Video Pembelajaran Pada Muatan Pembelajaran IPA untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/iji.v3i1.31272Kata Kunci:
Video Pembelajaran, IPA, Sekolah DasarAbstrak
Penelitian pengembangan ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA yang disebabkan oleh kurangnya media pembelajaran yang mendukung proses belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain pengembangan video pembelajaran dan mendeskripsikan kualitas hasil validasi pengembangan video pembelajaran menurut para ahli dan uji coba produk. Model pengembangan yang di gunakan adalah model ADDIE. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, pencatatan dokumen, dan kuesioner. Penelitian ini melibatkan riview oleh ahli yang terdiri dari 2 ahli isi mata pelajaran, 1 ahli desain pebelajaran, dan 1 ahli media pembelajaran. Metode analisis yang digunakan adalah dekriptif kualitatif dan metode analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa video pembelajaran IPA valid berdasarkan hasil review ahli isi pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (90,9%), hasil review ahli desain pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (93,3%), hasil review ahli media pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (95,7%), hasil uji coba perorangan dengan kualifikasi sangat baik (91,3%), dan hasil uji coba kelompok kecil dengan kualifikasi sangat baik (90,3%). Jadi dapat disimpulkan bahwa berdasarkan uji validitas pengembangan video pembelajaran menunjukkan hasil yang sangat baik didalam meningkatkan hasil belajar IPA sehingga layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Referensi
Aldoobie, N. (2015). ADDIE Model. American International Journal of Contemporary Research, 5(6). https://aijcrnet.com/journals/Vol_5_No_6_December_2015/10.pdf.
Ario, M., & Asra, A. (2019). engembangan Video Pembelajaran Materi Integral Pada Pembelajaran Flipped Classroom. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 20–31. http://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/matematika/article/download/1709/pdf. DOI: https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i1.1709
Ariyanto, L., Rahmawati, N. D., & Haris, A. (2020). Pengembangan Mobile Learning Game Berbasis Pendekatan Kontekstual Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. JIPMat, 5(1), 36–48. https://doi.org/10.26877/jipmat.v5i1.5478. DOI: https://doi.org/10.26877/jipmat.v5i1.5478
Astika, R. Y., Anggoro, B. S., & Andriani, S. (2019). Pengembangan video media pembelajaran matematika dengan bantuan powtoon. Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Matematika (JP3M), 2(2), 85–96. http://journal.rekarta.co.id/index.php/jp3m/article/view/214. DOI: https://doi.org/10.36765/jp3m.v2i2.29
Bidayah, I. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Belajar Siswa Melalui Pendekatan Keterampilan Proses. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 5(2), 107–114. https://doi.org/10.31949/educatio.v5i2.21. DOI: https://doi.org/10.31949/educatio.v5i2.21
Buchori, A. (2019). Pengembangan multimedia interaktif dengan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan pemecahan masalah kemampuan matematika. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 6(1), 104–115. https://doi.org/10.21831/jitp.v6i1.20094. DOI: https://doi.org/10.21831/jitp.v6i1.20094
Dwiqi, G. C. S., Sudatha, I. G. W., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran IPA Untuk Siswa SD Kelas V. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 33. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28934. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28934
Elpira, N., & Ghufron, A. (2015). Pengaruh penggunaan media powerpoint terhadap Minat dan hasil belajar ipa siswa kelas IV SD. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 2(1), 94–104. https://doi.org/10.21831/tp.v2i1.5207. DOI: https://doi.org/10.21831/tp.v2i1.5207
Fadillah, A., & Bilda, W. (2019). Pengembangan Video Pembelajaran Berbantuan Aplikasi Sparkoll Videoscribe. Jurnal Gantang, 4(2), 177–182. https://ojs.umrah.ac.id/index.php/gantang/article/download/1369/760. DOI: https://doi.org/10.31629/jg.v4i2.1369
Fauzan, M. A., & Rahdiyanta, D. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video pada Teori Pemesinan Frais. Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin, 2(2), 82–88. https://doi.org/10.21831/dinamika.v2i2.15994. DOI: https://doi.org/10.21831/dinamika.v2i2.15994
Febriani, C. (2017). Pengaruh Media Video terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Kognitif Pembelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Prima Edukasia, 5(1), 2017. https://core.ac.uk/download/pdf/193343115.pdf. DOI: https://doi.org/10.21831/jpe.v5i1.8461
Haka, N. B., Makrupah, S., & Anggoro, B. S. (2020). Pengembangan website online berbasis blended learning untuk meningkatkan penguasaan konsep mata pelajaran IPA. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 8(1), 66–76. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/article/view/20782.
