PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VIII SEMESTER II DI SMPN 1 UBUD TAHUN PELAJARAN 2012/2013
DOI:
https://doi.org/10.23887/jeu.v1i2.1428Abstract
Masalah yang ditemukan di SMPN 1 Ubud yakni masih rendahnya hasil belajar BahasaIndonesia siswa kelas VIII dan kurangnya pemanfaatan media dalam pembelajaran.Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran pada mata pelajaranBahasa Indonesia yang relevan digunakan sesuai dengan kebutuhan dan karakteristiksiswa, serta mampu memberikan daya tarik dan mempermudah siswa dalam memahamimateri secara efektif dan efisien. Subyek coba terdiri dari seorang ahli isi mata pelajaranBahasa Indonesia, seorang ahli media pembelajaran, seorang ahli desain pembelajaran,enam orang siswa untuk uji perorangan, duabelas orang siswa untuk uji kelompok kecil, dantiga puluh siswa untuk uji lapangan. Model penelitian ini adalah penelitian pengembanganproduk analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation (ADDIE). Datatentang kualitas produk pengembangan ini dikumpulkna dengan angket atau kuisioner yangselanjutnya dianalisis dengan teknik analaisis deskriptif kualitas dan teknik analisis deskriptifkuantitatif. Hasil penelitian menunjukan (1) uji ahli isi mata pelajaran Bahasa Indonesiaberada pada kualifikasi sangat baik (persentase = 97%), (2) uji ahli media pembelajaranberada pada kualifikasi baik (persentase = 84%), (3) uji ahli desain CD (Compact Disc)pembelajaran berada pada kualifikasi sangat baik (persentase = 86%), (4) uji cobaperorangan berada pada kualifikasi baik (persentase = 79%), (5) uji kelompok kecil beradapada kualifikasi baik (persentase = 78%), (6) uji coba lapangan berada pada kualifikasi baik(persentase = 76%)Kata kunci: pengembangan, media pembelajaran, multimedia interaktifDownloads
Published
2013-08-26
How to Cite
I Wayan Romi Sudhita, A. A. G. B. I. D. K. T. (2013). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VIII SEMESTER II DI SMPN 1 UBUD TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Jurnal Edutech Undiksha, 1(2). https://doi.org/10.23887/jeu.v1i2.1428
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with the Jurnal EDUTECH Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)