PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE BERBANTUAN MEDIA VISUAL TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS BAHASA INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jet.v3i4.22364Keywords:
Pictue and Picture, Visual, Keterampilan MenulisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran picture and picture berbantuan media visual terhadap keterampilan menulis siswa kelas III SD Gugus V Mengwi Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan eksperimen semu dengan desain penelitian non-equivalent control grup desain. Populasi penelitian ini siswa kelas III di SD Gugus V Mengwi tahun ajaran 2018/2019. Sampel ditentukan dengan teknik random sampling. Sampel penelitian siswa kelas III SD No 2 Abianbase sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas III SD No 3 Abianbase sebagai kelompok kontrol. Data hasil keterampilan menulis dikumpulkan dengan instrument berupa tes uraian berjumlah 1 butir tes yang telah divalidasi. Data keterampilan menulis dianalisis dengan uji-t polled varian. Rata- rata keterampilan menulis siswa kelompok eksperimen̅ = 0,37 rata-rata keterampilan menulis siswa kelompok kontrol̅ = 0,21. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan keterampilan menulis kelompo ksiswa yang dibelajarkan menggunkaan model pembelajaran picture and picture berbantuan media visual dengan kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas III SD Gugus V Mengwi Tahun Ajaran 2018/2019. Hal tersebut dibuktikan dengan hasilthitung = 6,225 pada taraf signifikansi 5% dengan dk = (34+32)-2 = 64 diperoleh ttabel= 2,000. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran picture and picture berbantuan media visual berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan menulis siswa kelas III SD Gugus V Mengwi TahunAjaran 2018/2019.
References
Agung, A.A.Gede. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: AdityaMedia Publishing.
Anisatun, Siti. 2018. Model-Model Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA
Agustien, Relis, Nurul Umamah, Sumarno. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Dua Dimensi Situs Pekauman di Bondowoso Dengan Model Addie Mata Pelajaran Sejarah Kelas X IPS. Jurnal Edukasi 2018, Vol. V No. 1 Hal. 19-23. Tersedia Pada: https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEUJ/article/view/8010.
Arikunto, Suharsimi. 2015. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arsyad,Azhar. 2016. Media Pembelajaran.jakarta:Rajawali Pers
Cahyono, Tri. 2015. Statistik Uji Normalitas. Purwoketo: Yayasan Sanitarian Banyumas (Yasamas).
Dalman. 2016. Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajawali Pers.
Dantes, Nyoman. 2017. Desain Eksperimen dan Analisis Data. Depok: Rajawali Pers
Dantes, Nyoman. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Desymiari, Md. 2018 “Pengaruh Model Think Talk Write Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Keterampilan Menulis Siswa kelas III SDN Gugus VIII I Gusti Ketut Pudja tahun ajaran 2017/2018” e-journal PGSD UNDIKSHA Jurusan PGSD Volume 2 no 3. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE/article/view/15969. (diakses tanggal 26 Januari 2019)
Handayani, Ni Md. Dwi. 2016 “ Penerapan Model pembelajaran Picture And Picture Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA siswa Kelas V SD Gugus Letkol Wisnu Kecamatan Denpasar Utara” e-journal PGSD UNDIKSHA Jurusan PGSD Vol 1 No 3. https://www.google.com/search?q=jurnal+model+picture+and+picture+Pgsdundiksha&ie=utf-8&oe=utf-8&client=firefox-b. (diakses tanggal 27 Januari 2019)
Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor : Ghalia Indonesia
Kosasih, E. 2014. Model pembelajaran Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya.
Kosasih. E. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung.Yrama Widya.
Kurniasih dan Berlin. 2017. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalitas Guru: Kata Pena.
Ngalimun. 2015. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta:Aswaja Pressindo.
Setyosari, Punaji H. 2015. Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Jakarta: Prenada Media Group.
Shoimin, Aris.2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013.Yogyakarta:AR-RUSS MEDIA.
Sudijono, Anas. 2012. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfa Beta.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfa Beta.
Sukiyasa, Kadek, Sukoco. 2013. Pengaruh Media Animasi terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Siswa Materi Sistem Kelistrikan Otomotif. Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol 3, Nomor 1, Hal. 126-137. Tersedia Pada: https://journal.uny.ac.id/index.php/jpv/article/view/1588.
Susanto, Ahmad. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Cetakan Pertama. Jakarta : Prenadamedia Group
Suwastini. 2014,” Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture terhadap Keterampilan Menulis Wacana Narasi Siswa Kelas IV semester I Tahun Pelajaran 2013/2014 Di Gugus VII Kecamatan Sukasada”.e-journal PGSD UNDIKSHA Jurusan PGSD Volume 2 Nomor1.https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/4815(diakses tanggal 28 januari 2019)
Tarigan, Henry Guntur. 2013. Ketrampilan Menulis. Bandung: CV Angkasa.
Wati, Ega Rima. 2016. Ragam Media Pembelajaran Visual - Audio Visual– Komputer Power Point – Internet – Interactive Video. Yogyakarta: Kata Pena.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal of Education Technology agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)