Increasing the Learning Interest of Fourth Grade Elementary School Students with Mission Book Game

Authors

  • Putu Ika Reshmayanti Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Made Suarjana Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Widiana Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jet.v6i2.46884

Keywords:

Mission Book, Educational Games, Learning Interest, Learning Media

Abstract

Minimnya media pembelajaran yang dapat meningkatkan minat belajar siswa membuat proses pembelajaran yang bermakna kurang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media mission book game yang dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran dan efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas IV. Penelitian pengembangan ini menggunakan metode pengembangan ADDIE. Subjek penelitian dalam penelitian pengembangan media pembelajaran ini adalah 2 orang ahli materi, 2 orang ahli media, 2 orang praktisi, dan 15 orang siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket untuk memperoleh data dari pakar, praktisi dan tanggapan siswa tentang akseptabilitas media pembelajaran mission book game. Kuesioner digunakan untuk mengukur minat siswa dalam menggunakan mission book game ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media mission book game telah dinyatakan valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan minat belajar siswa. Hal ini terlihat dari hasil analisis uji validitas media dengan ahli isi, rata-rata skor keseluruhan sebesar 4,2 dengan kriteria sangat valid, ahli media secara keseluruhan sebesar 4,6 dengan kriteria sangat valid, respon praktisi secara keseluruhan sebesar 4,6 dengan kriteria sangat valid, dan tanggapan siswa (tes individu dan tes kelompok kecil) secara keseluruhan adalah 4,4 dan 4,2 dengan kriteria sangat valid. Berdasarkan hasil uji keefektifan, siswa yang belajar dengan bantuan permainan buku misi memiliki minat belajar yang lebih tinggi dibandingkan siswa yang belajar tanpa bantuan media mission book game.

References

AD, Y. (2018). Konsep Perkembangan Kognitif Perspektif Al-Ghazali Dan Jean Piaget. KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal), 5(2), 97. https://doi.org/10.24042/kons.v5i2.3501.

Afandi, M., Kusumadewi, R. F., & Lestari, R. D. (2021). Developing Digital - Based Comic Media in Teaching Mathematics for Elementary School Students. JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education), 5(2), 184. https://doi.org/10.32934/jmie.v5i2.339.

Agung Saputro, T., Kriswandani, K., & Ratu, N. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Mengunakan Aplikasi Construct 2 Pada Materi Aljabar Kelas VII. JTAM | Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika, 2(1), 1. https://doi.org/10.31764/jtam.v2i1.219.

Alifah, S., Narsih, D., & Widiyarto, S. (2019). Pengaruh Metode Partisipatori Dan Minat Belajar Terhadap Kemampuan Berwirausaha Siswa Smk. Lectura : Jurnal Pendidikan, 10(1), 66–81. https://doi.org/10.31849/lectura.v10i1.2410.

Amalia, R., Akbar, Z., & Nurani, Y. (2021). Pengembangan Media Game Edukasi Adventure Cooking untuk Meningkatkan Perilaku Prososial Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1501–1513. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1697.

Andriyani, N. L., & Suniasih, N. W. (2021). Development of Learning Videos Based on Problem-Solving Characteristics of Animals and Their Habitats Contain in Ipa Subjects on 6th-Grade. Journal of Education Technology, 5(1), 37–47. https://doi.org/10.23887/jet.v5i1.32314.

Anggari, A. S. dkk. (2017). Tema 1 Indahnya Kebersamaan, Kurikulum 2013 Kelas IV.

Azzahrah Putri, R., Magdalena, I., Fauziah, A., & Nur Azizah, F. (2021). Pengaruh Gaya Belajar terhadap Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar. Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia, 1(2), 157–163. https://doi.org/10.36418/cerdika.v1i2.26.

Basa, Z. A., & Hudaidah, H. (2021). Perkembangan Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Matematika Siswa SMP pada Masa Pandemi COVID-19. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(3), 943–950. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.461.

Berlyana, M. D. P., & Purwaningsih, Y. (2019). Experimentation of STAD and Jigsaw Learning Models on Learning Achievements in terms of Learning Motivation. International Journal of Educational Research Review, 4(4), 517–524. https://doi.org/10.24331/ijere.628311.

Bujuri, D. A. (2018). Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dasar dan Implikasinya dalam Kegiatan Belajar Mengajar. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 9(1), 37. https://doi.org/10.21927/literasi.2018.9(1).37-50.

Dewi, R. K., Wardani, S., Wijayati, N., & Sumarni, W. (2019). Demand of ICT-Based Chemistry Learning Media In The Disruptive Era. International Journal of Evaluation and Research in Education, 8(2), 265–270. https://doi.org/10.11591/ijere.v8i2.17107.

