PENGARUH KETERAMPILAN DASAR LITERASI BERBANTUAN MEDIA GRAFIS TERHADAP PENGUASAAN KOMPETENSI PENGETAHUAN IPS SISWA KELAS IV SD
DOI:
https://doi.org/10.23887/jet.v1i2.11772Keywords:
keterampilan dasar literasi berbantuan media grafis, konvensional, pengetahuan IPSAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan penguasaan kompetensi pengetahuan IPS antara siswakelas IV yang mengikuti pembelajaran dengan keterampilan dasar literasi berbantuan media grafis dengan siswa yang
mengikuti pembelajaran konvensional di SD Gugus I Gusti Ngurah Rai Kecamatan Denpasar Barat Tahun Pelajaran
2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah desain
eksperimen semu ( nonequivalent control group design ). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di
SD Gugus I Gusti Ngurah Rai Kecamatan Denpasar Barat Tahun Pelajaraan 2016/2017. Penentuan sampel dilakukan
dengan teknik random sampling yang terlebih dahulu dilakukan uji kesetaraan pada setiap anggota populasi. Metode
pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes. Data yang dikumpulkan berupa nilai penguasaan kompetensi
pengetahuan IPS yang dianalisis dengan uji-t. Hasil penelitian berdasarkan analisis data, diperoleh thitung = 3,15 dan dengan
taraf signifikan 5% (dk = 74) diperoleh harga ttabel = 2,00 maka H0 yang menyatakan tidak terdapat perbedaan yang
signifikan penguasaan kompetensi pengetahuan IPS antara siswa kelas IV yang mengikuti pembelajaran dengan
keterampilan dasar literasi berbantuan media grafis dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional di SD Gugus
I Gusti Ngurah Rai Kecamatan Denpasar Barat Tahun Pelajaran 2016/2017 ditolak, dan rerata penguasaan pengetahuan
IPS yang mengikuti pembelajaran menggunakan keterampilan dasar literasi berbantuan media grafis, yaitu 84,05 dan siswa
yang mengikuti pembelajaran konvensional, yaitu 73,39. Dengan demikian, dapat disimpulkan terdapat pengaruh
keterampilan dasar literasi berbantuan media grafis terhadap penguasaan kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas IV SD
Gugus I Gusti Ngurah Rai Kecamatan Denpasar Barat Tahun Pelajaran 2016/2017.
References
Abidin, Yunus. 2015. Pembelajaran Multiliterasi. Bandung: PT Refika Aditama.
Agung, A. A. Gede. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publising.
Faizah, Dewi Utama. 2016. Panduan Gerakan Literasi Sekolah Dasar. Jakarta: Kemendikbud.
Gunawan, Rudy. 2011. Pendidikan IPS. Bandung: Alfabeta.
Permendikbud. 2014. Nomor 57 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah.
Jakarta:Permendikbud.
Pujawati, Ayu Galuh.2016. “Penerapan Pendekatan Saintifik Berbasis Keterampilan Dasar Mengajar Dapat
Meningkatkan Aktivitas dan
Sanak, Hujair. 2011. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Kaukaba
Setyosari, Punaji. 2015. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana
Sugiyono. 2013. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Syaefudin, Udin. 2013. Pengembangan Profesi Guru. Bandung. Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal of Education Technology agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)