Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas II SD
DOI:
https://doi.org/10.23887/jear.v6i3.49527Keywords:
Model Pembelajaran PBL, Hasil Belajar, MatematikaAbstract
Rendahnya minat belajar siswa dalam pembelajaran matematika cenderung disebabkan karena kurangnya inovasi guru dalam menerapkan model pembelajaran yang tepat. Adapun tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui tingkat hasil belajar siswa setelah diterapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) pada mata pelajaran Matematika. Penelitian ini tergolong kedalam jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus penelitian. Pada masing-masing siklus penelitian terdapat empat tahapan yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini yakni siswa kelas II SD yang berjumlah 30 orang siswa dengan 18 orang siswa laki-laki dan 12 orang siswa perempuan. Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan menggunakan metode tes dengan instrument penelitian berupa tes isian yang berjumlah 20 soal. Data yang diperoleh dalam penelitian kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif yaitu pengolahan data melalui angka rata-rata (mean), dan persentase. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 72,17 % yang berada pada kategori sedang. Sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa menunjukkan nilai 89,32 % yang berada pada kategori tinggi. Berdasarkan hasil tersebut dapat diketahui bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa di setiap siklusnya, sehingga berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) secara signifikan dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas II SD.
References
Alkindi, M. I., Pradipta, G. D., & Zhannisa, U. H. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dan Teaching Games for Understanding (TGfU) Terhadap Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli Pada Siswa Kelas XI di SMA N 2 slawi. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Menengah, 1(1), 8–14. https://doi.org/10.53869/jpdm.v1i1.135.
Apriyani, D. D., & Sirait, E. D. (2021). Pengembangan Instrumen Minat Belajar Siswa pada Pelajaran Matematika. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 6(1). https://doi.org/10.30998/sap.v6i1.9311.
Astra, I. K. B., & Putra, I. K. N. (2020). Implementasi Kooperatif Nht Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Kaki Bagian Dalam. Mimbar Pendidikan Indonesia, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.23887/mpi.v1i1.27840.
Aulia, N. I., & Handayani, H. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Sekolah Dasar Mellaui Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT). JURNAL SILOGISME : Kajian Ilmu Matematika Dan Pembelajarannya, 3(3), 116. https://doi.org/10.24269/silogisme.v3i3.1475.
Dadri, P. C. W., Dantes, N., & Gunamantha, I. M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Gugus III Mengwi. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 3(2), 84–93. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i5.p%25p.
Dwicahyani, N. M., Wiarta, I. W., & Ardana, I. K. (2019). Penerapan Model Pembelajaran NHT Berbantuan Media Gambar Meningkatkan Penguasaan Kompetensi IPS. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(1). https://doi.org/10.23887/jlls.v2i1.17326.
Eldisyam. (2021). Penggunaan Model NHT untuk Peningkatan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga Siswa Kelas X TP 1 SMK N 1 Bangkinang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1041–1050. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1077/959.
Elwijaya, F., Mairina, V., & Gistituati, N. (2021). Konsep dasar kebijakan pendidikan. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 6(1), 67. https://doi.org/10.29210/3003817000.
Fajriyati, R., Supandi, S., & Rahmawati, N. D. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) dan Numbered Head Together (NHT) terhadap Prestasi Belajar Matematika. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(4), 56–66. https://doi.org/10.26877/imajiner.v1i4.3882.
Fatimah, C., Asmara, P. M., Mauliya, I., & Puspaningtyas, N. D. (2021). Peningkatan Minat Belajar Siswa Melalui Pendekatan Matematika Realistik Pada Pembelajaran Metode Penemuan Terbimbing. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 117–126. https://doi.org/10.33365/jm.v3i2.1310.
Harefa, D., Gee, E., Ndruru, M., Sarumaha, M., Ndraha, L. D. M., Ndruru, K., & Telaumbanua, T. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1), 13. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i1.6602.
Hatip, A., & Setiawan, W. (2021). Teori Kognitif Bruner Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 87–97. https://doi.org/10.33087/phi.v5i2.141.
Herwanto, Mujid, & Karnasih. (2020). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(2), 72–77. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v4i2.679.
Husain, H., & Syaharuddin, S. (2020). Efektivitas Penerapan Model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Dengan Pendekatan Quantum Teaching Dalam Pembelajaran Matematika Siswa SMP Negeri 1 Binamu Kabupaten Jeneponto. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 50–65. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v5i2.404.
Iskandar, A. P., & Leonard, L. (2019). Modifikasi Model Pembelajaran Tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan Strategi Pembelajaran Tugas dan Paksa Terhadap Kemampuan Penalaran Matematika Siswa. Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1). https://doi.org/10.26486/jm.v4i1.801.
Istiqlal, M. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1). https://doi.org/10.26877/jipmat.v2i1.1480.
Iswanda, M. L., & Dewi, D. A. (2021). Peran Pendidikan Kewarganegaraan di Era Globalisasi dalam Mencegah Degradasi Moral. Jurnal Pendidikan Tambusai, 03(03), 34–40. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/1126.
Juliartini, N. M., & Arini, N. W. (2017). Penerapan Model Pembelajaran NHT Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III. Journal of Education Action Research, 1(3), 240. https://doi.org/10.23887/jear.v1i3.12688.
