Dampak Model Pembelajaran Mind Mapping dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar

Authors

  • Ni Nyoman Kurnia Wati STAHN Mpu Kuturan

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v5i4.43652

Keywords:

Model Mind Mapping, Hasil Belajar

Abstract

Penyusunan pembelajaran yang kurang menarik bagi siswa, sehingga siswa cepat bosan dan kurang aktif dalam pembelajaran. Hal ini mengakibatkan hasil belajar siswa menjadi rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis besarnya pengaruh model pembelajaran mind mapping dalam meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar secara keseluruhan dan besar pengaruh model pembelajaran mind mapping dalam meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar berdasarkan mata pelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode metaanalisis. Penelitian ini dilakukan dengan menganalisis kepustakaan terhadap penelitian-penelitian eksperimen yang dihasilkan pada sekolah dasar. Penelitian metaanalisis ini menggunakan analisis data deskriptif kuantitatif. Analisis ini digunakan untuk menganalisis data perhitungan besar pengaruh (effect size) yang diperoleh dari membandingkan hasil mean dan standar deviasi penelitian sebelumnya. Berdasarkan kajian pustaka dan hasil analisis pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran mind mapping dalam meningkatkan hasil belajar siswa di sekolah dasar dapat dilakukan pada beberapa mata pelajaran, memiliki kategori sedang, layak, dan mendukung untuk dilakukan pada pembelajaran, khususnya di SD. Implikasi penelitian ini, guru dapat menerapkan model pembelajaran mind mapping pada proses pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Author Biography

Ni Nyoman Kurnia Wati, STAHN Mpu Kuturan

Jurusan Dharma Acarya, STAHN Mpu Kuturan, Singaraja

1Jurusan Dharma Acarya, STAHN Mpu Kuturan, Singaraja, Indonesia

References

Agung, A. A. G. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Aditya Media Publishing.

Arsana, I. K., Suarjana, M., & Arini, N. W. (2019). Pengaruh Penggunaan Mind Mapping Berbantuan Alat Peraga Tangga Garis Bilangan terhadap Hasil Belajar Matematika. International Journal of Elementary Education, 3(2), 99–107. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18511.

Aruan, R., Sujana, E., Luh, N., & Erni, G. (2017). The Influence of Taxpayer Attitudes, Taxpayer Morals and Willingness to Pay Individual Taxes at the Tax Office (KPP) Pratama Gianyar. E-Journal S1 Ak Universitas Pendidikan Ganesha, 8(2), 1–10.

Berliana, N., Enawati, E., & Lestari, I. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Chemcrossworld Puzzle terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(9), 2. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/27820/75676578050.

Boerma, I., van der Wilt, F., Bouwer, R., van der Schoot, M., & van der Veen, C. (2021). Mind Mapping during Interactive Book Reading in Early Childhood Classrooms: Does It Support Young Children’s Language Competence? Early Education and Development, 1–17. https://doi.org/10.1080/10409289.2021.1929686.

Darmuki, A.-. (2020). Peningkatan Minat Dan Hasil Belajar Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Mind Map pada Mahasiswa Kelas IA PBSI IKIP PGRI Bojonegoro Tahun Akademik 2019/2020. KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 3(2), 263–276. https://doi.org/10.24176/kredo.v3i2.4687.

Ekawati, N. M., & Kusumaningrum, D. (2020). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 2 Sumberrejo Tahun Pelajaran 2018/2019. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 5(2), 31. https://doi.org/10.26737/jpdi.v5i2.2091.

Fanita, I. (2021). Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa dengan Menggunakan Mind Mapping pada Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas XI . IPS . 1 SMAN Sungai Lala. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 5911–5916.

Hendriana, E. C. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Gaya Belajar Auditorial terhadap Hasil Belajar IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Pendiidikan Dasar Indonesia, 3(1), 1 – 8. https://doi.org/10.26737/jpdi.v3i1.484.

Hidayati, N. A. (2020). Penerapan Metode Mind Map Berbasis Drill untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Mahasiswa di Prodi PBSI IKIP PGRI Bojonegoro. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 462–468. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.578.

Kasanah, S. A., Damayani, A. T., & Rofian, R. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Role Playing Berbantu Media Multiply Cards terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 529. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.22308.

Koyan, I. W. (2012). Statistik Pendidikan Teknik Analisis Data Kuantitatif. Universitas Pendidikan Ganesha.

Kurnia, H. S., & Dwikurnaningsih, Y. (2019). Penerapan Model TTW Berbasis Saintifik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema Kebersamaan pada Siswa Kelas II SDN Kutowinangun 11. Jurnal Basicedu, 3(1), 250 – 256. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.113.

Kusuma, S. P. (2014). Pengaruh Metode Pembelajaran dan Berpikir Kreatif terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Sejarah, 3(2), 28. https://doi.org/10.21009/jps.032.04.

