HASIL BELAJAR PEMAHAMAN KONSEP DAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM PEMBELAJARAN INKUIRI BEBAS DAN INKUIRI TERBIMBING

Penulis

  • Ni Wayan Suparmi STKIP Citra Bakti

DOI:

https://doi.org/10.23887/jet.v2i4.16548

Kata Kunci:

berpikir kreatif, model inkuiri, pemahaman konsep

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dua model pembelajaran inkuiri terhadap pemahaman konsep dan berpikir kreatif. Rancangan dalam penelitian ini adalah pre-tes post-test control group design. Subjek penelitian adalah semua siswa kelas X SMK Negeri 3 Singaraja, Bali, yang diambil berdasarkan teknik random class sampling. Data pemahaman konsep dikumpulkan dengan 25 item tes pemahaman konsep, sedangkan data berpikir kreatif siswa dikumpulkan dengan 24 item tes berpikir kreatif. Data yang diperoleh dianalisis dengan statistik deskriptif dan MANOVA. Temuan dalam penelitian ini adalah. (1) Terdapat perbedaan pemahaman konsep dan berpikir kreatif antara siswa yang diberikan model pembelajaran Inkuiri bebas dan inkuiri terbimbing (F = 16,694; p<0,05). (2) Terdapat perbedaan pemahaman konsep antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri bebas dan terbimbing (F = 16,694; p<0,05). (3) Terdapat perbedaan berpikir kreatif siswa yang diberikan model pembelajaran inkuiri bebas dan terbimbing (F = 32,086; p<0,05).

 

Referensi

Amalia, P. W., Budi, P. A. P., & Supriyanto. (2012). Pengaruh penerapan strategi metakognitif dalam metode inkuiri terhadap pemahaman konsep. Unnes Journal of Biology Education. 1(3), 266-271.

Dahar, R.W. (1989). Teori-teori belajar. Jakarta: Erlangga.

Darma, W. Sadia, I. W. Suma, K. (2014). Studi komparatif model pembelajaran inkuiri bebas dan generatif terhadap pemahaman konsep dan kreativitas siswa. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 1(4), 1-12.

Dasna, I.W., Laksana, D.N.L. dan Sudatha I.G.W. (2015). Desain dan Model Pembelajaran Inovatif dan Interaktif. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka

Provasnik, S. (2012). Highlights From TIMSS 2011 Mathematics and Science Achievement of U.S. Fourth- and Eighth-Grade Students in an International Context. Diterima melalui www.nces.ed.gov/pubs2013/2013009_1.pdf.

Sadia, I. W. (2014). Model-model pembelajaran sains konstruktivistik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Soyomukti, N. (2008). Pendidikan berspektif globalisasi. Jogjakarta: AR-Ruzz Media.

Suma, K. (2009). Pendidikan guru abad ke-21. Orasi Ilmiah. Disampaikan pada Sidang Terbuka Senat Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, 31 Oktober 2009.

Suma, K. (2015). Fisika konseptual (suplemen bahan ajar berbasis teks sangkalan). Singaraja:Universitas Pendidikan Ganesha.

Sund, R. B. & Trowbridge, L. W. (1973). Teaching Science by Inquiry in the Secondary School. USA: Bell & Howell Company.

Yustini, P. E. (2015). Analisis komparasi penggunaan model pembelajaran inkuiri bebas dan inkuiri terbimbing terhadap pemahaman konsep biologi ditinjau dari gaya kognitif siswa SMA. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan IPA. 5(1), 1-12.

Diterbitkan

2019-08-21

Cara Mengutip

Suparmi, N. W. (2019). HASIL BELAJAR PEMAHAMAN KONSEP DAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM PEMBELAJARAN INKUIRI BEBAS DAN INKUIRI TERBIMBING. Journal of Education Technology, 2(4), 192–196. https://doi.org/10.23887/jet.v2i4.16548

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama