Kontribusi Tindak Pembelajaran Guru Kelas 1 SD pada Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa
DOI:
https://doi.org/10.23887/iji.v2i2.44511Kata Kunci:
Tindak Pembelajaran Guru, Keterampilan Berbicara, Sekolah DasarAbstrak
Penelitian ini didasari latar belakang permasalah siswa pada keterampilan berbicara yang masih rendah. Siswa belum mampu melafalkan setiap kata dengan baik saat berbicara, belum mampu menyusun kalimat percakapan menggunakan kosa kata yang tepat, cenderung lupa dengan apa yang akan dikatakan apabila berhadapan dengan sejumlah siswa lainnya, tidak semua siswa percaya diri untuk maju dan berbicara di depan kelas, serta hanya ada beberapa siswa yang aktif berbicara jika diajak berinteraksi oleh guru selama proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kontribusi tindak pembelajaran guru kelas 1 SD pada peningkatan keterampilan berbicara siswa tahun ajaran 2019/2020. Pendekatan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian etnografis. Data penelitian dikumpulkan dengan teknik observasi dan wawancara. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis secara induktif menggunakan kerangka pikir analisis data dari model interaktif yang dikembangkan oleh Miles dan huberman dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, paparan data, dan penarikan simpulan. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa Kontribusi Tindak Pembelajaran Guru kelas 1 SD Pada Peningkatan Keterampilan Berbicara dalam kategori Stucturing guru cenderung meminta siswa untuk berkonsentrasi, Kategori Soliciting, kecenderungan guru memberikan tugas kepada siswa mengamati gambar, Respon siswa pada keterampilan ini senantiasa memenuhi perintah guru untuk maju ke depan kelas dan menanggapi pertanyaan. Kategori Reacting guru cenderung membimbing, memotivasi, menegur dan memberikan penguatan disertai dengan tindakan nonverbal berupa senyum atau memotivasi siswa mau berbicara dengan nada yang semangat. Implikasi dari penelitian ini adalah guru dapat berkontribusi dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas I.
Referensi
Antara, I. N. P., Kristiantari, M. G. R., & Suadnyana, I. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Rubrik Surat Kabar Terhadap Keterampilan Berbicara. 3(4), 423–430. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v3i4.21315
Apriani, S., Setiawan, B., & Saddhono, K. (2018). Penggunaan Bahasa Indonesia pada Diskusi Siswa SMA Negeri 4 Surakarta : Kajian dengan Prinsip Kerja Sama Grice dan Relevansinya Sebagai Bahan Ajar Keterampilan Berbicara. Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 6(1), 281–301. DOI: https://doi.org/10.20961/basastra.v6i1.37720
Arifa, F. N., & Prayitno, U. S. (2019). Peningkatan Kualitas Pendidikan: Program Pendidikan Profesi Guru Prajabatan dalam Pemenuhan Kebutuhan Guru Profesional di Indonesia. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 10(1), 1–17. https://doi.org/10.46807/aspirasi.v10i1.1229. DOI: https://doi.org/10.46807/aspirasi.v10i1.1229
Asnita, & Khair, U. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Time Token untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa. Jurnal Bahasa Indonesia, 3(1). https://doi.org/10.29240/estetik.v3i1.1501. DOI: https://doi.org/10.29240/estetik.v3i1.1501
Astiningtyas, A., Wardani, N. S., & Prasetyo, T. (2019). Upaya Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui PS-MTTW Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu kelas IV SD. Jurnal Basicedu, 3(1), 33–42. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.66. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.66
Azmi, S. R. M. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Bercerita Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Journal of Science and Social Research, 2(1), 7–11. http://jurnal.goretanpena.com/index.php/JSSR.
Febriyanto, B. (2019). Metode Cerita Berantai untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Journal Cakrawala Pendas, 5(2), 158–166. DOI: https://doi.org/10.31949/jcp.v5i2.1388
Halimah, L. (2017). Keterampilan Mengajar. Refika Aditama.
Heriyansyah. (2018). Guru adalah Manajer Sesungguhnya di Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 116–127. DOI: https://doi.org/10.30868/im.v1i01.218
Hidayati, A. (2018). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Pendekatan Komunikatif Kelas V SD Padurenan II di Bekasi Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2), 83–95. DOI: https://doi.org/10.30659/pendas.5.2.83-95
Kolnel, O. M. H., & Zendrato, J. (2019). Penerapan Metode Bermain Peran untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas I Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar Xyz Gunungsitoli, Nias [Implementation Of The Role Playing Method To Improve Grade 1 Students’ Speaking Skills In An Indon. Polygot: Jurnal Ilmiah, 15(2), 333–347. https://doi.org/10.19166/pji.v15i2.1058. DOI: https://doi.org/10.19166/pji.v15i2.1058
Lestari, A., Kristiantari, M., & Suniasih, N. (2020). Kontribusi Tindak Pembelajaran Guru Kelas 1 SDN Pada Peningkatan Keterampilan Menulis Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(2), 255. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i2.27330. DOI: https://doi.org/10.23887/jppp.v4i2.27330
Magdalena, I., Crismaningrum, O. D Chairunnisa, N., & Jannah, N. (2020). Evaluasi Pembelajaran Dalam Keterampilan Berbicara Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SDN Balaraja I. Journal Halaqah, 2(3), 349–356. https://doi.org/10.3281/zenodo.3940559.
