Media Pembelajaran Berbasis Problem Based Learnig Menggunakan VideoScribe untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V

Authors

  • Rohaima Saragi Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Made Tegeh Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jeu.v10i1.41538

Keywords:

Video pembelajaran, ADDIE, IPS

Abstract

Rendahnya peran aktif siswa dalam proses pembelajaran IPS berdampak pada rendahnya hasil belajar. Hal tersebut juga disebabkan oleh kegiatan pembelajaran guru masih menggunakan metode konvensional. Oleh karean itu, perlu adanya inovasi pembelajaran yang dapat merangsang siswa agar dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk  meningkatkan hasil belajar IPS melalui pengembangan  video pembelajaran berbasis problem based learning dengan menggunakan videoscribe. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian pengembangan yang dikembangkan dengan menggunakan model ADDIE. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini yakni ahli isi pembelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran, dan 9 orang siswa kelas V. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode kuesioner. Data yang diperoleh dalam penelitian kemudian dianalisis dengan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  validitas produk dikatakan valid dengan masing-masing penilain yakni review ahli isi pembelajaran dengan persentase 86% dengan kategori baik;  hasil review ahli desain pembelajaran dengan persentase 90% dengan kategori sangat baik;  hasil review ahli media pembelajaran dengan persentase 82% dengan kategori baik; hasil review uji coba perorangan dengan presentase 95,93% dengan kategori sangat baik; hasil review uji coba kelompok kecil dengan persentase 99,75% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hal tersebut, video pembelajaran IPS ini dapat meningkatkan motivasi serta hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran.

Author Biographies

Rohaima Saragi, Universitas Pendidikan Ganesha

Teknologi Pendidikan

I Made Tegeh, Universitas Pendidikan Ganesha

Teknologi Pendidikan

References

Andriyani, N. L., & Suniasih, N. W. (2021). Development of Learning Videos Based on Problem-Solving Characteristics of Animals and Their Habitats Contain in IPA Subjects on 6th-Grade. Journal of Education Technology, 5(1), 37. https://doi.org/10.23887/jet.v5i1.32314.

Ansyari, M. F. (2018). Developing A Rubric for Assessing Pre-Service English Teacher Struggles with Instructional Planning. Cogent Education, 5(1). https://doi.org/10.1080/2331186X.2018.1507175.

Campen, C. A. N. K., Segers, E., & Verhoeven, L. (2020). Effects of Audio Support on Multimedia Learning Processes and Outcomes in Students with Dyslexia. Computers and Education, 150, 1–14. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2020.103858.

Coles, A. (2019). Facilitating The Use of Video with Teachers of Mathematics: Learning from Staying with The Detail. International Journal of STEM Education, 6(5). https://doi.org/10.1186/s40594-018-0155-y.

Dwiqi, G. C. S., Sudatha, I. G. W., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran IPA untuk Siswa SD Kelas V. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 33. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28934.

Fadillah, A., & Bilda, W. (2019). Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berbatuan Aplikasi Sparkoll Videoscribe. Jurnal Gantang, 4(2), 177–182. https://doi.org/10.31629/jg.v4i2.1369.

Fatmala, N. E., Nyeneng, I. D. P., & Suana, W. (2017). Pengembangan Modul Kontekstual Berbasis Multirepresentasi pada Materi Hukum Newton tentang Gravitasi. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(4). http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPF/article /view/13141.

Febriani, C. (2017). Pengaruh Media Video terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Kognitif Pembelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Prima Edukasia, 5(1), 11–21. https://doi.org/10.21831/jpe.v5i1.8461.

Firdayanti, N., & Setyasto, N. (2020). Pengembangan Video Animasi Berbantuan Sparkol Videoscribe Materi Keragaman Budaya di Indonesia. Joyful Learning Journal, 9(3), 138–143. https://doi.org/10.15294/jlj.v9i3.39918.

Gellerstedt, M., Babaheidari, S. M., & Svensson, L. (2018). A First Step towards A Model for Teachers’ Adoption of ICT Pedagogy in Schools. Heliyon, 4(9), 786. https://doi.org/10.1016/J.HELIYON.2018.E00786.

Hakim, A. L., Anggraini, Y., Fitriani, R., & Haqiqi, A. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Gambar dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Transformatif, 3(2), 131–136. https://doi.org/10.23971/tf.v3i2.1353.

Hanif, M. (2020). The Development and Effectiveness of Motion Graphic Animation Videos to Improve Primary School Students’ Sciences Learning Outcomes. International Journal of Instruction, 13(4), 247–266. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13416a.

Hapsari, A. S., & Hanif, M. (2019). Motion Graphic Animation Videos to Improve The Learning Outcomes of Elementary School Students. European Journal of Educational Research, 8(4), 1245–1255. https://doi.org/10.12973/eu-jer.8.4.1245.