Dhawan, S. (2020). Online Learning: A Panacea in the Time of COVID-19 Crisis. Journal of Educational Technology Systems, 49(1), 5–22. https://doi.org/10.1177/0047239520934018.

Dwi Evayani, D. A. C., Jampel, I. N., & Widiana, I. W. (2021). Mission Book Game: Enhancing Fifth-Grade Students’ Learning Motivation on Thematic Learning. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 4(3), 459. https://doi.org/10.23887/ijerr.v4i2.38492.

Dwijayani, N. M. (2019). Development Of Circle Learning Media To Improve Student Learning Outcomes. Journal of Physics: Conference Series, 1321(2), 1–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/2/022099.

Ekayani, P. (2017). (2017). Pentingnya Penggunaan Media. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, 2(1), 1–11. https://www.researchgate.net/publication/315105651.

Fitri, A. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Sponges Dakon Pada Materi FPB dan KPK Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(2), 171–178. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i2.p171-178.

Fitria, R. A. (2021). Pengaruh Alat Permainan Edukatif Tangram dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Geometri di TK Qurrota A’yun Ponorogo. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(1), 1–6. https://doi.org/10.31004/aulad.v4i1.83.

Handayani, R., Arif, M., & Syam, A. (2020). Pembelajaran Daring Pada Anak Usia Sekolah Dasar Masa Pendemi Covid-19 Di Kecamatan Pauh Kota Padang. Jurnal Kepemimpinan dan Pengurusan Sekolah, 5(2). https://doi.org/10.34125/kp.v5i2.516.

Hartini, S., Firdausi, S., Misbah, & Sulaeman, N. F. (2018). The Development Of Physics Teaching Materials Based On Local Wisdom To Train Saraba Kawa Characters. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(2), 130–137. https://doi.org/10.15294/jpii.v7i2.14249.

Ismiyati, E., Supriadi, S., & Adji, S. S. (2021). Pengaruh Pembelajaran Matematika Dengan Media Audio Visual Dan Pendekatan Kontekstual Serta Minat Belajar Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematik Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 5(2), 1141–1147. https://doi.org/10.22437/jssh.v5i2.16529.

Krismadinata, K., Anwar, A., & Akbar, J. (2021). Pengembangan Training KIT pada Mata Pelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 18(1), 89–98. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v18i1.29502.

Kurniasari, W., Murtono, & Setiawan, D. (2021). Meningkatkan Minat Belajar Siswa Menggunakan Model Blended Learning Berbasis Googl Clasroom. Jurnal Educatio, 7(1), 141–148. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.891.

Manurung, R., Sadjiarto, A., & Sitorus, D. S. (2021). Aplikasi Google Classroom sebagai Media Pembelajaran Online dan Dampaknya Terhadap Keaktifan Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 7(3), 729–739. https://doi.org/10.33394/jk.v7i3.3853.

Muammar, M., & Suhartina, S. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Minat Belajar Akidah Akhlak. KURIOSITAS: Media Komunikasi Sosial dan Keagamaan, 11(2), 176–188. https://doi.org/10.35905/kur.v11i2.728.

Nevrita, N., Asikin, N., & Amelia, T. (2020). Analisis Kompetensi TPACK pada Media Pembelajaran Guru Biologi SMA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 8(2), 203–217. https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i2.16709.

Novita, L., Sukmanasa, E., & Pratama, M. Y. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education Penggunaan, 3(2), 64–72. http://ejournal.upi.edu/index.php/IJPE/index.

Ntobuo, N. E., Arbie, A., & Amali, L. N. (2018). The Development of Gravity Comic Learning Media Based on Gorontalo Culture. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(2), 246–251. https://doi.org/10.15294/jpii.v7i2.14344.

Nursyam, A. (2019). Peningkatan Minat Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Ekspose: Jurnal Penelitian Hukum dan Pendidikan, 18(1), 811–819. https://doi.org/10.30863/ekspose.v18i1.371.

Oktafiani, D., Nulhakim, L., & Alamsyah, T. P. (2020). Pengembangan media Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Adobe Flash Pada Kelas IV. Mimbar PGSD Undiksha, 8(3), 527–540. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i3.29261.

Oktariyanti, D., Frima, A., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Online Berbasis Game Edukasi Wordwall Tema Indahnya Kebersamaan pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4093–4100. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1490.

