Pembelajaran IPA dengan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa

Authors

  • I Kadek Kurniawan Universitas Pendidikan Ganesha
  • Desak Parmiti Universitas Pendidikan Ganesha
  • Nyoman Kusmariyatni Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28959

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran PBL berbantuan media audio visual terhadap pemahaman konsep IPA siswa kelas V SD. Jenis penelitian yang dilaksanakan merupakan Eksperimen Semu dengan desain penelitian Non-equivalent Posttest Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 129 siswa. Sampel penelitian berjumlah 81 siswa, yang diambil dengan menggunakan teknik simple random. Data kemampuan pemahaman konsep IPA dikumpulkan menggunakan instrumen tes berbentuk soal objektif (pilihan ganda). Data yang diperoleh, selanjutnya dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan inferensial (Uji-t). Berdasarkan perhitungan Uji-t diperoleh data thitung = 2,087 > ttabel = 2,00 pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 79. Hal ini berarti, terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan pemahaman konsep IPA antara kelompok eksperimen dan control. Jadi, dapat disimpulkan bahwa, terdapat pengaruh yang signifikan model PBL berbantuan media audio visual terhadap pemahaman konsep IPA siswa kelas V SD. Implikasi penggunaan model PBL berbantuan media audio visual, yaitu siswa menjadi aktif dalam mengikuti pembelajaran. Pembelajaran PBL yang mengacu pada permasalahan membuat siswa menjadi terlatih dalam memahami sebuah konsep.

Author Biographies

I Kadek Kurniawan, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Desak Parmiti, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Nyoman Kusmariyatni, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Downloads

Published

2020-09-30

How to Cite

Kurniawan, I. K., Parmiti, D., & Kusmariyatni, N. (2020). Pembelajaran IPA dengan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 80–92. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28959

Issue

Section

Articles