Dampak Penerapan Pembelajaran Berbasis Kasus Terhadap Hasil Belajar Calon Guru Sekolah Dasar dalam Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan

Penulis

  • Ni Wayan Eka Widiastini Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Gusti Ngurah Sastra Agustika Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/iji.v5i2.84407

Kata Kunci:

Pendidikan Kewarganegaraan, Pembelajaran Berbasis Kasus, Hasil Belajar

Abstrak

Pembelajaran PKn atau Pendidikan Kewarganegaraan merupakan salah satu pembelajaran yang membahas mengenai nilai serta sikap dalam menjalankan perilaku dan kewajiban sebagai warga negara yang baik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis efektifitas pembelajaran berbasis kasus terhadap hasil belajar Pengembangan Pembelajaran PKn mahasiswa PGSD. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian semu. Rancangan penelitian ini menggunakan rancangan post test only control group design. Populasi penelitian ini calon guru sekolah dasar yang berjumlah 178 mahasiswa yang tersebar secara merata di 6 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik group random sampling. Objek penelitian ini adalah hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Pengembangan Pembelajaran PKn yang telah diberikan eksperimen berupa pembelajaran berbasis kasus. Hasil belajar diukur dengan instrument tes. Tes uraian ini akan terdiri dari 10 uraian terbuka dengan tingkat kognitif dari C4-C6. Tes akan diambil dari materi konsep, nilai, moral dan norma dalam materi PPKn. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara mahasiswa yang belajar berbasis kasus dengan mahasiswa yang belajar tanpa berbasis kasus. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis kasus dapat membantu mahasiswa memperoleh hasil belajar yang lebih bermakna dan bermanfaat untuk memahami pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.

Diterbitkan

2024-08-22

Cara Mengutip

Widiastini, N. W. E., & Agustika, G. N. S. . (2024). Dampak Penerapan Pembelajaran Berbasis Kasus Terhadap Hasil Belajar Calon Guru Sekolah Dasar dalam Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Indonesian Journal of Instruction, 5(3). https://doi.org/10.23887/iji.v5i2.84407

Terbitan

Bagian

Articles