ANALISIS KESIAPAN SISWA DALAM MENGIKUTI EKSTRAKULIKULER KIR BERWAWASAN SAINS DAN TEKNOLOGI DI SMP

Authors

  • Ngurah Mahendra Dinatha Pendidikan IPA STKIP Citra Bakti

DOI:

https://doi.org/10.23887/jet.v1i4.12861

Keywords:

Kesiapan siswa, KIR berwawasan sains dan teknologi.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan siswa dalam mengikuti ekstrakulikuler KIR berwawasan sains dan teknologi di SMP Widiatmika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel yang digunakan sebanyak 40 orang siswa. Pengumpulan data kesiapan siswa dalam mengikuti ekstrakulikuler KIR berwawasan sains dan teknologi menggunakan kuesioner. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dengan mengacu skala teoretik. Dari hasil penelitian diperoleh data bahwa kesiapan siswa dalam mengikuti estrakulikuler KIR berwawasan sains dan teknologi di SMP Widiatmika dikatakan dalam kategori “Sangat Baik” dengan jumlah 16 siswa dan persentase sebesar 40%, sedangkan sebanyak 24 siswa berada pada kriteria “Baik” dengan perentase 60%. Sehingga secara umum kesiapan siswa dalam mengikuti estrakulikuler KIR berwawasan sains dan teknologi di SMP Widiatmika sudah dapat dikatakan “Baik”.   

References

Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Cronbach, L. J. (1963). Educational Psychology. New York: Harcourt, Brace & World, Inc.

Dinatha, N.M. (2017). Kesulitan Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran IPA Terpadu. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara. 2 (2): 214-223

Djamarah, S. B. & Zain, A. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. (2011). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Laksana, D.N L. (2017). The Effectiveness of Inquiry Based Learning for Natural Science Learning in Elementary School. Journal of Education Technology, 1(1), 1-5.

Soemanto, Wasty. (2006). Psikologi Pendidikan: Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan (Cetakan Ke 5). Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono, (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Susilowarno, R. G. (2003). Kelompok Ilmiah Remaja (Petunjuk Membimbing dan Meneliti Bagi Remaja). Jakarta: Grasindo.

Suyanto, (2009). Kegiatan KIR SebagaiI Usaha Peningkatan Mutu Pendidikan Siswa-siswa Sekolah. Makalah disampaikan dalam workshop pendampingan dosen pada kegiatan KIR di sekolah pada tanggal 28 Juli 2009. Akprind Yogyakarta.

Thorndike, E.L., & H.P. Hagen. (1977). Measurement and Evaluation in Psychology and Education. New York: John Wiley.

Downloads

Published

2017-12-19

How to Cite

Dinatha, N. M. (2017). ANALISIS KESIAPAN SISWA DALAM MENGIKUTI EKSTRAKULIKULER KIR BERWAWASAN SAINS DAN TEKNOLOGI DI SMP. Journal of Education Technology, 1(4), 246–251. https://doi.org/10.23887/jet.v1i4.12861

Issue

Section

Articles