Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jear.v6i4.45868Keywords:
Kooperatif Tipe Pair Check, Hasil BelajarAbstract
Dalam proses pembelajaran masih banyak dilaksanakan dengan mengajar secara konvesional sehingga siswa hanya mendengarkan dan dalam menyelesaikan soal siswa masih meniru pola yang diberikan oleh guru. Maka dari itu penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar Matematika melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check pada siswa. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang melibatkan siswa kelas V yang berjumlah 15 orang siswa. Objek penelitian ini adalah hasil belajar Matematika. Dalam penelitian ini data hasil belajar siswa dikumpulkan dengan tes hasil belajar, metode analisis data dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar mata pelajaran Matematika melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check pada siswa kelas V semester I tahun pelajaran 2019/2020 dinyatakan meningkat, hal dibuktikan terjadi peningkatan hasil belajar antara siklus I (jumlah 935, rata-rata 62, daya serap 62%, ketuntasan belajar 53%) dan siklus II (jumlah 1080, rata-rata 72, daya serap 72%, ketuntasan belajar 93%). Terjadi peningkatan hasil belajar antara siklus I dan siklus II, menunjukan kenaikan rata-rata daya serap 10% dan pada ketuntasan belajar mengalami kenaikan sebesar 40%. Kesimpulan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check pada siswa kelas V SD Negeri 3 Tukadmungga semester I tahun pelajaran 2019/2020 dapat meningkatkan hasil belajar Matematika.
References
A’yun, Q., Ibrahim, L., & Yani, M. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Pair Check Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh, 8(1), 131–148. https://doi.org/10.37598/pjpp.v8i1,%20April.943.
Abdullah, R. (2017). Pembelajaran dalam perspektif kreativitas guru dalam pemanfaatan media pembelajaran. Lantanida Journal, 4(1), 35–49. https://doi.org/10.22373/lj.v4i1.1866.
Amallia, N., & Unaenah, E. (2018). Analisis kesulitan belajar matematika pada siswa kelas III sekolah dasar. Attadib: Journal of Elementary Education, 2(2), 123–133. https://doi.org/10.32507/attadib.v2i2.414.
Ardila, A., & Hartanto, S. (2017). Faktor yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar matematika siswa mts iskandar muda batam. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(2). https://doi.org/10.33373/pythagoras.v6i2.966.
Aris, T. M. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Pair Check (Pasangan Mengecek) Untuk Meningkatkan Kemampuan Sosial Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Kelas V dan VI SDN 01 Tanggung Turen Kabupaten Malang. Jurnal Pedagogik Olahraga, 2(1), 42–55. https://doi.org/10.22245/jpor.v2i1.4508.
Fajri, Z. (2019). Model pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan prestasi belajar siswa SD. Jurnal Ika Pgsd (Ikatan Alumni Pgsd) Unars, 7(2), 64–73. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v7i2.478.
Graciella, M., & Suwangsih, E. (2016). Penerapan pendekatan matematika realistik untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa. Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 10(2). https://doi.org/10.17509/md.v10i2.3180.
Hanafiah, H., Sauri, R. S., Mulyadi, D., & Arifudin, O. (2022). Penanggulangan Dampak Learning Loss dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran pada Sekolah Menengah Atas. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1816–1823. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i6.642.
Huninhatu, A. F., Pudjiastuti, S. R., & Sutisna, M. (2021). Pengembangan Model Numbered Heads Together Secara Daring dalam Meningkatkan Pemahaman Nilai Pancasila dan Pembentukan Karakter Disiplin. Jurnal Citizenship Virtues, 1(1), 35–41. https://doi.org/10.37640/jcv.v1i1.914.
Hutagaol, K. (2013). Pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa sekolah menengah pertama. Infinity Journal, 2(1), 85–99. https://doi.org/10.22460/infinity.v2i1.p85-99.
