Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jear.v5i4.40036Keywords:
Kooperatif Tipe Pair Check, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar Matematika melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check pada siswa kelas V SD Negeri 5 Sukasada semester I tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang melibatkan siswa kelas V yang berjumlah 13 orang siswa. Objek penelitian ini adalah hasil belajar Matematika. Dalam penelitian ini data hasil belajar siswa dikumpulkan dengan tes hasil belajar, metode analisis data dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar mata pelajaran Matematika melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check pada siswa kelas V semester I tahun pelajaran 2019/2020 dinyatakan meningkat, hal dibuktikan terjadi perbedaan hasil belajar antara siklus I (jumlah 795, rata-rata 61, daya serap 61%, ketuntasan belajar 46%) dan siklus II (jumlah 910, rata-rata 70, daya serap 70%, ketuntasan belajar 92%). Terjadi peningkatan hasil belajar antara siklus I dan siklus II, menunjukan kenaikan rata-rata daya serap 9% dan pada ketuntasan belajar mengalami kenaikan sebesar 46%. Kesimpulan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check pada siswa kelas V SD Negeri 5 Sukasada semester I tahun pelajaran 2019/2020 dapat meningkatkan hasil belajar Matematika.
References
Agung, A.A Gede. 1999. Metodelogi Penelitian Tindakan. Singaraja: Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Aisyah, Nyimas, dkk. 2008. Pengembangan Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
Anita Lie. (2005). Kooperatif Learning (Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas). Jakarta: Grasindo.
Arends, 1998; Abdurrahman & Bintoro, 2000. Model pembelajaran kooperatif .
Ari Widodo, Sri Wuryastuti. Dkk.2007. Pendidikan IPA di SD. Bandung : Upi Press
Arikunto,Suharsimi & Suharjono & Supardi. 2006, Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Arniti, Ni Nyoman. 2017. Penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Tema Lingkungan Siswa Kelas I SD Negeri 3 Sambangan Semester II Tahun Pelajaran 2016/2017. PTK. Sambangan: SD Negeri 3 Sambagan.
Artiasih, Ni Made. 2017. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas VI SD Negeri 1 Padangbulia semester II tahun pelajaran 2016/2017. PTK. Padangbulia: SD Negeri 1 Padangbulia.
Catur Yuli Wahyuni. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check Terhadap Keaktifan, Kemandirian, Dan Pemahaman Konsep Fisika Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Purworejo Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi (tidak diterbitkan). Purwerejo: Universitas Muhamadiyah.
Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Isjoni. 2013. Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Lie, A. 2004. Cooperative Learning : Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: PT. Grasindo.
Merpaung , Y, 2008. Pembelajaran Matematika Secara Kontekstual Dan Realistic Menciptakan Situasi Belajar Yang Aktif, Kreatif, Efektif, Dan Menyenangkan, Makalah Disajikan Pada Seminar Sehari Di Universitas Amad Dahlan, Di Yogyakarta 23 Maret 2008.
Mey Indrayani, Putu. 2017. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika melalui Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Pada Siswa Kelas V SD Negeri 3 Padangbulia Semester II Tahun Pelajaran 2016/2017. PTK. Padangbulia: SD Negeri 3 Padangbulia
Nur, Muhammad. 2005. Pembelajaran Koopertif. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah UNESA.
Nurasma.2008. Model Pembelajaran Kooperatif. Padang : UNP
Nurhadi, dkk. 2004. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannnya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.
Nurkancana dan Sunartana. 1990. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: Usaha Nasional.
Nurul Alfiatun. 2015. Efektivitas Model Pembelajaran Pair Check untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas VIII SMP N 1 Petarukan. Skripsi, Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang.
Rusyan, A. Tabrani. 1993. Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar. Bandung: Bina Budaya.
Santyasa, I W. 2004. Pendidikan, Pembelajaran, dan Penilaian Berbasis Kompetensi.Makalah. Disajikan dalam seminar akademik Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika IKIP Negeri Singaraja
Sardiman, A.M. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Slamento, 2003. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sudjana, Nana. 2006. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sukmadinata, Nana Syaodih, 2007. Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Bandung: remaja Rosdakarya.
Suryani, Made. 2017. Penerapan Pendekatan Matematika Realistik Indonesia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas V Semester II SDN 5 Selat Tahun Pelajaran 2016/2017. PTK. Selat: SD Negeri 5 Selat
Widyantini. 2006. Model Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Kooperatif. Yogyakarta: Departemen Pendidikan Nasional Pusat Pengembangan dan Penataran Guru Matematika.
Widyantini. 2008. Penerapan Pendekatan Kooperatif STAD dalam Pembelajaran Matematika SMP. Yogyakarta: Departemen Pendidikan Nasional Pusat Pengembangan dan Penataran Guru Matematika.