Juliawan, G. A., Putu, L., Mahadewi, P., Rati, N. W., & Tp, J. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning ( PBL ) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas III. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 5(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2. 10881.
Kusnadi, D., & Kusumawati, L. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN 006 Tarakan. Edukasia : Jurnal Pendidikan, 7(1). https://doi.org/10.35334/edu.v7i1.1379.
Lestari, N. P. C. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Nht Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Journal of Education Action Research, 2(4), 355. https://doi.org/10.23887/jear.v2i4.16331.
Mawaddah, A. W., Hidayat, M. T., Amin, S. M., & Hartatik, S. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Quizizz terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika melalui Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3109–3116. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1288.
Mega, M., & Subhanadri, S. (2019). Penerapan Pendekatan Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) Dalam Meningkatkan Motivasi Berprestasi Dan Hasil Belajar Mahasiswa PGSD STKIP-MB. Jurnal Muara Pendidikan, 4(2), 342–356. https://doi.org/10.52060/mp. v4i2.169.
Nadhiroh, R., Relmasira, S. C., & Rahayu, T. N. A. (2019). Penerapan Model NHT melalui Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Tematik Siswa. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 2(1), 184–193. https://media.neliti.com/media/ publications/266989.
Octavia, N. (2021). Pencegahan Perilaku Penyimpangan di Era Globalisasi Melalui Pancasila dan Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2614–3097), 7693–7697. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/2217.
Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. Fitrah:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945.
Parwata, I. W. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran NHT Terhadap Hasil Belajar Geometri Ditinjau Dari Kemampuan Spasial Siswa SD. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 2(3), 291. https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i3.21368.
Pawero, A. M. D. (2021). Arah Baru Perencanaan Pendidikan dan Implikasinya Terhadap Kebijakan Pendidikan. Dirasah (Jurnal Study Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam), 4(1), 24. https://doi.org/10.29062/dirasah.v4i1.177.
Putri, A. Y., & Dewi, S. (2020). Stimulasi Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Anak Usia Dini Melalui Permainan Matematika Montessori. Jurnal Pendidikan Tambusai, 21(1), 1–9. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/489.
Rahmadani, N., & Anugraheni, I. (2017). Peningkatan aktivitas belajar matematika melalui pendekatan problem based learning bagi siswa kelas 4 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(3), 241–250. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2017.v7.i3.p241-250.
Ramadhani, K., & Azis, Z. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa SMK PAB 2 Helvetia Medan T.P 2019/2020. Journal Mathematics Education Sigma [JMES], 1(1). https://doi.org/10.30596/jmes.v1i1.4025.
Ramlah. (2021). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Melalui Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Pada Siswa Kelas VIII MTSN 1 Baubau. Strategy : Jurnal Inovasi Strategi Dan Model Pembelajaran, 1(1), 88–93. https://doi.org/10.51878/strategi. v1i1.390.
Saeputri, A., Sutriyono, S., & Pratama, F. W. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together dengan Pendekatan PAIKEM Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 5(1), 15–23. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v5i1. 507.
Sari, D. K. (2017). Peningkatan Hasil Belajar IPS Menggunakan Model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Pada Siswa Kelas 6 Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan (JPP), 34(1). https://doi.org/10.15294/jpp.v34i1.10902.
Simanungkalit, M. (2021). Penerapan Pembelajaran Aktif Kooperatif Melalui Metode Numbered Head Together (NHT) Sebagai Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA - Biologi. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 7(1), 89. https://doi.org/10.24114/jtikp. v7i1.22635.
Suarni, N., & Sari, N. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) Tema Perkalian Dan Pembagian Pecahan. Jurnal Elementary, 3(2). https://doi.org/10.31764/elementary.v3i2.2425.
Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927.
Suparyono, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Nht Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V Sd Negeri 016 Marsawa. Jurnal Pajar (Pendidikan Dan Pengajaran), 2(6), 950. https://doi.org/10.33578/pjr.v2i6.6536.
Syafaren, A., Yustina, Y., & Mahadi, I. (2019). Pembelajaran IPA Berbasiskan Integrasi Inkuiri Terbimbing Dengan Numbered Heads Together (NHT) Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar. Journal of Natural Science and Integration, 2(1), 1. https://doi.org/10.24014/jnsi.v2i1.7109.
Tanjung, R., Supriani, Y., Mayasari, A., & Arifudin, O. (2022). Manajemen Mutu Dalam Penyelenggaraan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Glasser, 6(1), 29. https://doi.org/10.32529/ glasser.v6i1.1481.
Yazid, S., & Agustang, A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Nht (Numbered Heads Together) Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Kelas XI IPS 1 SMAN 8 Makassar. JURNAL SOSIALISASI, 5(1). https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v0i0.12220.
Yusup, W. B., Ismanto, B., & Wasitohadi, W. (2019). Evaluasi Program Indonesia Pintar dalam Peningkatan Akses Pendidikan di Sekolah Menengah Pertama. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(1), 44–53. https://doi.org/10.24246/j.jk.2019.v6.i1.p44-53.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Ni Wayan Mimpin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.