PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY TERHADAP PENGUASAAN KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jet.v3i4.22360Keywords:
IPA, Penguasaan Kompetensi, TSTSAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan terhadap penguasaan kompetensi pengetahuan IPA antara siswa yang menggunakan model pembelajaran TSTS dan siswayangmenggunakan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas V semester II di SD Negeri Gugus Mohammad Hatta. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas V SD Negeri Gugus Mohammad HattaTahun Pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 106 siswa. Sampel penelitian ini yaitu kelas V SD Negeri 3 Panjer yang berjumlah 44 siswa dan siswa kelas V SD Negeri 6 Panjer yang berjumlah 31 siswa. Metode dalam pengumpulan data dilakukan dengan metode tes yaitu dengan tes obyektif. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan perbedaan yang signifikan bahwa terdapat perbedaan penguasaan kompetensi pengetahuan IPA yang menggunakan model pembelajaran TSTS dan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional dengan thitung=10,704>ttabel=2,000 adanya perbedaan yang signifikan. Berdasarkan hasil analisis data model pembelajaran TSTS berpengaruh terhadap penguasaan kompetensi pengetahuan IPA. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa yang menggunakan model pembelajaran TSTS yaitu 80,45 dan nilai rata-rata siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional yaitu 55,48. Perbaikan dilakukan dalam proses pembelajaran IPA dengan menggunakan modelpembelajaran TSTS terhadap penguasaan kompetensi pengetahuan IPA yang mampu mengatasi kendala-kendala dalam proses pembelajaran dikelas.
References
Agung, A.A Gede. 2014. Metodotologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Aunurrahman. 2014. Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.
Desmita. 2017. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Djaali. 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Herawati. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Keliling dan Luas Lingkaran di Kelas VI SD Negeri 53 Banda Aceh. Jurnal Peluang, Volume 3, Nomor 2, Hal. 95-105. Tersedia Pada: http://jurnal.unsyiah.ac.id/peluang/article/view/5720.
Husna, dkk. 2013.”Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (Tps)”,Volume 1, Nomor 2 (hlm.83). http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/peluang/article/view/1061
Hutagalung, Hj. Inge. 2007. Pengembangan Kepribadian. Jakarta: PT Indeks.
Jamaluddin, A. Wahab Jufri, Agus Ramdhani, Afriana Azizah. 2019. Profil Literasi Sains dan Keterampilan Berpikir Kritis Pendidik IPA SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA (JPPIPA) Vol. 15 No. 1 Hal. 120-130. Tersedia Pada: http://jppipa.unram.ac.id/index.php/jppipa/index. (diakses pada 04 Oktober 2013).
Kosasih, E.2014.Strategi Belajar dan Pembelajaran.Bandung: Yrama Widya.
Koyan, I Wayan. 2012. Statistik Pendidikan Teknik Analisis Data Kuantitatif. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Muakhirin, Binti. 2014. Peningkatan Hasil Belajar IPA melalui Pendekatan Pembelajaran Inkuiri pada Siswa SD. Jurnal Ilmiah Guru “COPE”, No. 01 Hal. 51-57. Tersedia Pada: https://journal.uny.ac.id/index.php/cope/article/view/2933. (diakses pada 04 Oktober 2013).
Miraningsih, Wahyu. 2013. Hubungan antara Interaksi Sosial dan Konsep Diri dengan Perilaku Reproduksi Sehat Pada Siwa Kelaas XI di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Purwerejo. Semarang: Universitas Negeri Semarang. Tersedia pada https://lib.unnes.ac.id/17318/ (diakses pada 04 Oktober 2013).
Permendikbud. 2014. Salinan Lamiran Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 103 Tahun 2014 Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah.
Rusman, 2014. Model-Model Pembelajaran Edisi Kedua. Cetakan kelima. Jakarta:
Rajawali Pers.
Sanjaya, Wayan. 2017. Korelasi Antara Berfikir Kreatif Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Kompetensi Inti Pengetahuan IPS Kelas V SDN 10 Sanur Denpasar Selatan Tahun Pelajaran 2016/2017. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha (Tidak diterbitkan)
Setyosari, Punaji. 2015. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan Edisi Keempat. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Siregar, Syofian. 2015. Statistik parametrik untuk penelitian kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitia Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi, Arikuno.2015. Evaluasi Pendidikan. Jakarta:PT. Bumi Aksara
Supardi, U.S. 2013. Aplikasi Statistika dalam Penelitian Konsep Statistika yang Lebih Komprehensif. Jakarta: Change Publication.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.
Syah,Muhibbin. 2015. Psikologi Belajar. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Thalib, Syamsul Bachri. 2010. Psikologi Pendidikan Berbasis Analisi Empiris Aplikatif. Jakarta: Kencana.
Wena . 2014. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer, Cetakan Kesembilan.
Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal of Education Technology agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)