Hapsari, G. P. P., & Zulherman, Z. (2021). Pengembangan media video animasi berbasis aplikasi canva untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Jurnal Basicedu, 5(4), 2384–2394. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1237. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1237
Hidayati, A, S. dkk. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Gaya Kelas IV Di SDN Sukoiber 1 Jombang. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 6(1), 45–50. https://doi.org/10.17977/um031v6i12019p045. DOI: https://doi.org/10.17977/um031v6i12019p045
Idzhar, A. (2016). Peranan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Office, 2(2), 221–228.
Khairani, M., Sutisna, & Suyanto, S. (2019). Studi Meta-Analisis Pengaruh Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Biolokus, 2(1), 158–166. https://doi.org/10.30821/biolokus.v2i1.442. DOI: https://doi.org/10.30821/biolokus.v2i1.442
Krissandi, A. D. S., & Dharma, F. U. S. (2018). Pengembangan video tematik sebagai pengantar pembelajaran kurikulum 2013 di sekolah dasar. Premiere Education; Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 8(1), 68–77. https://pdfs.semanticscholar.org/fe53/17065dbecb8ddcbe58d593de8a8e97f8e57a.pdf. DOI: https://doi.org/10.25273/pe.v8i1.2233
Lestari, S. (2018). Peran Teknologi Dalam Pendidikan Di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Agama Islam: Edureligia, 2(2), 94–100. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.459. DOI: https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.459
Lukman, Aprizal, D. (2019). Pengembangan video animasi berbasis kearifan lokal pada pembelajaran ipa kelas v di sekolah dasar. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2), 153–166. https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/elementary/article/download/1750/1383. DOI: https://doi.org/10.32332/elementary.v5i2.1750
Majid, N. A. (2017). The importance of teachers’ interpersonal communication skills in enhancing the quality of teaching and learning. World Applied Sciences Journal, 35(6), 924–929. https://doi.org/10.5829/idosi.wasj.2017.924.929.
Mendrofa, I. J, D. (2020). Pengembangan Media Video Pembelajaran Pada Mata Kuliah Teknologi Beton Jurusan Teknik Sipil. JIPP (Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran), 4(1), 48–61. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/view/24170.
Mutia, R., & Dkk. (2017). Pengembangan Video Pembelajaran Ipa Pada Materi Pencemaran Dan Kerusakan Lingkungan. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 5(2), 108–114. https://doi.org/10.24815/jpsi.v5i2.9825. DOI: https://doi.org/10.24815/jpsi.v5i2.9825
Nanda, K. K., Tegeh, I. M., & Sudarma, I. K. (2017). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Pendekatan Kontekstual Kelas V di SD Negeri 1 Baktiseraga. Jurnal Edutech Undiksha, 5(1), 88–99. https://doi.org/10.23887/jeu.v5i1.20627.
Nashrullah, N., Sulton, S., & Soepriyanto, Y. (2019). Pengembangan Video Pembelajaran Adaptasi Dan Cara Berkembang Biak Makhluk Hidup Untuk Siswa Kelas Vi Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(4), 327–332. http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/7076.
