MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE BERBANTUAN MEDIA AUDIO-VISUAL TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA

Ni Made Dwi Handayani, Ni Nyoman Ganing, Ni Wayan Suniasih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kompetensi  IPA antara kelompok siswa yang dibelajar dengan ui model pembelajaran Picture and Picture berbantuan media audio-visual dan kelompok siswa yang dibelajar dengan   pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD semester Genap di Gugus Letkol Wisnu Denpasar utara, tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD di Gugus Letkol Wisnu Denpasar Utara  tahun Ajaran 2016/2017 berjumlah 336 orang. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas V SD No. 1 Peguyangan berjumlah 44 orang dan siswa kelas V SD No. 11 Peguyangan berjumlah 36 orang. Data kompetensi  IPA siswa dikumpulkan dengan menggunakan metode tes pilihan ganda biasa. Data yang telah terkumpul dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t). Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Picture and Picture berbantuan media audio-visual dan pembelajaran konvensional siswa kelas V SD Gugus Letkol wisnu Denpasar Utara tahun pelajaran 2016/2017. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis data, diperoleh thit = 3,25 > ttabel = 1,980. Oleh karena thit = 3,25 > ttabel = 1,980, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Demikian pula nilai rata-rata kompetensi pengetahuan IPA kelompok eksperimen, = 77,95 > = 68,33 rata-rata kompetensi pengetahuan IPA kelompok kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model  Picture and Picture berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SD di Gugus Letkol Wisnu Kecamatan Denpasar Utara.


Keywords


Picture and Picture; kompetensi IPA; audio-visual

Full Text:

PDF

References


Agung, Anak Agung Gede. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media Publishing

Agung, Anak Agung Gede. 2016. Statistik Dasar untuk Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish

Antari, Ni Nengah Madri, dkk. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Mencari Pasangan (Make A Match) Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD”.Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Vol:1 No:1

Aqib, Zainal.2013.Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: YRamaYramaWidya

Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Dantes, Prof. Dr. Nyoman. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: Andi

Dantes, Prof. Dr. Nyoman. 2014. Metode Penelitian. Yogyakarta: Andi

Daryanto.Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media

Ekawati, Hanifah. 2016.“Penerapan Kooperatif Tipe Think-Pair-Share dan Pembelajaran Konvensional pada Kelas VII SMP Negeri 10 Samarinda”. Jurnal Pendas Mahakam, Vol:1

Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Kosasih.2014. Stategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya

Kunandar.2015. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013) Suatu Pendekatan Praktis Disertai dengan Contoh. Jakarta: Rajawali Pers

Kurniati, Ni Made. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Semester Genap di Gugus I Kecamatan Buleleng. Skripsi ( tidak diterbitkan ). Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Kurniasih, Imas& Berlin Sani. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru. Jakarta: Kata Pena

Nazir. 2011. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia

Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers

Samatowa, Usman. 2011. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: Permata Puri Media

Santiani, Desi Pt dkk. 2016. “Pengaruh Pelajaran Picture and Picture Berbantuan Powerpoin terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD”. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Vol:4 No:1.

Setyosari, Purnaji. 2015. Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Jakarta: Prena Media Group

Sudijono, Anas. 2009. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Pers

Sugiyono. 2010.Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sukardi.2008. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara

Sukardi.2015. Evaluasi Pendidikan Prinsip dan Oprasionalnya. Jakarta: Bumi Aksara

Sukiman.2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia

Surya, Mohamad. 2015. Strategi Kognitif dalam Proses Pembelajaran. Bandung: Alfabet

Permendikbud. 2014a. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomer 57 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidayah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Permendikbud.2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomer 103 Tahun 2014 Tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Wisudawati, Asih Widi & Eka Sulistyowati. 2014. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara

Yusuf, Muri. 2015. Asesmen dan Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jet.v1i3.12502

Article Metrics

Abstract view : 1731 times
PDF file view : 4654 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JURNAL OF EDUCATION TECHNOLOGY IS PUBLISHED BY:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: komangsujendra.diputra@undiksha.ac.id


Currently, Journal of Education Technology indexed by:

 JET SINTA 4    

 

Creative Commons License

Journal of Education Technology is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.