Transformasi Keterampilan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas I Sekolah Dasar Melalui Permainan Media Ular Tangga

Penulis

  • Ni Komang Lita Arianti Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Ni Nyoman Ganing Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Maria Goreti Rini Kristiantari Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/iji.v5i2.78256

Kata Kunci:

Media Ular Tangga, Membaca Permulaan, Sekolah Dasar

Abstrak

Kemampuan membaca pada usia dini sangat penting, dan setiap kesalahan atau keterlambatan dalam membaca pada tahap awal dapat berdampak negatif pada kemampuan membaca selanjutnya. Banyak siswa merasa jenuh, dan mengalami kesulitan ketika harus membaca buku pembelajaran dan kebanyakan siswa masih senang bermain dalam pembelajran sehingga siswa tidak memahami materi yang dijelaskan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas media ular tangga terhadap keterampilan membaca permulaan pada siswa kelas 1 sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Sampel uji coba dalam penelitian yaitu siswa sekolah dasar kelas 1 yang berjumlah 37 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan kuisioner dengan instrument pengumpulan data yaitu dengan angket. Data analisis yaitu deskriptif kuantitatif dan statistika ineferensial (uji-t) sample dependent. Hasil uji-t diperoleh nilai thitung sebesar 9,593 dan nilai ttabel sebesar 1,688. Hal tersebut mengartikan t-hitung > t-tabel seingga H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media ular tangga untuk keterampilan membaca permulaan efektif untuk digunakan anak kelas I sekolah dasar. Implikasi dari penelitian yaitu pengembangan media dapat memberikan inovasi baru dalam pembelajaran di sekolah dasar.

Diterbitkan

2024-08-01

Cara Mengutip

Arianti, N. K. L., Ganing, N. N., & Kristiantari, M. G. R. (2024). Transformasi Keterampilan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas I Sekolah Dasar Melalui Permainan Media Ular Tangga. Indonesian Journal of Instruction, 5(2). https://doi.org/10.23887/iji.v5i2.78256