PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN IPA UNTUK SISWA KELAS VIII SEMESTER 1 DI SMP NEGERI 6SINGARAJA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jeu.v1i2.1431Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia pembelajaran yang layak pakai pada matapelajaran IPA di SMP Negeri 6 Singaraja. Model penelitian yang digunakan dalam penelitian iniadalah model penelitian pengembangan luther yang meliputi konsep (concept), desain (design),pengumpulan bahan materi (collecting materials), pembuatan (assembly), percobaan (tes drive),dandistribusi (distribution). Data tentang kualitas produk pengembangan ini dikumpulkan dengan metodeangket yang selanjutnya dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan teknik analisisdeskriptif kualitatif. Subjek review terdiri dari satu ahli isi mata pelajaran IPA, satu ahli desainpembelajaran, dan satu ahli media pembelajaran, sedangkan subjek uji coba terdiri dari 3 siswa untukuji coba perorangan, 6 siswa untuk uji coba kelompok kecil, dan 30 untuk uji coba lapangan.Penelitian ini menghasilkan produk pengembangan berupa CD pembelajaran multimediapembelajaran yang layak pakai. Hasil penelitian menunjukkan: 1 uji ahli isi mata pelajaran IPA berapapada kualifikasi baik (88%), (2) uji ahli desain CD (Compact Disc) pembelajaran berada padakualifikasi cukup (72%), (3) uji ahli media pembelajaran berada pada kualifikasi sangat baik (90%), (4)uji coba perorangan berada pada kualifikasi sangat baik (92%), (5) uji kelompok kecil berada padakualifikasi baik (87%), dan (6) uji coba lapangan berada pada kualifikasi sangat baik (92%).Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan media pembelajaran CD multimedia pembelajarandapat dikatakan sudah layak pakai.Kata kunci: pengembangan, multimedia pembelajaran, mata pelajaran IPA.Downloads
Published
2013-08-26
How to Cite
I Wayan Romi Sudhita, G. F. P. I. N. J. (2013). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN IPA UNTUK SISWA KELAS VIII SEMESTER 1 DI SMP NEGERI 6SINGARAJA. Jurnal Edutech Undiksha, 1(2). https://doi.org/10.23887/jeu.v1i2.1431
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with the Jurnal EDUTECH Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)