Peran Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CRH Berbantuan Media Visual Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SD

Authors

  • Ni Ketut Ayu Tri Yanayanti Universitas Pendidikan Ganesha
  • DB. Kt. Ngr. Semara Putra Universitas Pendidikan Ganesha
  • I. G. A Agung Sri Asri Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.29084

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay berbantuan media visual. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Sampel ditentukan dengan teknik random sampling. Penelitian ini menggunakan kelompok eksperimen yang berjumlah 32 siswa dan kelompok kontrol berjumlah 37 siswa. Pengumpulan data hasil belajar IPA dilakukan dengan metode tes dengan instrumen tes objektif. Hasil analisis data menggunakan uji-t memperoleh t hitung = 6,611 pada taraf signifikansi 5% dan dk = 67 dengan nilai ttabel = 1,993 sehingga t hitung = 6,611 > t tabel = 1,993. Berdasarkan kriteria pengujian maka H0 ditolak dan Ha diterima. Ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara kelompok yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Corse review Horay dan kelompok yang dibelajarkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Rata-rata hasil belajar IPA siswa kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yaitu 87,031 > 1993. Dengan demikian dapat disimpulkan, model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay berbantuan media visual berpengaruh terhadap hasil belajar IPA SD.

Author Biographies

Ni Ketut Ayu Tri Yanayanti, Universitas Pendidikan Ganesha

Jurusan Pendidikan Dasar

DB. Kt. Ngr. Semara Putra, Universitas Pendidikan Ganesha

Jurusan Pendidikan Dasar

I. G. A Agung Sri Asri, Universitas Pendidikan Ganesha

Jurusan Pendidikan Dasar

Downloads

Published

2020-09-30

How to Cite

Yanayanti, N. K. A. T., Putra, D. K. N. S., & Sri Asri, I. G. A. A. (2020). Peran Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CRH Berbantuan Media Visual Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SD. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 196–209. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.29084

Issue

Section

Articles