PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS DISCOVERY MATA PELAJARAN IPA SISWA SD NO 1 BAKTISERAGA KELAS IV

Authors

  • . Jamilah Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Noman Jampel Universitas Pendidkan Ganesha
  • Desak Putu Parmiti Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jeu.v5i2.20376

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui proses rancang bangun modul
pembelajaran (2) Hasil validasi pegembangan modul pembelajaran yang dikembangkan
menurut review para ahli dan uji coba produk (3) Mengetahui efektifitas modul
pembelajaran yang dikembangkan. Model pengembangan yang digunakan adalah model
Dick and Carrey. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif
kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode pencatatan dokumen,
kuesioner dan tes. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Rancang bangun modul
pembelajaran mata pelajaran IPA dengan model Dick and Carrey meliputi semupuh
tahapan. (2) Modul pembelajaran mata pelajaran IPA yang dikembangkan valid dengan:
(a) hasil review ahli isi mata pelajaran menunjukkan modul pembelajaran berpredikat
sangat baik (100%), (b) hasil review ahli media pembelajaran menunjukkan produk
berpredikat baik (88,19%), (c) hasil review ahli desain pembelajaran menunjukkan modul
pembelajaran berpredikat baik (85,88%), (d) hasil uji coba perorangan, uji coba kelompok
kecil dan uji coba lapangan menunjukkan modul pembelajaran berpredikat sangat baik
(91,11%), (92,10%) dan (92,45%). (3) Efektivitas pengembangan menunjukkan bahwa
modul pembelajaran yang dikembangkan efektif meningkatkan hasil belajar IPA (thitung =
21,52 > ttabel = 1,989 pada taraf signifikansi 5%)

Kata kunci: pengembangan, modul pembelajaran, discovery learning

Downloads

Published

2017-09-30

How to Cite

Jamilah, ., Jampel, I. N., & Parmiti, D. P. (2017). PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS DISCOVERY MATA PELAJARAN IPA SISWA SD NO 1 BAKTISERAGA KELAS IV. Jurnal Edutech Undiksha, 5(2), 189–198. https://doi.org/10.23887/jeu.v5i2.20376

Issue

Section

Articles