Model Pembelajaran Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review Berbantuan Media Teks Cerita Rakyat Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/iji.v4i3.62538Kata Kunci:
membaca pemahaman, SQ4R, cerita rakyatAbstrak
Siswa mengalami kesulitan dalam memahami informasi dari suatu bacaan. Siswa juga kurang tertarik dalam membaca dan memperhatikan temannya ketika membaca. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SQ4R berbantuan media teks cerita rakyat terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SD. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SD berjumlah 99 dari 3 kelas. Sampel ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Data dikumpulkan menggunakan tes objektif pilihan ganda biasa dan dianalisis menggunakan uji-t (polled varians). Hasil uji hipotesis dengan uji-t diperoleh thitung = 4.69 pada taraf signifikansi 5% dengan dk 64 memperoleh ttabel = 1.998 sehingga thitung = 4.69 > ttabel = 1.998, dengan demikian H0 ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran SQ4R berbantuan media teks cerita rakyat terhadap hasil keterampilan membaca pemahaman pada siswa kelas V SD. Implikasi dalam penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran SQ4R berbantuan media teks cerita rakyat dapat memudahkan siswa untuk mengingat kembali informasi-informasi kunci suatu bacaan.
Referensi
Agustiari, N. P. S., Ganing, N. N., & Wiyasa, I. K. N. (2021). Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Buku Cerita Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa. Jurnal Media Dan Teknologi Pendidikan, 1(1), 30–37. https://doi.org/10.23887/jmt.v1i1.35519.
Andanik, R. T., & Fitrianawati, M. (2019). Pengaruh Keterampilan Membaca Pemahaman Terhadap Kemampuan Pemecahan Soal Cerita Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 2(2), 40. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v2i2.836.
Apriyani, L., Rabani, L., & M, M. (2020). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Teks Narasi Melalui Strategi Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (Pq4r) Siswa Kelas Vb Sdn 4 Ranomeeto. Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(1), 18. https://doi.org/10.36709/jipsd.v2i1.13694.
Dellia, P., & Amil, A. J. (2021). Pengembangan Media Virtual Reality Tentang Perkapalan Dan Strategi Peperangan Laut Dalam Cerita Rakyat Jokotole Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Di Smp Negeri 1 Pasean Pamekasan. Jurnal Ilmiah Edutic : Pendidikan Dan Informatika, 7(2). https://doi.org/10.21107/edutic.v7i2.10607.
Dheasari, A. E. (2020). Pengembangan Media Bigbook Cerita Rakyat untuk Meningkatkan Empati dan Kemampuan Bercerita Anak Usia Dini. Edukasi: Jurnal Penelitian Dan Artikel Pendidikan, 12(1). https://doi.org/10.31603/edukasi.v12i1.3705.
Fadillah, A. A., Rosadah, Fazriah, N., Ilyasa, N., Nahzifa, N., Nurahmah, S., Uthantry, Z. H. (2022). Penerapan Metode Pembelajaran SQ4R Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dan Pengajaran, 1(2), 138-147. https://doi.org/10.55047/jrpp.v1i2.221.
Gufran, G., & Mataya, I. (2020). Pemanfaatan E-Modul Berbasis Smartphone Sebagai Media Literasi Masyakarat. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(2). https://doi.org/10.36312/jisip.v4i2.1060.
Gusliati, P., Eliza, D., & Hartati, S. (2019). Analisis Video Pembelajaran Share Book Reading Menggunakan Cerita Rakyat Sabai Nan Aluih pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi, 3(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.176.
Halik, A., Ilmi, N., & Erawaty, R. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review (SQ4R) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Membaca Pemahaman Siswa Kelas V UPTD SD Negeri 150 Barru. J-HEST Journal of Health Education Economics Science and Technology, 4(2), 122–129. https://doi.org/10.36339/jhest.v4i2.7.
Halik, A., Ilmi, N., & Risna Erawaty. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review (SQ4R) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Membaca Pemahaman Siswa Kelas V UPTD SD Negeri 150 Barru. Journal of Health, Education, Economics, Science, and Technology, 4(2). https://doi.org/10.36339/jhest.v4i2.7.
Jannah, I. E. R., Mudiono, A., & Muzaki, F. I. (2021a). Peningkatan Hasil Belajar Memaparkan Informasi Penting Teks Narasi Sejarah melalui Model Survey, Question, Read, Reflect, Recite (SQ4R) Berbasis Karakter Gemar Membaca Siswa Kelas V SDN Sumberingin 04 Kabupaten Blitar. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 1(3), 195–203. https://doi.org/10.17977/um065v1i32021p195-203.
Jannah, I. E. R., Mudiono, A., & Muzaki, F. I. (2021b). Peningkatan Hasil Belajar Memaparkan Informasi Penting Teks Narasi Sejarah melalui Model Survey, Question, Read, Reflect, Recite (SQ4R) Berbasis Karakter Gemar Membaca Siswa Kelas V SDN Sumberingin 04 Kabupaten Blitar. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 1(3), 195–203. https://doi.org/10.17977/um065v1i32021p195-203.
Krismanto, W., Halik, A., & Sayidiman, S. (2015). Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Metode Survey, Question, Read, Recite, Review (Sq3R) Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri 46 Parepare. Publikasi Pendidikan, 5(3). https://doi.org/10.26858/publikan.v5i3.1616.