Oktaviani, M. V., Muktadir, A., & Tarmizi, P. (2020). Pengaruh Cerita Anak Bergambar Terhadap Kemampuan Berbicara Siswa Kelas 2 SD Negeri Gugus 1 Kota Bengkulu. Juridikdas, 3(1), 33–42. https://doi.org/10.33369/juridikdas.3.1.33-42.

Pamungkas, A. D., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning ( PBL ) Pada Siswa Kelas 4 SD. Naturalistic, 3(1), 287–293. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v3i1.268.

Prasetyono, H., Abdillah, A., Djuhartono, T., Ramdayana, I. P., & Desnaranti, L. (2021). Improvement Of Teacher’s Professional Competency In Strengthening Learning Methods To Maximize Curriculum Implementation. International Journal of Evaluation and Research in Education, 10(2), 720–727. https://doi.org/10.11591/ijere.v10i2.21010.

Pratiwi, B., & Puspito Hapsari, K. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Melalui Pemanfaatan YouTube Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 282–289. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.24238.

Puspitarini, Y. D., & Hanif, M. (2019). Using Learning Media to Increase Learning Motivation in Elementary School. Anatolian Journal of Education, 4(2), 53–60. https://doi.org/10.29333/aje.2019.426a.

Putri, A. R. S., & Airlanda, G. S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Game PEKA Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Pada Materi Pecahan. Efektor, 7(2), 109–116. https://doi.org/10.29407/e.v7i2.14978.

Rohani, M., & Zulfah, Z. (2021). Persepsi Siswa terhadap Pembelajaran e-Learning melalui Media Google Classroom untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SMP Negeri 1 Kuok. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 44. https://doi.org/10.33365/jm.v3i1.994.

Rosyida, A. (2019). Pengembangan Media Komik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Qalamuna - Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 11(1), 47–63. https://doi.org/10.5281/zenodo.3550293.

Rosyidiana, H. (2021). Problematika Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Sains (IPA) Tingkat Dasar Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(4), 1709–1716. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.948.

Salsabila, U. H., Sofia, M. N., Seviarica, H. P., & Hikmah, M. N. (2020). Urgensi Penggunaan Media Audiovisual Dalam Meningkatkan Motivasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 25(2), 284–304. https://doi.org/10.24090/insania.v25i2.4221.

Sari, A. C., Fadillah, A. M., Jonathan, J., & Prabowo, M. R. D. (2019). Interactive Gamification Learning Media Application For Blind Children Using Android Smartphone in Indonesia. Procedia Computer Science, 157, 589–595. https://doi.org/10.1016/j.procs.2019.09.018.

Sari, R. K., & Harjono, N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Tematik Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 4(1), 122. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.33356.

Siswanti, R. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Minat Belajar Dan Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Ipa Sd. Indonesian Journal of Education and Learning, 2(2), 226. https://doi.org/10.31002/ijel.v2i2.723.

Sulistyo, W. D., Lukmanul, K. M. N., & Kurniawan, B. (2020). The Development of “JEGER” Application Using Android Platform as History Learning Media and Model. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 15(7), 110–122. https://doi.org/10.3991/IJET.V15I07.11649.

Sumyadi, Y., Umasih, U., & Syukur, A. (2020). The Effect of Teacher Teaching Skills and Student Interest on History Learning Outcomes. Journal of Education Research and Evaluation, 4(3), 315–320. https://doi.org/10.23887/jere.v4i3.28349.

Sunami, M. A., & Aslam, A. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Zoom Meeting terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1940–1945. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1129.

Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31–34. https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i1.7072.

Tegeh, I. M., & Jampel, I. N. (2017). Metode Penelitian Pengembangan. Universitas Pendidikan Ganesha.

Utari, D. R., Wardana, M. Y. S., & Damayani, A. T. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Mathline : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(4), 534–540. https://doi.org/10.31943/mathline.v5i2.162.

Wahyu, Y., Edu, A. L., & Nardi, M. (2020). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 107–112. https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.344.

Wijayanti, W., & Relmasira, S. C. (2019). Pengembangan Media PowerPoint IPA Untuk Siswa Kelas IV SD Negeri Samirono. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 3(2), 77–83. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i2.17381.

Yahya, A., & Wahidah Bakri, N. (2020). Pembelajaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Analisa, 6(1), 69–79. https://doi.org/10.15575/ja.v6i1.8399.

Downloads

Published

2022-06-07

How to Cite

Reshmayanti, P. I., Suarjana, I. M., & Widiana, I. W. (2022). Increasing the Learning Interest of Fourth Grade Elementary School Students with Mission Book Game. Journal of Education Technology, 6(2), 277–287. https://doi.org/10.23887/jet.v6i2.46884

Issue

Section

Articles