PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL FACEBOOK UNTUK MENILAI SIKAP ILMIAH (AFEKTIF) MAHASISWA

Penulis

  • Ngurah Mahendra Dinatha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jet.v1i3.12507

Kata Kunci:

Penilaian sikap, facebook, praktikum sains inovatif

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan media sosial facebook untuk menilai sikap ilmiah (afektif) mahasiswa pada mata kuliah praktikum sains inovatif di STKIP Citra Bakti Ngada. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling untuk menentukan jumlah sampel yang diteliti. Penelitian dilaksanakan di STKIP Citra Bakti, Kabupaten Ngada, NTT. Jumlah subjek penelitian adalah 40 orang. Pengumpulan data pemanfaatan media sosial facebook untuk mengukur sikap ilmiah menggunakan kuesioner dan wawancara. Data dianalisis secara deskriptif dengan mengacu pada skala teoretik. Dari hasil penelitian diperoleh data yaitu sebanyak 35 orang mahasiswa atau sebesar 87,5% dari jumlah seluruh mahasiswa dapat dinilai sikap ilmiahnya

Referensi

Andersen, L. M. (1981). Assessing Affective Characteristic in the Schools. Boston: Allyn&Bacon

Azwar, S. (2009). Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Bloom, B.S. (1976). Human Characteristics and School Learning. New York: McGraw Hill Book Co.

Depdiknas. (2008). Kriteria dan Indikator Keberhasilan Pembelajaran. Jakarta. Depdiknas.

Dinatha, N.M. (2017). Kesulitan Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran IPA Terpadu. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara. 2 (2): 214-223

Musfiqon. (2012). Pengembangan Media dan Sumber Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.

Perambahan, A. (2009). Facebook Data dan Fakta Sejarah. http://www.asalusul. com/2009/03/facebook-data-danfakta-sejarah.html. Diakses tanggal 14 Juli 2017.

Popham. W. (1995). Clasroom Assesment What Teacher Need to Know. Boston: Simon&Schuster Company.

Rustaman, N.Y., dkk. 2003. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Jurusan Pendidikan Biologi FPMIPA UPI.

Soehartono, I. (2000). Metode Penelitian Sosial. Bandung. Rosda. Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung.

Susianna, N. (2008). Program Pembelajaran Kimia Untuk Menumbuhkan Sikap Wirausaha Siswa SMA.http://puslitjaknov.org/data/file/2008/makalah_peserta/38_Dr.%20Nancy%20Susiana,%20MPd_%20Program%20Pembelajaran%20Kimia.pdf. Diakses tanggal 11 Juli 2017.

Tsauri, A.S. (2010). Fenomena Facebook di Dunia Pendidikan Kita. http://tsauri28.myhaley.com/blog/ fenomena-facebook-di-duniapendidikankita/. Diakses tanggal 19 Maret 2010.

Upayogi, I. N. T. (2017). Peningkatan Kemampuan Guru menerapkan Pendekatan Saintifik Melalui Lesson Study. Jurnal Pijar Nusantara. 2 (2): 103-113.

Yuwanisa, A. (2010). Facebook Sebagai Media Pendukung Pembelajaran Siswa.http://suaramerdeka.com/ v1/index.php/read/news/2010/02 /08/46477/Facebook-Media- Pendukung-Pembelajaran- Siswa. Diakses tanggal 16 Juli 2017.

Zulharman. (2007). Self dan Peer Assessment Sebagai Penilaian Formatif dan Sumatif. http://zulharman79.wordpress.com/2007/05/29/self-dan-peerassessmentsebagaipenilaianformatifdan-sumatif/. Diakses tanggal 14 Juli 2017.

Diterbitkan

2017-11-09

Cara Mengutip

Dinatha, N. M. (2017). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL FACEBOOK UNTUK MENILAI SIKAP ILMIAH (AFEKTIF) MAHASISWA. Journal of Education Technology, 1(3), 211–217. https://doi.org/10.23887/jet.v1i3.12507

Terbitan

Bagian

Articles