Mariadeni, K. E., Suarni, N. K., & Putrayasa, I. B. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition Berbantuan Media Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Dan Hasil Membaca Pemahaman Siswa Kelas Iv. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 2(1), 47–58. https://doi.org/10.23887/jpdi.v2i1.2692.
Marinan, M. (2019). Pengaruh Kemampuan Membaca Pemahaman dan Minat Belajar terhadap Kemampuan Menulis Cerita Pendek. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 1(02), 178. https://doi.org/10.30998/diskursus.v1i02.5293.
Nurhafika, N., & Hafrison, M. (2019). Kontribusi Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Cerita Fantasi Terhadap Keterampilan Menulis Teks Cerita Fantasi Siswa Kelas Vii Smp Pembangunan Laboratorium Unp. Pendidikan Bahasa Indonesia, 8(1), 153. https://doi.org/10.24036/103930-019883.
Putri, N. K. A. D., Putra, I. K. A., & Semara Putra, D. K. N. (2018). Pengaruh Model Survey, Question, Reading, Reflect, Recite, Review Terhadap Keterampilan Membaca. International Journal of Elementary Education, 2(3), 255. https://doi.org/10.23887/ijee.v2i3.15965.
Rahmawati, S., Effendi, M. R., & Wulandari, D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Google Workspace Dengan Optimalisasi Akun Belajar.id. Paedagogie: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 3(1), 1–24. https://doi.org/10.52593/pdg.03.1.01.
Ramdhani, S., Yuliastri, N. A., Sari, S. D., & Hasriah, S. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Karakter melalui Kegiatan Storytelling dengan Menggunakan Cerita Rakyat Sasak pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 153. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.108.
Rohman, M. G., & Susilo, P. H. (2019). Peran Guru Dalam Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Studi Kasus Di Tk Muslimat Nu Maslakul Huda. Jurnal Reforma, 8(1), 173. https://doi.org/10.30736/rfma.v8i1.140.
Rojabi, A. R. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif SQ4R Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Mahasiswa EFL. Lingua Franca: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 4(2). https://doi.org/10.30651/lf.v4i2.4946.
Sartika, W., & Effendi, M. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, and Review) terhadap Kemampuan Menganalisis Unsur Naskah Drama Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Lubuklinggau. Diksa : Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(2), 86–93. https://doi.org/10.33369/diksa.v5i2.9987.
Selfianti, D., Sartika, R., & Fitri, R. (2022). Pengaruh Penggunaan Metode PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Terhadap Keterampilan Membaca Cerpen Siswa Kelas XI SMA Semen Padang. ALINEA : Jurnal Bahasa, Sastra Dan Pengajarannya, 2(2), 203–210. https://doi.org/10.58218/alinea.v2i2.218.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D), 308.
Sulikhah, S., Utomo, S., & Santoso, S. (2020). Pengaruh Teknik Survey Question Read Reflect Recite Review (SQ4R) Dan Teknik Skema Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Sd Negeri Kelas Iii Di Kecamatan Karanganyar Demak. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 3(2). https://doi.org/10.24176/kredo.v3i2.4752.
Suryana, D., & Yuanita, S. K. S. (2022). Efektifitas Teknik Mind Mapping terhadap Kemampuan Membaca Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2874–2885. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2197.
Swastika, B. (2021). Pengaruh Metode Pembelajaran Scramble Berbantuan Media Kereta Huruf Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelas 1 SD. Borobudur Educational Review, 1(02), 30–35. https://doi.org/10.31603/bedr.5684.
Triwardhani, I. J., Trigartanti, W., Rachmawati, I., & Putra, R. P. (2020). Strategi Guru dalam membangun komunikasi dengan Orang Tua Siswa di Sekolah. Jurnal Kajian Komunikasi, 8(1), 99. https://doi.org/10.24198/jkk.v8i1.23620.
Wahyuningsih, H., Suhaili, N., & Suryana, D. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Keterampilan Membaca Berbasis Strategi SQ4R Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.819.
Wida, S., Muslim, I. B., & Hakim, M. (2020). Penerapan model pembelajaran PQ4R ( preview, question, read, reflect, recite, review)untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII di MTs Raudlatus Syabab Sukowono - jember. Jurnal Bioshell, 9(1), 10–15. https://doi.org/10.36835/bio.v9i1.755.
Yudianda, E., & Hafrison, M. (2019). Kontribusi Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Deskripsi Terhadap Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 12 Padang. Pendidikan Bahasa Indonesia, 8(1), 92. https://doi.org/10.24036/103920-019883.
Yuliatiningsih, T., Harjono, H. S., & Budiyono, H. (2022). Pembelajaran Membaca Berbasis Survey Question Read Recite and Review untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa SMK. DIKBASTRA: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 5(1), 23–30. https://doi.org/10.22437/dikbastra.v5i1.20213.
Zephisius Rudiyanto Eso Ntelok. (2021). Peran Guru Kelas Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Sekolah Dasar Di Tengah Pandemi Covid-19. JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar), 5(2), 148–155. https://doi.org/10.36928/jipd.v5i2.861.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Ni Luh Putu Indriyani, Ni Wayan Suniasih
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Indonesian Journal of Instruction agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)