Mahendra, Y. (2019). Membangun Karakter Anak Usia Sekolah Dasar Melalui Keterampilan Berbicara. Journal Elsa, 17(1), 108–119. DOI: https://doi.org/10.47637/elsa.v17i1.111
Marhaeni, S., Syamsuri, A. S., & Arif, T. A. (2020). Pengaruh Penggunaan Metode Konvensional Berbantuan Media Gambar Terhadap Kemampuan Berbicara Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar di Kota Makassar. Syntax Literate : Jurnal Ilmiah Indonesia, 5(6), 192–201.
Minarsih, N. M. L., & Putra, M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write Berbantuan Media Tape Recorder Terhadap Keterampilan Berbicara. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(2), 35–42. DOI: https://doi.org/10.23887/jp2.v3i1.24359
Novitasari, D., Suyanto, I., & Suhartono. (2019). Penerapan Model Team Quiz Dengan Media Gambar dalam Peningkatan Keterampilan Berbicara pada Siswa Kelas V SDN 2 Krakal Tahun Ajaran 2017/2018. Kalam Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 1–7. DOI: https://doi.org/10.20961/jkc.v7i1.40670
Nursehah, U., & Rahayu, N. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Keterampilan Berbicara Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Di SDN Cipocok Jaya. Jurnal Pelita Pratama, 4(1). DOI: https://doi.org/10.37012/jipmht.v4i1.196
Pamela, I. S., Chan, F., Yantoro, Fauzia, V., Susanti, E. ., Frimals, A., & Rahmat, O. (2019). Keterampilan Guru dalam Mengelola Kelas. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 23–30.
Pratiwi, D. S., Putra, M., & Agustika, N. S. (2020). Pengaruh Model Think Talk Write Berbantuan Multimedia Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 33–40. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/index. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24277
Rahman, A., & Bahar, S. (2019). Kesiapan Sekolah dalam Mengimplementasikan Kurikulum 2013: Studi Deskriptif di Kecamatan Palu Barat dan Palu Timur Kota Palu. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 9(2), 110–116. DOI: https://doi.org/10.21067/jip.v9i2.3324
Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374. DOI: https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374
Rohim, M. N. (2019). Pengembangan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan PTK di SD Nurul Hikmah Sidoarjo. AL MURABBI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(2), 289–302. DOI: https://doi.org/10.35891/amb.v4i2.1550
Rosmaya, E. (2020). Penggunaan Metode Picture And Picture untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara (Materi Dongeng) Pada Anak Sekolah Dasar. Caruban: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(1), 67–76. http://dx.doi.org/10.33603/.v3i1.3189. DOI: https://doi.org/10.33603/caruban.v3i1.3189
Rusman. (2017). Belajar Dan Pembelajaran berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kharisma Putra Utama.
Setiawati, O. P., Nyalung, Y. I., & Jairi. (2019). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Minat Belajar Siswa Di MTS Negeri 2 Kota Palangka Raya. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS), 2(11), 236–243. http://e-journal.upr.ac.id/index.php/JP-IPS. DOI: https://doi.org/10.37304/jp-ips.v11i02.507
Siregar, R., & Widowa, A. (2020). Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Menggunakan Model Time Token Pembelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. Journal Gentala Pendidikan Dasar, 5(1), 28–41. https://doi.org/10.22437/gentala.v5i1.9426. DOI: https://doi.org/10.22437/gentala.v5i1.9426
Suhaylide, I. S. (2022). Metode Bermain Peran dalam Penerapan Keterampilan Berbicara Pada Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. Journal of Elementary Education, 3(2), 39–43.
Syahfitri, F., Anggraeni, N., Sumono, D. A., & Lubis, E. L. S. (2020). Analisis Peran Guru Bahasa Indonesia dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SD. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 70–77.
Syarippudin. (2019). Sukses Mengajar Di Abad 21. Uwais Inspirasi Indonesia.
Wabdaron, D. Y., & Reba, Y. A. (2020). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Pembelajaran Berbasis Masalah Siswa Sekolah Dasar Manokwari Papua Barat. Jurnal Papeda, 2(1), 27–36. DOI: https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v2i1.412
Wahidah, S. (2020). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Bercerita Siswa Kelas III SD INP Tanetea Kecamatan Pa’jukukang Kabupaten Bantaeng. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 148–156. DOI: https://doi.org/10.30605/jsgp.3.1.2020.249
Zharfa, M. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Keterampilan Berbicara Pada Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. Dinamika Sekolah Dasar., 1–12. https://doi.org/10.21009/DSD.XXX. DOI: https://doi.org/10.26618/jkpd.v1i1.953
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Indonesian Journal of Instruction agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)