PENGARUH KETERAMPILAN DASAR LITERASI BERBANTUAN MEDIA GRAFIS TERHADAP PENGUASAAN KOMPETENSI PENGETAHUAN IPS SISWA KELAS IV SD

Authors

  • Ni Luh Saras Priyanti Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Sujana Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Darsana Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jet.v1i2.11772

Keywords:

keterampilan dasar literasi berbantuan media grafis, konvensional, pengetahuan IPS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan penguasaan kompetensi pengetahuan IPS antara siswa
kelas IV yang mengikuti pembelajaran dengan keterampilan dasar literasi berbantuan media grafis dengan siswa yang
mengikuti pembelajaran konvensional di SD Gugus I Gusti Ngurah Rai Kecamatan Denpasar Barat Tahun Pelajaran
2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah desain
eksperimen semu ( nonequivalent control group design ). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di
SD Gugus I Gusti Ngurah Rai Kecamatan Denpasar Barat Tahun Pelajaraan 2016/2017. Penentuan sampel dilakukan
dengan teknik random sampling yang terlebih dahulu dilakukan uji kesetaraan pada setiap anggota populasi. Metode
pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes. Data yang dikumpulkan berupa nilai penguasaan kompetensi
pengetahuan IPS yang dianalisis dengan uji-t. Hasil penelitian berdasarkan analisis data, diperoleh thitung = 3,15 dan dengan
taraf signifikan 5% (dk = 74) diperoleh harga ttabel = 2,00 maka H0 yang menyatakan tidak terdapat perbedaan yang
signifikan penguasaan kompetensi pengetahuan IPS antara siswa kelas IV yang mengikuti pembelajaran dengan
keterampilan dasar literasi berbantuan media grafis dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional di SD Gugus
I Gusti Ngurah Rai Kecamatan Denpasar Barat Tahun Pelajaran 2016/2017 ditolak, dan rerata penguasaan pengetahuan
IPS yang mengikuti pembelajaran menggunakan keterampilan dasar literasi berbantuan media grafis, yaitu 84,05 dan siswa
yang mengikuti pembelajaran konvensional, yaitu 73,39. Dengan demikian, dapat disimpulkan terdapat pengaruh
keterampilan dasar literasi berbantuan media grafis terhadap penguasaan kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas IV SD
Gugus I Gusti Ngurah Rai Kecamatan Denpasar Barat Tahun Pelajaran 2016/2017.

References

Abidin, Yunus. 2015. Pembelajaran Multiliterasi. Bandung: PT Refika Aditama.

Agung, A. A. Gede. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publising.

Faizah, Dewi Utama. 2016. Panduan Gerakan Literasi Sekolah Dasar. Jakarta: Kemendikbud.

Gunawan, Rudy. 2011. Pendidikan IPS. Bandung: Alfabeta.

Permendikbud. 2014. Nomor 57 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah.

Jakarta:Permendikbud.

Pujawati, Ayu Galuh.2016. “Penerapan Pendekatan Saintifik Berbasis Keterampilan Dasar Mengajar Dapat

Meningkatkan Aktivitas dan

Sanak, Hujair. 2011. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Kaukaba

Setyosari, Punaji. 2015. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana

Sugiyono. 2013. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Syaefudin, Udin. 2013. Pengembangan Profesi Guru. Bandung. Alfabeta.

Downloads

Published

2017-08-08

How to Cite

Priyanti, N. L. S., Sujana, I. W., & Darsana, I. W. (2017). PENGARUH KETERAMPILAN DASAR LITERASI BERBANTUAN MEDIA GRAFIS TERHADAP PENGUASAAN KOMPETENSI PENGETAHUAN IPS SISWA KELAS IV SD. Journal of Education Technology, 1(2), 110–116. https://doi.org/10.23887/jet.v1i2.11772

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)