelajaran Ceramah di Sekolah SMK Negeri 1 Dukuhturi. Cakrawala: Jurnal Pendidikan, 9300(17), 70–77. https://doi.org/10.24905/cakrawala.vi0.168. DOI: https://doi.org/10.24905/cakrawala.vi0.168

Nurdin, F., Ihsan, M., Rahmawati, I., & Lestari, H. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Budaya Organisasi Terhadap Perilaku Kerja Inovatif Guru Di SMA Swasta Se-Kecamatan Pamijahan Bogor. Indonesian Journal of Science, 1(2), 99–105. https://doi.org/10.1234/jsi.v1i2.8.

Nursoviani, L. D., Sahal, Y. F. D., & Ambara, B. (2020). Penerapan Media Mind Mapping Tipe Network Tree untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Madrasah Ibtidaiyah. Bestari | Jurnal Studi Pendidikan Islam, 16(2), 189. https://doi.org/10.36667/bestari.v16i2.405. DOI: https://doi.org/10.36667/bestari.v16i2.405

Phanata, S., & Suci, I. R. (2021). Efektivitas Metode Mind Mapping Dalam Pembelajaran Bahasa Mandarin Bagi Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Cakrawala Mandarin, 5(2), 130. https://doi.org/10.36279/apsmi.v5i2.136. DOI: https://doi.org/10.36279/apsmi.v5i2.136

Pratiwi, D. S., & Andayono, T. (2019). Persepsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Terhadap Penggunaan E-Learning. Cived, 6(4). https://doi.org/10.24036/cived.v6i4.106894. DOI: https://doi.org/10.24036/cived.v6i4.106894

Puspawan, Y. E., & Soesilo, T. D. (2019). Peningkatan Minat Belajar Siswa Kelas IX Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Di SMP Kristen 1 Salatiga. Mimbar Ilmu, 24(1), 83. https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17455. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17455

Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082

Redhana, I. W. (2013). Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Pertanyaan Socratik untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3, 351–365. https://doi.org/10.21831/cp.v0i3.1136. DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v0i3.1136

Riwu, I. U., Laksana, D. N. L., & Dhiu, K. D. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Bermuatan Multimedia Pada Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup Untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas Iv Di Kabupaten Ngada. Journal of Education Technology, 2(2), 56. https://doi.org/10.23887/jet.v2i2.16182. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v2i2.16182

Rosyada, M., & Wigiawati, A. (2020). Survival Strategy Of Written Batik Msmes Pekalongan In The Middle Of The Covid-19 Pandemic (Case Study On “Batik Pesisir” Pekalongan). BANCO: Jurnal Manajemen Dan Perbankan Syariah, 2(2), 69–93. https://doi.org/10.35905/banco.v2i2.1537.

Sadat, F. A. (2020). Implementasi Kurikulum 2013 Untuk Peningkatan Mutu Pembelajaran Di Madrasah Dalam Menghadapi Abad 21. Tsaqofatuna, 4(2), 15–37. https://doi.org/10.54213/tsaqafatuna.v2i2.47.

Sermatan, S., Sangi, N., & Sanger, R. (2022). Hubungan Minat dan Motivasi dengan Hasil Belajar Teknik Instalasi Penerangan Listrik Siswa SMKN 2 Tanimbar Selatan. JURNAL EDUNITRO: Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 1(2), 1–8. https://doi.org/10.53682/edunitro.v1i2.1141. DOI: https://doi.org/10.53682/edunitro.v1i2.1141

Seso, M. A., Laksana, D. N. L., & Dua, K. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Bermuatan Multimedia Untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas Iv Di Kabupaten Ngada. Journal of Education Technology, 2(4), 177. https://doi.org/10.23887/jet.v2i4.16546. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v2i4.16546

Setiawati, F. (2022). Dampak Kebijakan Perubahan Kurikulum terhadap Pembelajaran di Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam (JMPI), 7(1), 1–17. https://doi.org/10.1042/nizamulilmi.v7i1.124.

Setyarini, D. (2019). Metode Pembelajaran Mind Map Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Anak Didik Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 30. https://doi.org/10.30659/pendas.6.1.30-44. DOI: https://doi.org/10.30659/pendas.6.1.30-44

Setyowati, E., Hidayati, I. S., & Hermawan, T. (2020). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Pemahaman Konsep Dalam Pembelajaran Matematika di MTS Darul Ulum Muhammadiyah Galur. Intersections, 5(2), 26–37. https://doi.org/10.47200/intersections.v5i2.553. DOI: https://doi.org/10.47200/intersections.v5i2.553

Sihombing, C. E., Lubis, R., & Ardiana, N. (2021). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Selama Pandemi Covid-19 Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 4(2), 285–295. https://doi.org/10.37081/mathedu.v4i2.2540. DOI: https://doi.org/10.37081/mathedu.v4i2.2540

Subroto, E. N., Qohar, A., & Dwiyana, D. (2020). Efektivitas Pemanfaatan Komik sebagai Media Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(2), 135. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i2.13156. DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i2.13156

Tegeh, I. M., Simamora, A. H., & Dwipayana, K. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Dengan Model Pengembangan 4D Pada Mata Pelajaran Agama Hindu. Mimbar Ilmu, 24(2), 158. https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21262. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21262

Yunita, R. A., & Hamdi. (2019). Analisis Kemandirian Belajar Siswa sebagai Dasar Pengembangan Buku Elektronik (e-book) Fisika Terintegrasi Edupark. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 5(2), 172–179. https://doi.org/10.24036/jppf.v5i2.107441.

Zain, N. H., Sayekti, I. C., & Eryani, R. (2021). Problematika Pembelajaran Daring pada Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1840–1846. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1051. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1051

Zulhelmi, Adlim, & Mahidin. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Peningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 5(1), 72–80.

Downloads

Published

2021-09-25

How to Cite

Santika, G. K. P. ., Astawan, I. G. ., & Margunayasa, I. G. . (2021). Ciptakan Pembelajaran Bahan Isolator dan Konduktor yang Variatif dengan Menggunakan Bahan Ajar Digital Berkearifan Lokal Berbasis Android. Indonesian Journal of Instruction, 2(3), 144–157. https://doi.org/10.23887/iji.v2i3.50945

Most read articles by the same author(s)