Dampak Penerapan Pembelajaran Berbasis Kasus Terhadap Hasil Belajar Calon Guru Sekolah Dasar dalam Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan
DOI:
https://doi.org/10.23887/iji.v5i2.84407Keywords:
Pendidikan Kewarganegaraan, Pembelajaran Berbasis Kasus, Hasil BelajarAbstract
Pembelajaran PKn atau Pendidikan Kewarganegaraan merupakan salah satu pembelajaran yang membahas mengenai nilai serta sikap dalam menjalankan perilaku dan kewajiban sebagai warga negara yang baik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis efektifitas pembelajaran berbasis kasus terhadap hasil belajar Pengembangan Pembelajaran PKn mahasiswa PGSD. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian semu. Rancangan penelitian ini menggunakan rancangan post test only control group design. Populasi penelitian ini calon guru sekolah dasar yang berjumlah 178 mahasiswa yang tersebar secara merata di 6 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik group random sampling. Objek penelitian ini adalah hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Pengembangan Pembelajaran PKn yang telah diberikan eksperimen berupa pembelajaran berbasis kasus. Hasil belajar diukur dengan instrument tes. Tes uraian ini akan terdiri dari 10 uraian terbuka dengan tingkat kognitif dari C4-C6. Tes akan diambil dari materi konsep, nilai, moral dan norma dalam materi PPKn. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara mahasiswa yang belajar berbasis kasus dengan mahasiswa yang belajar tanpa berbasis kasus. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis kasus dapat membantu mahasiswa memperoleh hasil belajar yang lebih bermakna dan bermanfaat untuk memahami pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ni Wayan Eka Widiastini, Gusti Ngurah Sastra Agustika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Indonesian Journal of Instruction agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)