MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE BERBANTUAN MEDIA AUDIO-VISUAL TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA

Authors

  • Ni Made Dwi Handayani Undiksha
  • Ni Nyoman Ganing Undiksha
  • Ni Wayan Suniasih Undiksha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jet.v1i3.12502

Keywords:

Picture and Picture, kompetensi IPA, audio-visual

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kompetensi  IPA antara kelompok siswa yang dibelajar dengan ui model pembelajaran Picture and Picture berbantuan media audio-visual dan kelompok siswa yang dibelajar dengan   pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD semester Genap di Gugus Letkol Wisnu Denpasar utara, tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD di Gugus Letkol Wisnu Denpasar Utara  tahun Ajaran 2016/2017 berjumlah 336 orang. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas V SD No. 1 Peguyangan berjumlah 44 orang dan siswa kelas V SD No. 11 Peguyangan berjumlah 36 orang. Data kompetensi  IPA siswa dikumpulkan dengan menggunakan metode tes pilihan ganda biasa. Data yang telah terkumpul dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t). Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Picture and Picture berbantuan media audio-visual dan pembelajaran konvensional siswa kelas V SD Gugus Letkol wisnu Denpasar Utara tahun pelajaran 2016/2017. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis data, diperoleh thit = 3,25 > ttabel = 1,980. Oleh karena thit = 3,25 > ttabel = 1,980, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Demikian pula nilai rata-rata kompetensi pengetahuan IPA kelompok eksperimen, = 77,95 > = 68,33 rata-rata kompetensi pengetahuan IPA kelompok kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model  Picture and Picture berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SD di Gugus Letkol Wisnu Kecamatan Denpasar Utara.

References

Agung, Anak Agung Gede. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media Publishing

Agung, Anak Agung Gede. 2016. Statistik Dasar untuk Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish

Antari, Ni Nengah Madri, dkk. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Mencari Pasangan (Make A Match) Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD”.Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Vol:1 No:1

Aqib, Zainal.2013.Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: YRamaYramaWidya

Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Dantes, Prof. Dr. Nyoman. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: Andi

Dantes, Prof. Dr. Nyoman. 2014. Metode Penelitian. Yogyakarta: Andi

Daryanto.Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media

Ekawati, Hanifah. 2016.“Penerapan Kooperatif Tipe Think-Pair-Share dan Pembelajaran Konvensional pada Kelas VII SMP Negeri 10 Samarinda”. Jurnal Pendas Mahakam, Vol:1

Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Kosasih.2014. Stategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya

Kunandar.2015. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013) Suatu Pendekatan Praktis Disertai dengan Contoh. Jakarta: Rajawali Pers

Kurniati, Ni Made. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Semester Genap di Gugus I Kecamatan Buleleng. Skripsi ( tidak diterbitkan ). Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Kurniasih, Imas& Berlin Sani. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru. Jakarta: Kata Pena

Nazir. 2011. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia

Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers

Samatowa, Usman. 2011. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: Permata Puri Media

Santiani, Desi Pt dkk. 2016. “Pengaruh Pelajaran Picture and Picture Berbantuan Powerpoin terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD”. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Vol:4 No:1.

Setyosari, Purnaji. 2015. Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Jakarta: Prena Media Group

Sudijono, Anas. 2009. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Pers

Sugiyono. 2010.Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sukardi.2008. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara

Sukardi.2015. Evaluasi Pendidikan Prinsip dan Oprasionalnya. Jakarta: Bumi Aksara

Sukiman.2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia

Surya, Mohamad. 2015. Strategi Kognitif dalam Proses Pembelajaran. Bandung: Alfabet

Permendikbud. 2014a. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomer 57 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidayah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Permendikbud.2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomer 103 Tahun 2014 Tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Wisudawati, Asih Widi & Eka Sulistyowati. 2014. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara

Yusuf, Muri. 2015. Asesmen dan Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group

Downloads

Published

2017-11-09

How to Cite

Dwi Handayani, N. M., Ganing, N. N., & Suniasih, N. W. (2017). MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE BERBANTUAN MEDIA AUDIO-VISUAL TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA. Journal of Education Technology, 1(3), 176–182. https://doi.org/10.23887/jet.v1i3.12502

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)