PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING BERBANTUAN PETA KONSEP TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA SISWA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jet.v1i3.12506Keywords:
student facilitator and explaining, peta konsep, kompetensi pengetahuan IPAAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran student facilitator and explaining berbantuan peta konsep terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas IV SD Gugus Kolonel I Gusti Ngurah Rai Denpasar Utara tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan Kelompok Non-ekuivalen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 478 siswa. Sampel penelitian ini sebanyak 66 siswa yang ditentukan menggunakan teknik sampel kelompok. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-t dengan rumus separated varians. Hasil penelitian berdasarkan analisis data, diperoleh harga thitung = 3,25 > ttabel = 2,00 dengan taraf signifikan 5% dan dk = 64, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol pada kelas IV SD Gugus Kolonel I Gusti Ngurah Rai Denpasar Utara tahun pelajaran 2016/2017. Nilai rata-rata juga menunjukkan bahwa kompetensi pengetahuan IPA yang diperoleh siswa kelompok eskperimen = 0,56 > = 0,43 siswa kelompok kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran student facilitator and explaining berbantuan peta konsep berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas IV SD Gugus Kolonel I Gusti Ngurah Rai Denpasar Utara tahun pelajaran 2016/2017.
References
Agung, A. A. Gede. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Singaraja: FIP Undiksha.
Agung, A. A. Gede. 2014. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publising.
Aqib, Zainal. 2015. Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Konstektual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.
Arikunto, Suharsimi. 2015. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Dantes, Nyoman. 2014. Analisis dan Design Eksperimen. Singaraja: Program Pasca Sarjana Undiksha.
Darmadi, Hamid. 2014. Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta.
Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik. Yogyakarta: Gava Media.
Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2014. Sukses Mengimplentasikan Kurikulum 2013. Jakarta: Kata Pena.
Nurgiantoro, Burhan. 2016. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.
Rianti, dkk. 2017. “Pengaruh Model Student Facilitator and Explaining (SFAE) Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran IPA”. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Volume 3, Nomor 1 (Hlm. 64). Tersedia pada https://jurnal.untirta.ac.id (diakses tanggal 12 Juni 2017)
Samatowa, Usman. 2016. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Indeks.
Setyosari, Punaji. 2015. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.
Suardi. 2016. Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT Indeks.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sukardi. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara
Yusuf, Muri. 2015. Asesmen dan Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Grup.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal of Education Technology agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)