Novita, L., Sukmanasa, E., & Pratama, M. Y. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education Penggunaan, 3(2), 64–72. https://repository.unpak.ac.id/tukangna/repo/file/files-20200110015955.pdf. DOI: https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i2.22103
Parinduri, I., & Hutagalung, S. N. (2021). Pembuatan Video Confrensi Menggunakan Media Zoom Meeting Dan Pembuatan Sertfikat Pelatihan Menggunakan Google Form. Jurnal ABDIMAS Budi Darma, 1(2), 43–48. https://www.ejurnal.stmik-budidarma.ac.id/index.php/abdimas/article/view/2961. DOI: https://doi.org/10.30865/pengabdian.v2i2.3766
Pratiwi, I. T. M., & Meilani, R. I. (2018). Peran Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. JP MANPER (Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran), 3(2), 173–181. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i2.11762. DOI: https://doi.org/10.17509/jpm.v3i2.11762
Purnamawati, W., & Kustiawan, A. (2018). Implementasi Kompetensi Pedagogik dan Profesional Guru Dalam Meningkatkan Prestasi Akademik Peserta Didik. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 2(2). https://doi.org/10.25157/jmr.v2i3.1804. DOI: https://doi.org/10.25157/jmr.v2i3.1804
Riwu, I. U., Laksana, D. N. L., & Dhiu, K. D. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Bermuatan Multimedia Pada Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup Untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas Iv Di Kabupaten Ngada. Journal of Education Technology, 2(2), 56. https://doi.org/10.23887/jet.v2i2.16182. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v2i2.16182
Rofiq, A., Mahadewi, L. P. P., & Parmiti, D. P. (2019). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Ips Terpadu. Journal of Education Technology, 3(3), 126. https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21732. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21732
Sabaniah, S., Ramdhan, D. F., & Rohmah, S. K. (2021). Peran Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah Wabah Covid - 19. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 43–54. https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.77. DOI: https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.77
Sudarma, I. K, D. (2015). Desain Pesan Kajian Analitis Desain Visual Teks dan Image. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Surya, Y. F. (2017). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 016 Langgini Kabupaten Kampar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 38–53. https://doi.org/10.31004/cendekia.v1i1.7. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v1i1.150
Susilo, S. V. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 6(2), 108–115. https://doi.org/10.31949/jcp.v6i2.2100. DOI: https://doi.org/10.31949/jcp.v6i2.2100
Sutamin, N. W. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Small Group Work (SGW) dengan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 181–188. https://doi.org/10.23887/jipp.v3i2.18075. DOI: https://doi.org/10.23887/jipp.v3i1.17107
Syahroni, M., Dianastiti, F. E., & Firmadani, F. (2020). Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi untuk Meningkatkan Keterampilan Guru dalam Pembelajaran Jarak Jauh. International Journal Of Community Service Learning, 4(3), 171–172. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v4i3.28847. DOI: https://doi.org/10.23887/ijcsl.v4i3.28847
Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2010). Metode penelitian pengembangan pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan ADDIE Model. Jurnal IKA, 11(1), 16. https://doi.org/10.23887/ika.v11i1.1145.
Ulyana, Ardiyanti, D. (2019). Pengembangan Video Pembelajaran Kalor Untuk Siswa Kelas Vii. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 5(2), 81–86. https://doi.org/10.17977/um031v5i22019p081. DOI: https://doi.org/10.17977/um031v5i22019p081
Warasasmita, R. H., & Putra, Y. K. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Interaktif Menggunakan Aplikasi Camtasia Studio dan Micromedia Flash. EDUMATIC: Jurnal Pendidikan Informatika, 1(2), 35–43. https://doi.org/10.29408/edumatic.v1i2.944. DOI: https://doi.org/10.29408/edumatic.v1i2.944
Werdiningsih, T., Triyono, M. B., & Majid, N. W. A. (2019). Interactive multimedia learning based on mobile learning for computer assembling subject using the principle of multimedia learning (Mayer). International Journal of Advanced Science and Technology, 28(16), 711–719.
Widiyatmoko, A., & Shimizu, K. (2018). An overview of conceptual understanding in science education curriculum in Indonesia. Journal of Physics: Conference Series, 983(1), 12044. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1571'. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/983/1/012044
Yuanta, F. (2020). Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Sekolah Dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 91–100. https://doi.org/10.30742/tpd.v1i02.816. DOI: https://doi.org/10.30742/tpd.v1i02.816
Yusup, M., Aini, Q., & Pertiwi, K. D. (2016). Media Audio Visual Menggunakan Videoscribe Sebagai Penyajian Informasi Pembelajaran Pada Kelas Sistem Operasi. Technomedia Journal, 1(1), 126–138. https://doi.org/10.33050/tmj.v1i1.8'. DOI: https://doi.org/10.33050/tmj.v1i1.8
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Anak Agung Sri Dewi, I Komang Sudarma, I Made Tegeh
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Indonesian Journal of Instruction agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)