Model Pembelajaran PBL Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Peningkatan Kompetensi Pengetahuan IPAS Siswa Sekolah Dasar

Penulis

  • Dhefi Laksmita Maharany Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Ni Wayan Suniasih Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/iji.v5i3.79701

Kata Kunci:

Problem Based Learning, Media Audio Visual, Kompetensi Pengetahuan IPAS

Abstrak

Kurangnya pemahaman peserta didik terhadap materi mata pelajaran IPAS dan kurangnya keterampilan guru dalam proses pembelajaran mengakibatkan masih rendahnya kompetensi pengetahuan pada mata pelajaran IPAS. Penelitian  ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan yang signifikan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media Audio Visual terhadap kompetensi pengetahuan IPAS pada siswa kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini sebanyak 294  seluruh siswa sekolah dasar. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan tes objektif pilihan ganda biasa dengan empat pilihan jawaban (a, b, c, d). Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif dan teknik analisis uji T. Hasil analisis data menunjukkan bahwa thitung lebih besar daripada ttabel (35,78 > 1,67) sehingga terdapat pengaruh yang signifikan antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model Problem Based Learning berbantuan media audio visual dengan  siswa yang tidak dibelajarkan menggunakan model Problem Based Learning berbantuan media audio visual. Dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning berbantuan media audio visual berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPAS siswa kelas IV Sekolah Dasar. Implikasi dari penelitian ini secara praktis dapat digunakan oleh guru sebagai acuan dalam meningkatkan kompetensi pengetahuan IPAS.

Diterbitkan

2025-01-02

Cara Mengutip

Maharany, D. L. ., & Suniasih, N. W. . (2025). Model Pembelajaran PBL Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Peningkatan Kompetensi Pengetahuan IPAS Siswa Sekolah Dasar . Indonesian Journal of Instruction, 5(3). https://doi.org/10.23887/iji.v5i3.79701

Terbitan

Bagian

Articles