Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Materi Penjumlahan Puluhan Menggunakan Metode Permainan Media Ular Tangga
DOI:
https://doi.org/10.23887/jear.v4i4.28506Kata Kunci:
Penjumlahan Puluhan, ular tanggaAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis peningkatan hasil belajar siswa menggukan permaian ular tangga. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan. Subjek penelitian yang berjumlah 30 orang. Data diperoleh melalui wawancara dan observasi. Data yang telah dikumpulkan (data mentah) kemudian diolah, pengolahan data dimaksudkan sebagai suatu proses untuk memperoleh data ringkasan dari data mentah dengan menggunakan cara atau rumus tertentu. Data ringkasan yang diperoleh dari pengolahan data itu dapat berupa jumlah (total), rata-rata (mean), persentase (persentage), dan sebagainya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil tes awal sebelum diberikan tindakan dengan menggunakan media ular tangga diperoleh nilai rata-rata siswa yaitu 69 dengan nilai presentase ketuntasan klasikal yaitu 40% atau sebanyak 12 orang siswa sedangkan 18 orang siswa lainnya belum/ tidak tuntas. 2) Penerapan media ular tangga dapat meningkatkan pemahaman siswa karena diberikan media secara riil dan biasa dimainkan oleh siswa sehingga memicu siswa dalam pemahaman materi penjumlahan bilangan. Dan Hasil belajar siswa setelah diberikan tindakn dengan media ular tangga semakin meningkat dari sebelum tindakan. Pada tindakan I diperoleh nilai rata-rata 83,43 dengan presentase ketuntasan klasikal yaitu 86,67% atau sebanyak 26 orang siswa yang sudah tuntas belajar. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa menggunakan media ular tangga dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas I.
Referensi
Djihadah, Nuryati. 2020. Kecerdasan Emosional dan Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Aplikasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di Madrasah. Jurnal Pendidikan Madrasah, Volume 5, Nomor 1, Mei 2020. https://doi.org/10.14421/jpm.2020.51-01
Gandasari, Maharani Fatima. 2019. Pengembangan model pembelajaran tematik Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan untuk sekolah dasar . Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 15 (1), 2019. https://doi.org/10.21831/jpji.v15i1.25489
Muklis, Mohamad. 2012. Pembelajaran Tematik. Fenomena. Vol. Iv No. 1, 2012. https://doi.org/10.21093/fj.v4i1.279
Nanang Hanifah, dkk. 2009. Konsep dan Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.
Nurkholis. 2013. Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan, Vol. 1 No. 1 Nopember 2013. ttps://doi.org/10.24090/jk.v1i1.530
Sutrisno. 2016. Berbagai Pendekatan Dalam Pendidikan Nilai Dan Pendidikan Kewarganegaraan . Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran Vol.5 Januari 2016. DOI : 10.24269/dpp.v4i1.56
Sholichah, Aas Siti. 2018. Teori-Teori Pendidikan Dalam Al-Qur’an . Jurnal Pendidikan Islam Vol.07, No. 1. http://dx.doi.org/10.30868/ei.v7i01.209
Widodo. 2013. Peningkatan Aktivitas Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Metode Problem Based Learning Pada Siswa Kelas Viia Mts Negeri Donomulyo Kulon Progo Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Fisika Indonesia No: 49, Vol XVII, Edisi April 2013. https://doi.org/10.22146/jfi.24410
Widodo, Heri. 2015. Potret Pendidikan Di Indonesia Dan Kesiapannya Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asia (Mea). Jurnal Cendekia Vol. 13 No. 2, Juli - Desember 2015. https://doi.org/10.21154/cendekia.v13i2.250
Winataputra, Udin. S. (2009).Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka
Afandi, R. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dan Hasil Belajar IPS di Sekolah Dasar. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 1(1), 77. https://doi.org/10.22219/jinop.v1i1.2450
Afifah, N., & Hartatik, S. (2019). Pengaruh Media Permainan Ular Tangga terhadap Motivasi Belajar pada Pelajaran Matematika Kelas II SD Kemala Bhayangkari 1 Surabaya. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 4(2), 209. https://doi.org/10.30651/must.v4i2.3035
Aini, Q., & Relmasira, S. C. (2018). Penerapan Pembelajaran Tematik Integratif Berbasis Kontekstual untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas 1 SD. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 27(2), 124–132. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um009v27i22018p124
Amry, Z., & Badriah, L. (2018). Pembelajaran tematik sebagai upaya meningkatkan keaktifan peserta didik. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 6(2), 254–270. https://doi.org/10.21043/elementary.v6i2.4388
Badariah, S., Muskania, R. T., & Mansur, M. (2019). Pembelajaran Tematik Menggunakan Media Video Scribe Pada Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Elementary, 7(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21043/elementary.v7i1.4927
Firdaus, F. M., & Badriyah, N. (2018). Penerapan Pembelajaran Tematik Berbasis Budaya Betawi untuk Meningkatkan Logical Intelligence Siswa SD Islam Taman Qur’aniyah Jakarta Selatan. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 5(1), 95. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v5i1.2727
Nisa, A., Djamahar, R., & Evriyani, D. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Permainan Ular Tangga Terhadap Hasil Belajar Kognitif pada Materi Sistem Reproduksi Manusia. Jurnal Biosfer, 8(2), 20–26. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/biosferjpb.8-2.4
Novita, L., & Sundari, F. S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Game Ular Tangga Digital. Jurnal Basicedu, 4(3), 716–724. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.428
Prameswari, N. K. (2018). Peningkatan Dalam Penggunaan Media Ular Tangga Mata Kuliah Pendidikan PKn SD Materi Strategi Pembelajaran Pada Kemampuan Kognitif Mahasiswa Semester 2 STKIP Bina Insan Mandiri Surabaya. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), 2(1). https://doi.org/https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1.2188
Prasetyo, G., & Prasojo, L. D. (2016). Pengembangan Adobe Flash Pada Pembelajaran Tematik-Integratif Berbasis Scientific Approach Subtema Indahnya Peninggalan Sejarah. Jurnal Prima Edukasia, 4(1), 54. https://doi.org/10.21831/jpe.v4i1.7788
Supranoto, H. (2018). Pengembangan Soal HOTS Berbasis Permainan Ular Tangga pada Mata Kuliah Telaah Ekonomi SMA. Journal of Chemical Information and Modeling, 6(1), 103–110. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24127/pro.v6i1.1501
Yuni, Y. A., Zulhanan, Z., & Sodikin, S. (2019). Pengembangan Permainan Ular Tangga Bernuansa Islami Untuk Pembelajaran IPA. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(2), 194–203. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i2.4343