PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM DIGITAL BERBASIS NATURE OF SCIENCE (NOS) UNTUK MENINGKATKAN HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS)
DOI:
https://doi.org/10.23887/jet.v3i4.22500Keywords:
Modul praktikum digital, Nature of Science (NOS), Higher Order Thinking Skill (HOTS)Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah 1) menghasilkan modul praktikum digital berbasis Nature of Science (NOS) pada mata kuliah praktikum kimia dasar; 2) mendeskripsikan kualitas hasil uji coba produk pengembangan modul praktikum digital berbasis Nature of Science (NOS) pada mata kuliah praktikum kimia dasar; dan 3) untuk mengetahui peningkatan Higher Order Thinking Skill (HOTS) mahasiswa pada mata kuliah praktikum kimia dasar menggunakan modul praktikum digital berbasis Nature of Science (NOS). Modul praktikum digital ini dikembangkan dengan model ADDIE (analyze, design, development, implementation, dan evaluation). Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Ngada Provinsi Nusa Tenggara Timur. Data yang telah dikumpulkan dalam penelitian ini dianalisis secara deskriptif kualitatif untuk menjelaskan efektivitas modul praktikum digital yang akan dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pengembangan Modul Praktikum Digital sudah mencapai tahap analisis kebutuhan dan penyusunan; 2) Kualitas hasil uji coba produk pengembangan modul praktikum digital berbasis Nature of Science (NOS) pada mata kuliah praktikum kimia dasar mendapatkan kategori sangat baik; 3) Modul praktikum digital berbasis Nature of Science (NOS) dapat meningkatkan Higher Order Thinking Skill (HOTS) mahasiswa pada mata kuliah praktikum kimia dasar.
References
Degeng, I N.S. (2013). Ilmu pembelajaran: Klasifikasi variabel untuk pengembangan teori dan penelitian. Bandung: Kalam Hidup dan Aras Media.
Dinatha, N.M. (2017). Kesulitan Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran IPA Terpadu. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara. 2 (2): 214-223
Dinatha, N.M. (2017). Pemanfaatan Media Sosial Facebook untuk Menilai Sikap Ilmiah (Afektif) Mahasiswa. Journal of Education Technology. I (3). 211-217
Dinatha, N.M. (2018). Nilai-nilai Karakter dalam Pembelajaran IPA di Perguruan Tinggi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti. 177-187
Dinatha, N. M. (2018). Profil Pengetahuan Mahasiswa Program Studi Pendidikan IPA Terhadap Alat Laboratorium dan Fungsinya pada Mata Kuliah Praktikum Kimia Dasar. Ejurnal IMEDTECH. 1(2).
Fry, H., Ketteridge, S., & Marshall, S. (2014). A handbook for teaching and learning in higher education: Enhancing academic practice, 4th edition. London: Roudledge
McGriff, S.J. (2000). Instructional Systems. New York: College of Education, Penn State University. [Online] melalui http://www.cdc.qc.ca/ actes_aqpc/2005/ellis_joanne_608.pdf, diakses 20 Juli 2019.
Laksana, D.N.L., Kurniawan, P.A.W., & Niftalia, I. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Tematik SD Kelas IV Berbasis Kearifan Lokal Masyarakat Ngada. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 3 (1), 1-10.
Parmin. 2014. Penerapan Critical Review Artikel Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa dalam Menyusun Proposal Skripsi. Jurnal Phenomenon, Volume 4 Nomor 1 Hal. 91-110. Tersedia Pada: https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpii/article/view/2137.
Rahayuningsih, Suesthi Rani Jayanti. 2019. High Order Thinking Skills (HOTS) Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika dalam Menyelesaikan Masalah Grup. Majamath Vol 2 No. 2 Hal. 87-93. Tersedia Pada: http://ejurnal.unim.ac.id/index.php/majamath/article/view/424/258.
Reigeluth, M., dan Alison A. Carr-Chellman. (2007). Instructional Design Theories and Models. Lawrence Erlbaum Associates, Mahwah, New Jersey. London.
Sugianto, Dony. (2013). Modul Virtual: Multimedia Flipbook Dasar Teknik Digital. Jurnal Invotec. Vol 9. No2
Taufiqurrohman, Suryani. N., Suharno. (2017). Pemanfaatan LKS Digital untuk Meningkatkan Hasil Belajar KKPI di SMK Negeri 1 Gesi Kabupaten Sragen. Prosiding Seminar Pendidikan Nasional. Pascasarjana Teknologi Pendidikan FKIP Universitas Sebelas Maret.
Trianto, Prihantoro Laksmi. (2010). Mendesain Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta : Kencana
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal of Education Technology agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)