Multimedia Interaktif Berbasis Pendekatan Kontekstual pada Pembelajaran Tematik untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/iji.v2i3.50951Kata Kunci:
Kontekstual, Multimedia Interaktif, PengembanganAbstrak
Penelitian dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran masih bersifat konvensional dimana metode ceramah dan tanya jawab masih mendominasi tanpa ada variasi model lain. Tujuan penelitian yaitu untuk menganalisis proses pengembangan dan hasil uji validitas produk multimedia interaktif. Penelitian menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari analisis (analyze), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluation). Subjek dalam penelitian ini adalah ahli isi pembelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran dan 9 orang siswa kelas III SD Negeri 040522 Tambunan. Teknis analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh, multimedia interaktif memperoleh skor sebesar 91,66% dari ahli isi pembelajaran, hasil penilaian ahli desain pembelajaran sebesar 93,84%, hasil penilaian media pembelajaran sebesar 92,72%, hasil dari uji coba perorangan sebesar 95,55% dan hasil dari uji coba kelompok kecil sebesar 95,83% dengan keseluruhan berkualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif berbasis pendekatan kontekstual pada pembelajaran tematik valid digunakan sebagai media pembelajaran untuk siswa kelas III SD.
Referensi
Agung, A. A. G. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif (Perspektif Manajemen Pendidikan). Universitas Pendidikan Ganesha.
Agung, A. A. G. (2018). Metodologi Penelitian Kuantitatif (Persepktif Manajemen Pendidikan). Universitas Pendidikan Ganesha.
Akbar, A. (2017). Membudayakan Literasi Dengan Program 6M Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(1), 42. https://doi.org/10.30870/jpsd.v3i1.1093. DOI: https://doi.org/10.30870/jpsd.v3i1.1093
Andrianingrum, F., & Suparman. (2019). Design of Interactive Learning Media Based on Contextual Approach to Improve Problem Solving Ability in Fourth Grade Students. Nternational Journal of Scientific and Technology Research, 8(11), 390–3911.
Aprianty, D., Somakim, S., & Wiyono, K. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Matematika Materi Persegi Panjang dan Segitiga di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 30(1), 1. https://doi.org/10.17977/um009v30i12021p001. DOI: https://doi.org/10.17977/um009v30i12021p001
Apriliani, M. A., Maksum, A., Wardhani, P. A., Yuniar, S., & Setyowati, S. (2021). Pengembangan media pembelajaran PPKn SD berbasis Powtoon untuk mengembangkan karakter tanggung jawab. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 129. https://doi.org/10.30659/pendas.8.2.129-145. DOI: https://doi.org/10.30659/pendas.8.2.129-145
Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. PT RajaGrafindo Persada.
Azriah. (2018). Peranan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Berbantuan Macromedia Flash Sebagai Sumber Belajar Mandiri Untuk Meningkatkan Daya Ingat Dan Minat Belajar Peserta Didik Pada Materi Jarak Dalam Ruang Untuk Sma Kelas Xii Azriah. World Development, 1(1), 1–15.
Fatcham, M. (2018). Perancangan Aplikasi Media Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Berbasis Adobe Flash Professional Cs6. Biomass Chem Eng, 3(2),
Geni, K. H. Y. W., Sudarma, I. K., & Mahadewi, L. P. P. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berpendekatan CTL Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas IV SD. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 1. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28919. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28919
Gunawan, G., Harjono, A., & Sutrio, S. (2017). Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Konsep Listrik bagi Calon Guru. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 1(1), 9–14. https://doi.org/10.29303/jpft.v1i1.230. DOI: https://doi.org/10.29303/jpft.v1i1.230
Hidayat, M. S. (2012). Pendekatan Kontekstual Dalam Pembelajaran. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 17(2), 231–247. http://ejournal.iainpurwokerto.ac.id/index.php/insania/article/view/1500/1098.
Hobri, Septiawati, I., & Prihandoko, A. C. (2018). High-order thinking skill in contextual teaching and learning of mathematics based on lesson study for learning community. International Journal of Engineering and Technology(UAE), 7(3), 1576–1580. https://doi.org/10.14419/ijet.v7i3.12110. DOI: https://doi.org/10.14419/ijet.v7i3.12110
Istiqlal, M. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Matematika. JIPMat, 2(1). https://doi.org/10.26877/jipmat.v2i1.1480. DOI: https://doi.org/10.26877/jipmat.v2i1.1480
Kurniawati, I. D., & Nita, S.-. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa. DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology, 1(2), 68. https://doi.org/10.25273/doubleclick.v1i2.1540. DOI: https://doi.org/10.25273/doubleclick.v1i2.1540
Nisa, H. dkk. (2020). Relevansi Keterampilan Proses Sains Dalam Pembelajaran IPA Tingkat Sekolah Dasar Dengan Materi Ajar Tematik Kelas IV Tema 2. Al-Mudarris (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam), 3(2), 169–182. https://doi.org/10.23971/mdr.v3i2.2224. DOI: https://doi.org/10.23971/mdr.v3i2.2224
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Journal of Physics: Conference Series, 3, 171–187. DOI: https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171
Philip. (2021). Publikasi prosiding konferensi dalam basis data bibliografi : studi kasus negara-negara.
Rashid, A., Farooq, M. S., Abid, A., Umer, T., Bashir, A. K., & Zikria, Y. Bin. (2021). Social media intention mining for sustainable information systems: categories, taxonomy, datasets and challenges. Complex & Intelligent Systems. https://doi.org/10.1007/s40747-021-00342-9. DOI: https://doi.org/10.1007/s40747-021-00342-9
Suartama, I. K. (2016). Evaluasi dan Kriteria Kualitas Multimedia Pembelajaran. Universitas Pendidikan Ganesha.
Sudarma, K., Tegeh, M., & Prabawa, D. G. A. . (2015). Desain Pesan : Kajian Analisis Desain Visual. Graha Ilmu.
Sudatha, W., & Tegeh, I. M. (2015). Desain Multimedia Pembelajaran. Media Akademi.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Penerbit Alfabeta.
Surjono. (2015). Multimedia Pembelajaran Interaktif Konsep dan Pengembangan. UNY Press.
Surjono, D. H. (2017). Multimedia Pembelajaran Interaktif Konsep dan Pengembangan. Yogyakarta: UNY Press.
Syahdiani, S., Kardi, S., & Sanjaya, I. G. M. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Inkuiri Pada Materi Sistem Reproduksi Manusia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 5(1), 727. https://doi.org/10.26740/jpps.v5n1.p727-741. DOI: https://doi.org/10.26740/jpps.v5n1.p727-741
Tegeh, I Made; Jampel, I. N. P. T. (2015). Pengembangan Buku Ajar Model Penelitian Pengembangan Dengan Model Addie. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 24–29. DOI: https://doi.org/10.24269/dpp.v3i1.157
Tegeh, I. M., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2014). Model Penelittian Pengembangan. Universitas Pendidikan Ganesha.
Widiana, I. W. (2016). Pengembangan Asesmen Proyek Dalam Pembelajaran Ipa Di Sekolah Dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2), 147. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8154. DOI: https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8154
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Dikki Aleksander Ginting, I Komang Sudarma, Adrianus I Wayan Ilia Yuda Sukmana
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Indonesian Journal of Instruction agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)