Heo, M., & Toomey, N. (2020). Learning with Multimedia: The Effects of Gender, Type of Multimedia Learning Resources, and Spatial Ability. Computers and Education, 146, 103747. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103747.

Hermanto, Y. B., Agustini, V., & Srimulyani. (2021). The Challenges of Online Learning During The Covid-19 Pandemic. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 54(1). https://doi.org/10.23887/jpp.v54i1.29703.

Lange, C., & Costley, J. (2020). Improving Online Video Lectures: Learning Challenges Created by Media. International Journal of Educational Technology in Higher Education 2020 17:1, 17(1), 1–18. https://doi.org/10.1186/S41239-020-00190-6.

Lubis, M. (2020). Peran Guru pada Era Pendidikan 4.0. EDUKA : Jurnal Pendidikan, Hukum, Dan Bisnis, 4(2). https://doi.org/10.32493/eduka.v4i2.4264.

Maryati, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Materi Pola Bilangan di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 63–74. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.342.

Meyer, O. A., Omdahl, M. K., & Makransky, G. (2019a). Investigating The Effect of Pre-Training When Learning through Immersive Virtual Reality and Video: A Media and Methods Experiment. Computers and Education, 140(December 2018), 103603. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103603.

Meyer, O. A., Omdahl, M. K., & Makransky, G. (2019b). Investigating the Effect of Pre-Training When Learning Through Immersive Virtual Reality and Video: A Media and Methods Experiment. Computers & Education, 140, 103603. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103603.

Mulyani, F., & Haliza, N. (2021). Research & Learning in Faculty of Education Analisis Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi ( Iptek ) dalam Pendidikan. 3(1), 101–109. https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i1.1432.

Muyaroah, S., & Fajartia, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Aplikasi Adobe Flash Cs 6 pada Mata Pelajaran Sosiologi. Edutainment, 8(1), 27–38. https://doi.org/10.35438/e.v8i1.221.

Nashrullah, N., Sulton, S., & Soepriyanto, Y. (2019). Pengembangan Video Pembelajaran Adaptasi dan Cara Berkembang Biak Makhluk Hidup untuk Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(4), 327–332. http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/7076.

Nonthamand, N. (2020). Guideline to Develop an Instructional Design Model Using Video Conference in Open Learning. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 15(3), 140–155. https://doi.org/10.3991/ijet.v15i03.10842.

Novita, L., Sukmanasa, E., & Pratama, M. Y. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 64–72. https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i2.22103.

Oktavian, R., & Aldya, R. F. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Terintegrasi di Era Pendidikan 4.0. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 20(2). https://doi.org/10.30651/didaktis.v20i2.4763.

Pangesti, K. I., Yulianti, D., & Sugianto. (2017). Bahan Ajar Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa SMA. Unnes Physics Education Journal, 6(3), 54–58. https://doi.org/10.15294/upej.v6i3.19270.

Panjaitan, D. J., & Hasanah, D. N. (2019). Musik Mozart sebagai Pengiring Pembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi dan Belajar Matematika. Jurnal MathEducation Nusantara, 3(1), 40–48. https://doi.org/10.32696/JMN.V3I1.109.

Pramana, M. W. A., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Melalui E-Modul Berbasis Problem Based Learning. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 17. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28921.

Sudiarta, I. G. P., & Sadra, I. W. (2016). Pengaruh Model Blended Learning Berbantuan Video Animasi terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 49(2), 48–58. https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v49i2.9009.

Syauqi, K., Munadi, S., & Triyono, M. B. (2020). Students’ Perceptions toward Vocational Education on Online Learning During The COVID-19 Pandemic. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 9(4), 881. https://doi.org/10.11591/ijere.v9i4.20766.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113.

Tegeh, I. M., Simamora, A. H., & Dwipayana, K. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran dengan Model Pengembangan 4D pada Mata Pelajaran Agama Hindu. Mimbar Ilmu, 24(2), 158–166. https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21262.

Teng, M. F. (2019). The Effects of Video Caption Types and Advance Organizers on Incidental L2 Collocation Learning. Computers & Education, 142. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103655.

Ula, I. R., & Fadila, A. (2018). Pengembangan E-Modul Berbasis Learning Content Development System Pokok Bahasan Pola Bilangan SMP. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 201. https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2563.

Weng, S. S., & Chen, H. C. (2020). Exploring the Role of Deep Learning Technology in The Sustainable Development of The Music Production Industry. Sustainability (Switzerland), 12(2), 1–20. https://doi.org/10.3390/su12020625.

Downloads

Published

2022-02-21

How to Cite

Saragi, R., & Tegeh, I. M. (2022). Media Pembelajaran Berbasis Problem Based Learnig Menggunakan VideoScribe untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V. Jurnal Edutech Undiksha, 10(1), 98–107. https://doi.org/10.23887/jeu.v10i1.41538

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>