PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASISSTED INDIVIDUALIZATION DENGAN REAL WORLD PROBLEM

Authors

  • Maria Yuliana Kua STKIP Citra Bakti, Nusa Tenggara Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jet.v2i4.16545

Keywords:

model pembelajaran kooperatif tipe TAI, real world problem

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan (1) praktis tidaknya penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI
dengan real world problem dalam pembelajaran fisika; (2) tingkat kepraktisan model kooperatif tipe TAI dengan real world
problem dalam penerapannya pada proses pembelajaran fisika. Penelitian ini menggunakan 6 langkah pada model
pembelajaran kooperatif tipe TAI dengan real world problem. Uji coba dilaksanakan pada kelas X materi momentum dan
impuls. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster sampling sehingga diperoleh satu kelas eksperimen yang terdiri
dari 34 siswa. Pada saat pembelajaran berlangsung, dilakukan observasi keterlaksanaan setiap fase model pembelajaran
kooperatif tipe TAI dengan real world problem. Berdasarkan hasil implementasi model pembelajaran dapat diketahui bahwa
(1) model pembelajaran kooperatif tipe TAI dengan real world problem praktis diterapkan dalam pembelajaran fisika (2)
model pembelajaran kooperatif tipe TAI dengan real world problem memiliki tingkat kepraktisan yang sangat baik dalam
penerapannya pada proses pembelajaran fisika di SMA.

References

Adeyemo, S. A. (2010). Background and Classroom Corelates of Students’ Achievement in Physics, International Journal of Educational Research and Technology, 1, 25-34.

Depdiknas. (2006). Peraturan Pemerintah RI Nomor 22, Tahun 2006, tentang Standar Isi.

Docktor, J. L., & Mestre, J. P. (2014). Synthesis of Discipline-Based Education Research in Physics. Physical Review Special Topics-Physics Education Research, 10, 1-58.

Hussain, A., Azeem, M., & Shakoor, A. (2011). Physics Teaching Methods: Scientific Inquiry Vs Traditional Lecture. International Journal of Humanities and Social Science, 1 (19), 269-276.

Kua, M.Y., Ulviah, L., Sawu, A.M., & Ngole,M. (2015). Analysis of the Speed of a Moving Object through the Application of Videopad to Teach Mechanical Concepts Based on a Real World Problem. Proceeding International Seminar on Scienxe Education - Harmonization of Science, Technology, and society (STS) in science Learning to Prepare 21st Century Generation (255-266). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Slavin, R. E. (2005). Cooperative Learning, Second Edition. Massachusets: Allyn & Bacon.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif Konsep, Landasan dan Implementinya Pada KTSP. Jakarta: Kencana Prenata Media.

Warimun, E. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Fisika pada Pembelajaran Topik Optika pada Mahasiswa Pendidikan Fisika. Jurnal Exacta, 10, 111-114.

Downloads

Published

2019-08-21

How to Cite

Kua, M. Y. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASISSTED INDIVIDUALIZATION DENGAN REAL WORLD PROBLEM. Journal of Education Technology, 2(4), 169–176. https://doi.org/10.23887/jet.v2i4.16545

Issue

Section

Articles