PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MODEL TUTORIAL MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS VIII SEMESTER GENAP DI SMP NEGERI 6 SINGARAJA TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Authors

  • Kadek Masdana Mahardika .
  • Drs. Ignatius I Wayan Suwatra,M.Pd .
  • I Kadek Suartama, M.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jeu.v4i2.7661

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan rancang bangun pengembangan multimedia interaktif untuk mata pelajaran IPA, (2) mengetahui kualitas hasil pengembangan multimedia interaktif menurut review ahli, dan uji coba yang dilakukan siswa, serta (3) mengetahui efektivitas multimedia interaktif untuk mata pelajaran IPA. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan desain penelitian pengembangan model Borg & Gall. Prosedur pengembangan produk menurut model ini terdiri dari 10 tahapan yaitu: 1) penelitian dan pengumpulan data awal, 2) perencanaan, 3) pembuatan produk awal, 4) uji coba awal, 5) perbaikan produk awal, 6) uji coba lapangan, 7) perbaikan produk operasional, 8) uji coba oporasional, 9) perbaikan produk akhir, dan 10) deseminasi nasional. Tahapan model pengembangan ini dijadikan acuan dalam memproduksi dan memvalidasi multimedia interaktif yang dikembangkan. Validasi multimedia interaktif dilakukan oleh satu ahli isi mata pelajaran, satu ahli desain pembelajaran, satu ahli media pembelajaran, 3 siswa uji coba perorangan, 12 siswa uji coba kelompok kecil, dan 30 siswa uji coba lapangan. Uji efektivitas multimedia interaktif pada oleh 30 orang siswa uji efektivitas menggunakan desain penelitian pre-test dan post-test. Data dikumpulkan dengan metode kuesioner dan tes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif, deskritif kuantitatif dan statistik inferensial/induktif uji-t. Hasil penelitian pengembangan ini adalah (1) deskripsi rancang bangun pengembangan multimedia interaktif, mulai dari langkah analisis peserta didik, menyatakan tujuan, memilih metode, media, dan materi, penggunaan media dan bahan, partisipasi peserta didik di kelas, serta penilaian dan revisi; (2) kualitas hasil pengembangan media menurut review ahli dan siswa. Hasil validasi media yang dilakukan oleh: (a) ahli isi mata pelajaran 90% pada kategori sangat baik; (b) ahli desain pembelajaran 88,69% pada kategori baik; (c) ahli media pembelajaran 92% pada kategori sangat baik serta (d) uji coba perorangan 91,33% dengan kategori sangat baik, uji coba kelompok kecil 94,6%, yang katagori sangat baik dan uji coba lapangan 89% yang kategori baik; (3) uji efektivitas hasil pengembangan multimedia interaktif menunjukkan bahwa thitung = 12,207 > ttabel =2,021. Ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan multimedia interaktif.
Kata Kunci : Kata kunci: IPA, multimedia interaktif, pengembangan

This study aims to: (1) describe the design development of interactive multimedia for teaching science, (2) determine the quality of the development of interactive multimedia by expert review, and testing of the student, and (3) determine the effectiveness of interactive multimedia for subjects IPA. This study is the development of research design development models Borg & Gall. Product development procedure according to this model consists of 10 stages, namely: 1) research and data collection early, 2) planning, 3) creation of the initial product, 4) the initial trial, 5) improvement of the initial product, 6) field trials, 7) product repair operations, 8) trials oporasional, 9) improvement of the final product, and 10) national Dissemination. Stages of development model is used as a reference in the manufacture and validate the developed interactive multimedia. Interactive multimedia validation performed by the experts of the course content, the instructional design experts, one expert instructional media, individual testing of 3 students, 12 students in small group trial, and 30 students of field trials. Test the effectiveness of interactive multimedia on by 30 students test the effectiveness of the research design of pre-test and post-test. Data were collected by questionnaire and tests. Analysis of data using qualitative descriptive analysis, quantitative descriptive and inferential / inductive t-test. The research result of this development are (1) a description design of interactive multimedia development, ranging from the analysis step learners, stated objectives, selecting methods, media, and materials, the use of media and materials, participation of learners in the classroom, as well as assessment and revision; (2) the quality of the development of media according to the review expert and students. The results of the validation performed by the media: (a) expert subject matter content of 90% in the category very well; (B) 88.69% of instructional design experts in both categories; (C) expert instructional media 92% in the category very good and (d) 91.33% individual testing with excellent category, piloting a small group of 94.6%, which is very good categories and field trials that both categories 89% ; (3) test the effectiveness of interactive multimedia development results showed that t = 12.207> table = 2.021. This means that there are significant differences in student learning outcomes before and after using interactive multimedia.
keyword : Key word : IPA , interactive multimedia, development

Published

2016-07-20

How to Cite

., K. M. M., ., D. I. I. W. S., & ., I. K. S. M. (2016). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MODEL TUTORIAL MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS VIII SEMESTER GENAP DI SMP NEGERI 6 SINGARAJA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Jurnal Edutech Undiksha, 4(2). https://doi.org/10.23887/jeu.v4i2.7661

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>