Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Role Playing Berbantuan Media E-Komik Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD

Penulis

  • Lisna Yuniandari Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Maria Goreti Rini Kristiantari Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/iji.v5i3.80281

Kata Kunci:

Kooperatif Tipe Role Playing, Keterampilan Berbicara, Bahasa Indonesia

Abstrak

Keterampilan berbicara harus dapat dikuasai dengan baik oleh siswa, terutama sejak usia sekolah dasar. Akan tetapi pada saat ini keterampilan berbicara yang diperoleh oleh siswa dari beberapa mata pelajaran masih belum maksimal, khususnya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe role playing berbantuan media e-komik terhadap keterampilan berbicara Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD. Penelitian ini termasuk dalam rancangan eksperimen semu menggunakan rancangan Quasi Experimental Desain. Populasi penelitian ini merupakan seluruh siswa kelas IV SD yang berjumlah 202 siswa yang terdiri dari 8 kelas dari 5 sekolah.  Sampel ditentukan dengan menggunakan teknik sample random sampling. Didapatkan kelas eksperimen yang berjumlah 22 siswa dan pada kelas kelas kontrol yang berjumlah 24 siswa. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial. Pengumpulan data keterampilan berbicara menggunakan metode non tes berupa observasi berstruktur dengan instrument rubrik penilaian. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh bahwa t-hitung>t-tabel, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada keterampilan berbicara Bahasa Indonesia antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe role playing berbantuan media e-komik dengan kelompok siswa dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe role playing berbantuan media e-komik berpengaruh signifikan terhadap keterampilan berbicara Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD.

Diterbitkan

2025-01-02

Cara Mengutip

Yuniandari, L. ., & Kristiantari, M. G. R. . (2025). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Role Playing Berbantuan Media E-Komik Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD . Indonesian Journal of Instruction, 5(3). https://doi.org/10.23887/iji.v5i3.80281

Terbitan

Bagian

Articles