Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa Sekolah Dasar dengan Model Student Teams Achievement Division Berbantuan Multimedia Interaktif
DOI:
https://doi.org/10.23887/iji.v5i3.79559Keywords:
Student Teams Achievement Division, Multimedia Interaktif, Kompetensi Pengetahuan MatematikaAbstract
Kurangnya pemahaman peserta didik terhadap materi mata pelajaran matematika dan kurangnya keterampilan guru dalam proses pembelajaran mengakibatkan masih rendahnya kompetensi pengetahuan pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran STAD berbantuan Multimedia Interaktif terhadap kompetensi pengetahuan matematika siswa kelas IV SD. Jenis penelitian ini ialah eksperimen semu dengan rancangan non-ekuivalent control grup design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV Sekolah Dasar sebanyak 294 siswa. Teknik penentuan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling yang memperoleh kelas IV sebanyak 30 siswa sebagai kelompok eksperimen dan sebanyak 31 siswa sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data kompetensi pengetahuan matematika menggunakan instrumen tes objektif sebanyak 30 soal yang sudah divalidasi. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa terdapat perbedaaan yang signifikan kompetensi pengetahuan matematika antara kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model STAD berbantuan multimedia interaktif dengan kelompok siswa yang tidak dibelajarkan menggunakan model STAD berbantuan multimedia interaktif terhadap kemampuan matematika siswa kelas IV Sekolah Dasar. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa model STAD berbantuan multimedia interaktif berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan matematika siswa kelas IV Sekolah Dasar. Implikasi penelitian ini adalah model Student Teams Achievement Division berbantuan multimedia interaktif dapat membuat siswa memiliki kemampuan berpikir kritis dalam menyelesaikan tugas sehingga sangat direkomendasikan untuk diterapkan dalam proses pembelajaran.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ni Made Tia Kamalini, I Wayan Wiarta, Ni Wayan Suniasih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Indonesian Journal of Instruction agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)