Model Pembelajaran Quantum Teaching Berbantuan Media Konkret untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IX SMP
DOI:
https://doi.org/10.23887/jear.v6i1.44594Keywords:
Model Pembelajaran Quantum Teaching, Hasil BelajarAbstract
Kurangnya partisipasi siswa dalam menyelesaikan soal ataupun masalah-masalah dalam pembelajaran menyebabkan hasil belajar IPA menjadi rendah. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IX melalui penerapan model pembelajaran Quantum Teaching berbantuan media konkret. Subjek penelitian ini adalah semua siswa yang berjumlah 41 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Data dikumpulkan dengan cara dokumentasi dan tes. Penelitian terdiri atas dua siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian siklus I menunjukkan bahwa indikator keberhasilan belum tercapai karena rata-rata hasil belajar pada siklus I adalah 72 dan prosentase ketuntasan belajar kelasikal sebesar 63% dengan tingkat kategori hasil belajar “sedang”. Rata-rata hasil belajar pada siklus II adalah 82 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 98% berada pada tingkat kategori “baik”. Jadi, model pembelajaran Quantum Teaching berbantuan media konkret dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Implikasi penggunaan model pembelajaran yang sesuai dengan kompetensi siswa mampu meningkatkan rasa antusias, motivasi, dan pencapaian kompetensi pengetahuan siswa.
References
Anwar, K. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa melalui Model Pembelajaran Inside Outside Circle di Kelas IV SD Negeri 020620 Binjai Selatan. Jurnal Handayani: Jurnal Kajian Pendidikan Pra Sekolah dan Pendidikan Dasar, 8(1). https://doi.org/10.24114/jh.v8i1.10563.
Asniadarni. (2018). Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Siswa melalui Penerapan Model Problem Based Learning (PBL). Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 2(1), 103–112. https://doi.org/10.33369/diklabio.2.1.103-112.
Cahyaningrum, A. D., Yahya, A., & Asyhari, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Tipe Tandur terhadap Hasil Belajar. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(3), 372–379. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i3.4363.
Dewi, L. P. P. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching berbantuan Media Konkret untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Journal of Education Action Research, 2(1), 23–29. https://doi.org/10.23887/jear.v2i1.13727.
Dewi, N. P. W. P., & Agustika, G. N. S. (2020). Efektivitas Pembelajaran Matematika melalui Pendekatan PMRI terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 4(2), 204. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i2.26781.
Elisa, N., Nuriman, & Mutrofin. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas V di SDN Kemuningsari Kidul 01 Jenggawah Tahun Pelajaran 2013-2014. Artikel Ilmiah Mahasiswa, 1(1), 1–7.
Fitri, R. A., Adnan, F., & Irdamurni. (2021). Pengaruh Model Quantum Teaching terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 88–101. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.570.
Hartati, H. (2021). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Quantum Teaching Berbasis Media Visual. Journal of Education Action Research, 5(1), 102–108. https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.31101.
Khairunnisa, G. F., & Ilmi, Y. I. N. (2020). Media Pembelajaran Matematika Konkret Versus Digital: Systematic Literature Review di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Tadris Matematika, 3(2). https://doi.org/https://doi.org/10.21274/jtm.2020.3.2.131-140.
Krismayoni, P. A. W., & Suarni, N. K. (2020). Pembelajaran IPA dengan Model Pembelajaran Children Learning in Science Meningkatkan Hasil Belajar Ditinjau dari Minat Belajar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(2), 138–151. https://doi.org/10.23887/jp2.v3i2.25258.
Malik, A., & Afandi, M. (2020). Peningkatan Disiplin dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam melalui Model Pembelajaran Quantum Teaching Kelas VII Mts NU Al Ishlah Binabaru. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar UNISSULA, 7(1), 60 – 67. https://doi.org/10.30659/pendas.7.1.60-67.
Murnawan, I. K. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Quantum teaching untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Journal of Education Action Research, 5(2), 254–262. https://doi.org/10.23887/jear.v5i2.33159.
Mustika, Z. (2015). Urgenitas Media dalam Mendukung Proses Pembelajaran yang Kondusif. CIRCUIT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 1(1), 60–73. https://doi.org/10.22373/crc.v1i1.311.
Pebriana, P. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas V SD N 009 Bangkinang. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 64–73. https://doi.org/10.31004/cendekia.v1i2.21.
Prabaningrum, & Putra. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Team Assisted Individualization Berbantuan Media Semi Konkret terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 414. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21775.
Purnama Dewi, L. P. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching berbantuan Media Konkret untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Journal of Education Action Research, 2(1), 23. https://doi.org/10.23887/jear.v2i1.13727.
Rachmawati, R. (2012). The Implementaton Quantum Teaching Method of Graduate Through Up-Grade Hard Skill and Soft Skill: (Case study on Management Accounting Class). Procedia - Social and Behavioral Sciences, 57, 477–485. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.09.1214.
Rosiana, L. D. (2018). Hubungan Motivasi Belajar dan Sumber Belajar dengan Hasil Belajar IPA Kelas V. Joyful Learning Journal, 7(2), 19–26. https://doi.org/10.15294/jlj.v7i2.24432.
Sarini, P., & Selamet, K. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Etnosains Bali bagi Calon Guru IPA. Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya, 13(1), 27–39. https://doi.org/10.23887/wms.v13i1.17146.
Siahaan, M. M., & Sianturi, C. L. (2021). Pengaruh Metode Quantum Teaching dalam Menciptakan Pembelajaran Yang Aktif dan Menyenangkan pada Anak SD. Jurnal Basicedu, 5(5), 175–182. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1465.
Suryantari, N. M. A., Pudjawan, K., & Wibawa, I. M. C. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Benda Konkret terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar IPA. International Journal of Elementary Education, 3(3), 316–326. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19445.
Sutama, I. P. E., Dibia, I. K., & Margunayasa, I. G. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Berbantuan Media Konkret terhadap Hasil Belajar IPA. MIMBAR PGSD Undiksha, 5. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10683.
Wahidi, A. (2017). Learning Quantum Chemical Model with Learning Media Concept Map and Power Point Viewed from Memory and Creativity Skills Students. Journal Of Education, Teaching and Learning, 2(1), 100–104. https://doi.org/10.26737/jetl.v2i1.136.
Widya, H. (2017). Pengaruh Media Puzzle terhadap Hasil Belajar IPA Konsep Daur Hidup Makhluk Hidup Murid Kelas IV. Jurnal Penelitian dan Penalaran, 4(1), 679–687. https://www.neliti.com/publications/247936/pengaruh-media-puzzle-terhadap-hasil-belajar-ipa-konsep-daur-hidup-makhluk-hidup.
Wote, A. Y. V., Sasingan, M., & Kitong, O. E. (2020). Efektivitas Penggunaan Model Quantum Teaching dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Journal of Education Technology, 4(2), 96–102. https://doi.org/10.23887/jet.v4i2.24369.
Wote, A. Y. V, Sasingan, M., & Kitong, O. E. (2020). Efektivitas Penggunaan Model Quantum Teaching dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Journal of Education Technology, 4(2), 96–102. https://doi.org/10.23887/jet.v4i2.24369.
Yahya, H. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMS Islam Terpadu Al-Fityan Gowa. Jurnal Biotek, 5(1), 155–166. https://doi.org/10.24252/jb.v5i1.3455.