PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI DUA DIMENSI DENGAN MODEL WATERFALL PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS VIII

Ida Ayu Tika Jembari ., Drs. I Dewa Kade Tastra,M.Pd ., Luh Putu Putrini Mahadewi, S.Pd., M.S. .

Abstract


Penelitian ini dilakukan karena siswa kurang optimal dalam memahami materi dan keterbatasan media pembelajaran yang menarik untuk pembelajaran IPS. Maka dari itu, dikembangkan video animasi dua dimensi sebagai solusi dari permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan rancang bangun pengembangan video animasi dua dimensi pada pembelajaran IPS, (2) mendeskripsikan hasil validasi video animasi dua dimensi menurut review para ahli dan uji coba produk, (3) menguji efektivitas video animasi dua dimensi pada pembelajaran IPS. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan waterfall yang prosedurnya mengacu pada model tersebut. Subjek validasi dan uji efektivitas adalah ahli isi, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran dan siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Singaraja. Jenis data yang diperoleh yaitu data kualitatif dan kuantitatif. Data dikumpulkan dengan metode pencatatan dokumen, kuesioner dan tes. Instrumen yang digunakan adalah lembar pencatatan dokumen, lembar kuisioner/angket dan tes objektif. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif, kuantitatif dan statistik inferensial/induktif uji-t. Hasil penelitian ini adalah (1) deskripsi rancang bangun pengembangan video animasi dua dimensi berupa hasil dokumentasi pengembangan produk, (2) Hasil validasi menurut review ahli isi diperoleh 94,6% kualifikasi sangat baik, review ahli desain pembelajaran diperoleh 88% kualifikasi baik, review ahli media pembelajaran diperoleh 89,3% kualifikasi baik, uji coba perorangan 91,1%, uji coba kelompok kecil 91,1%, dan uji coba lapangan 90,07% dengan kualifikasi sangat baik, (3) efektivitas video menunjukkan hasil thitung(6,854) > ttabel (2,00) pada taraf signifikansi 5%, hal ini berarti H0 ditolak dan H1 diterima sehingga terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPS sebelum dan sesudah menggunakan video animasi dua dimensi. Maka dapat disimpulkan video animasi dua dimensi efektif untuk meningkatkan hasil belajar IPS.
Kata Kunci : penelitian pengembangan, waterfall, video, animasi

This research was done because students are less than optimal in understanding the limitations of the material and interesting learning media for learning IPS. Therefore, two-dimensional animation video developed as a solution to these problems. This research aims to (1) describe the design development of the two-dimensional animated videos on social studies learning, (2) describe the results of two-dimensional animation video validation according to the review experts and product trials, (3) test the effectiveness of two-dimensional animation video on social science learning. This type of research is the development of research using waterfall development model that procedure refers to the model. Subject validation and test effectiveness is the content expert, instructional design experts, media specialists and students learning in class VIII SMP Negeri 1 Singaraja. The type of data obtained by the qualitative and quantitative data. Data collected by the method of recording documents, questionnaires and tests. The instrument used was a record of a document, sheet questionnaires / questionnaire and objective tests. The data analysis using descriptive qualitative, quantitative and statistical inferential / inductive t-test. Results of this study were (1) a description of the design development in the form of two-dimensional animation video documentation of the results of product development, (2) Results of the validation by expert review the contents of 94.6% obtained excellent qualifications, instructional design expert reviews 88% obtained good qualifications, review instructional media expert qualifications obtained 89.3% good, 91.1% individual testing, piloting a small group 91.1%, and 90.07% field trials with excellent qualifications, (3) the effectiveness of the video shows the results tcount ( 6.854)> t table (2.00) at the significance level of 5%, this means that H0 is rejected and H1 accepted that there are significant differences in social studies learning outcomes before and after using two-dimensional animation video. So we can conclude the two-dimensional animated video effectively to improve learning outcomes social science.
keyword : research development, waterfall, video, animation

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v3i1.5702

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal EDUTECH Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal EDUTECH Undiksha  indexed by:

 Crossref