Lutfi, Ismail, & Azis, A. A. (2017). Pengaruh Project Based Learning Terintegrasi STEM terhadap Literasi Sains, Kreativitas, dan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Biologi Dan Pembelajarannya, 189–194.

Maria, Y., Kara, D. K., & Liru, M. W. (2021). Pengaruh Strategi Pembelajaran Mind Mapping dan Rasa Percaya Diri terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4980–4986. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1600.

Metha Rozhana, K., & Harnanik, H. (2019). Lesson Study dengan Metode Discovery Learning dan Problem Based Instruction. Inteligensi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 39–45. https://doi.org/10.33366/ilg.v1i2.1355.

Misla, M., & Mawardi, M. (2020). Efektifitas PBL dan Problem Solving Siswa SD Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 60. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24279.

Monika, M., & Adman, A. (2017). Peran Efikasi Diri dan Motivasi Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 219–226. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8111.

Nasr, M., Bagheri, M. S., Sadighi, F., & Rassaei, E. (2018). Iranian EFL Teachers’ Perceptions of Assessment for Learning Regarding Monitoring and Scaffolding Practices as A Function of Their Demographics. Cogent Education, 5(1), 1–29. https://doi.org/10.1080/2331186X.2018.1558916.

Nisa, N. A. K., Widyastuti, R., & Hamid, A. (2018). Pengembangan Instrumen Assesment Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada Lembar Kerja Peserta Didik Kelas VII SMP. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(3), 543–556.

Nurroeni, C. (2013). Keefektifan Penggunaan Model Mind Mapping terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar. Journal Of Elementary Education, 2(1), 54–60. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jee/article/view/2081.

Patabang, A., & Murniarti, E. (2021). Analisis Kompetensi Pedagogik Guru pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1418–1427. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.584.

Pitaloka, D. L., Dimyati, D., & Edi, P. (2021). Peran Guru dalam Menanamkan Nilai Toleransi pada Anak Usia Dini di Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1696–1705. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.972.

Polat, Ö., & Aydın, E. (2020). The Effect of Mind Mapping on Young Children’s Critical Thinking Skills. Thinking Skills and Creativity, 38. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2020.100743.

Prasanti, D., & Fitrianti, D. R. (2018). Pembentukan Karakter Anak Usia Dini: Keluarga, Sekolah, dan Komunitas. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 13–19. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.2.

Prayito. (2011). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Humanistik Berbasis Konstruktivisme Berbantuan E-Learning Materi Segitiga Kelas VII. AKSIOMA Journal of Mathematics Education, 2(2). https://doi.org/10.26877/aks.v2i2/Septembe.37.

Purwantoko, Susilo, S. (2010). Kefektifan Pembelajaran dengan Menggunakan Media Puzzle terhadap Pemahaman IPA. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6, 124. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPFI/article/viewFile/1124/1043.

Putra, I. K. D. A. S., Margunayasa, I. G., & Wibawa, I. M. C. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Peta Pikiran terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD. Jurnal Pendidikan, 5(2), 1–10. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10711.

Putri, A. C. D. (2018). Pengaruh Model Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Peristiwa Sekitar Proklamasi Kemerdekaan. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 118–126.

Ruhama, I. A., & Erwin, E. (2021). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(5), 3841–3849. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1422.

Saharah, S., & Indihadi, D. (2019). Penggunaan Teknik Mind Mapping pada Keterampilan Menulis Ringkasan Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 9–15.

Saputro, J. D., & Murdiono, M. (2020). Implementation of Character Education through a Holistic Approach to Senior High School Students. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 7(11), 460–470. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v7i11.2146.

Simanjuntak, R. (2020). Memaknai Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Kristen Masa Kini. Sanctum Domine: Jurnal Teologi, 9(1), 27–44. https://doi.org/10.46495/sdjt.v9i1.56.

Sugiyono. (n.d.). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Surya, Y. F. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Pendidikan Karakter Abad 21 pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 52–61. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.30.

Umam, D. S., & Ahyani, L. N. (2017). Pengaruh Penerapan Metode Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa SD Kelas 3. Jurnal Psikologi Perseptual, 1(2), 70–83. https://doi.org/10.24176/perseptual.v1i2.1637.

Wu, T.-T., & Chen, A.-C. (2018). Combining E-Books with Mind Mapping in A Reciprocal Teaching Strategy for A Classical Chinese Course. Computers & Education, 116. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2017.08.012.

Zairmi, U., Fitria, Y., & Amini, R. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 1031–1037. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.221.

Downloads

Published

2022-01-16

How to Cite

Wati, N. N. K. (2022). Dampak Model Pembelajaran Mind Mapping dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Journal of Education Action Research, 5(4), 440–446. https://doi.org/10.23887/jear.v5i4.43652