PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING BERBASIS LAGU – LAGU ANAK TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN PKN
DOI:
https://doi.org/10.23887/jet.v1i3.12500Keywords:
snowball throwing, lagu anak, PKnAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran snowball throwing berbasis lagu - lagu anak terhadap kompetensi pengetahuan PKn siswa kelas III SD Gugus Kolonel I Gusti Ngurah Rai Denpasar Utara. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan kelompok Non-ekuivalen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III di SD Gugus Kolonel I Gusti Ngurah Rai yang berjumlah 493 siswa. Sampel penelitian ini sebanyak 66 siswa yang ditentukan menggunakan teknik sampel kelompok. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-t dengan rumus separated varians. Hasil penelitian berdasarkan analisis data, diperoleh harga thitung = 4,30> ttabel = 2,000 dengan taraf signifikan 5% dan dk = 64, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan PKn antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol pada kelas III SD Gugus Kolonel I Gusti Ngurah Rai Denpasar Utara. Nilai rata-rata juga menunjukkan bahwa kompetensi pengetahuan PKn yang diperoleh siswa kelompok eskperimen = 81,68 > = 69,89 siswa kelompok kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran snowball throwing berbasis lagu - lagu anak berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan PKn siswa kelas III SD Gugus Kolonel I Gusti Ngurah Rai Denpasar Utara.
References
Agung, A A. Gede. 2011.Pengantar Evaluasi Pendidikan.Singaraja: FIP Undiksha
Agung, A A. Gede. 2014. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publising.
Arikunto, Suharsimi. 2015. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta. PT. Bumi Aksara.
Dantes, Nyoman. 2012. Metodelogi Penelitian. Yogyakarta: C.V Andi.
Hakim.2016.Pendidikan Kewarganegaraan.Bandung. Gava Media.
Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kurniasih,Sani.2016.Model Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.
Mahadewi, Putrini Luh Pt. 2016. Pengaruh Model Snowball Throwing Berbantuan Media Benda Konkret Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V. Tahun Pelajaran 2015/2016. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 4, Nomor 1.
Majid, Abdul. 2015. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Setyosari,Punaji 2015. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia
Shoimin,Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum. Yogyakarta. 2013: PT.AR-RUZZ Media.
Susanto, Ahmad. 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Sutrisno. 2016. Pendidikan Karakter melalui Seni. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal of Education Technology agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)