Indaryati, I., & Jailani, J. (2015). Pengembangan media komik pembelajaran matematika meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas V. Jurnal Prima Edukasia, 3(1), 84–96. https://doi.org/10.21831/jpe.v3i1.4067.
Irfangi, M. (2017). Implementasi Metode Kisah dalam Pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah. Jurnal Kependidikan, 5(1), 67–80. https://doi.org/10.24090/jk.v5i1.1255.
Irwandani, I. (2015). Pengaruh model pembelajaran generatif terhadap pemahaman konsep fisika pokok bahasan bunyi peserta didik MTs Al-Hikmah Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 4(2), 165–177. https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v4i2.90.
Kaunang, D. F. (2018). Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education dalam Pembelajaran Matematika Materi Persamaan Garis Lurus di SMP Kristen Tomohon. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 307–314. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i2.31.
Maesaroh, S. (2013). Peranan metode pembelajaran terhadap minat dan prestasi belajar pendidikan agama Islam. Jurnal Kependidikan, 1(1), 150–168. https://doi.org/10.24090/jk.v1i1.536.
Magdalena, I., Salsabila, A., Krianasari, D. A., & Apsarini, S. F. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kelas III SDN Sindangsari III. PANDAWA, 3(1), 119–128. https://doi.org/10.36088/pandawa.v3i1.1005.
Majid, A. (2019). Implementasi Pendekatan Matematika Realistik dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar (SD) atau Madrasah Ibtidaiyah (MI). Didaktika: Jurnal Kependidikan, 8(1), 17–24. https://doi.org/10.58230/27454312.64.
Meliani, F., Alawi, D., Yamin, M., Syah, M., & Erihadiana, M. (2021). Manajemen Digitalisasi Kurikulum di SMP Islam Cendekia Cianjur. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(7), 653–663. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i7.328.
Ningsih, S. (2014). Realistic mathematics education: model alternatif pembelajaran matematika sekolah. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 73–94. https://doi.org/10.18592/jpm.v1i2.97.
Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan pembelajaran. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333–352. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945.
Redasi, L. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Journal of Education Action Research, 5(4), 453–458. https://doi.org/10.23887/jear.v5i4.40036.
Sambawarana, A. A. N. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Journal of Education Action Research, 6(4). https://doi.org/10.23887/jear.v6i4.45871.
Sudarsih, N. L. G. (2022). Penerapan Metode Diskusi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Instruction, 3(3), 125–132. https://doi.org/10.23887/iji.v3i3.53544.
Suherman, S. (2015). Kreativitas siswa dalam memecahkan masalah matematika materi pola bilangan dengan Pendekatan Matematika Realistik (PMR). Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 81–90. https://doi.org/10.24042/ajpm.v6i1.57.
Sururiyah, L. (2018). Efektivitas Penerapan Remedial Teaching Terhadap Peningkatan Kemampuan Siswa Dalam Memahami Pelajaran. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 4(1). https://doi.org/10.30596/edutech.v4i1.1889.
Tambak, S. (2014). Metode ceramah: Konsep dan aplikasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Tarbiyah, 21(2). https://doi.org/10.30829/tar.v21i2.16.
Triwulandari, D., Wati, M., & M., A. S. (2020). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Antara Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Dengan Tipe Pair Checks. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(1). https://doi.org/10.20527/bipf.v5i1.2816.
Widiani, N. L. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Journal of Education Action Research, 5(2), 278–284. https://doi.org/10.23887/jear.v5i2.33312.
Yantiani, N. M., Wiarta, I. W., & Putra, M. (2013). Pembelajaran kooperatif pair check berpengaruh terhadap hasil belajar materi bangun ruang dan bangun datar siswa Kelas IV Gugus IV Semarapura. Mimbar PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1188.
Zendrato, W. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Materi Keberagaman Budaya Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas XI SMK Negeri 1 Telukdalam Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Education and Development, 7(5), 98. https://doi.org/10.37081/ed.v7i5.147.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Ni Made Sulistiawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.