PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING BERBASIS LAGU – LAGU ANAK TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN PKN

Authors

  • Ni Made Dwi Lestari Unidksha
  • Ni Wayan Suniasih Undiksha
  • I Wayan Darsana Undiksha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jet.v1i3.12500

Keywords:

snowball throwing, lagu anak, PKn

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran snowball throwing berbasis lagu -   lagu  anak terhadap kompetensi pengetahuan PKn siswa kelas III SD Gugus Kolonel I Gusti Ngurah Rai Denpasar Utara. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan kelompok Non-ekuivalen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III di SD Gugus Kolonel I Gusti Ngurah Rai yang berjumlah 493 siswa. Sampel penelitian ini sebanyak 66 siswa yang ditentukan menggunakan teknik sampel kelompok. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-t dengan rumus separated varians. Hasil penelitian berdasarkan analisis data, diperoleh harga thitung = 4,30> ttabel = 2,000  dengan taraf signifikan 5% dan dk = 64, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan PKn antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol pada kelas III SD Gugus Kolonel I Gusti Ngurah Rai Denpasar Utara. Nilai rata-rata juga menunjukkan bahwa kompetensi pengetahuan PKn yang diperoleh siswa kelompok eskperimen = 81,68 > = 69,89 siswa kelompok kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran snowball throwing berbasis lagu - lagu anak berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan PKn siswa kelas III SD Gugus Kolonel I Gusti Ngurah Rai Denpasar Utara.

References

Agung, A A. Gede. 2011.Pengantar Evaluasi Pendidikan.Singaraja: FIP Undiksha

Agung, A A. Gede. 2014. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publising.

Arikunto, Suharsimi. 2015. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta. PT. Bumi Aksara.

Dantes, Nyoman. 2012. Metodelogi Penelitian. Yogyakarta: C.V Andi.

Hakim.2016.Pendidikan Kewarganegaraan.Bandung. Gava Media.

Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kurniasih,Sani.2016.Model Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.

Mahadewi, Putrini Luh Pt. 2016. Pengaruh Model Snowball Throwing Berbantuan Media Benda Konkret Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V. Tahun Pelajaran 2015/2016. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 4, Nomor 1.

Majid, Abdul. 2015. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Setyosari,Punaji 2015. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia

Shoimin,Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum. Yogyakarta. 2013: PT.AR-RUZZ Media.

Susanto, Ahmad. 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Sutrisno. 2016. Pendidikan Karakter melalui Seni. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Downloads

Published

2017-11-09

How to Cite

Dwi Lestari, N. M., Suniasih, N. W., & Darsana, I. W. (2017). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING BERBASIS LAGU – LAGU ANAK TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN PKN. Journal of Education Technology, 1(3), 163–168. https://doi.org/10.23887/jet.v1i3.12500

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)