Pengembangan E-Modul pada Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital
DOI:
https://doi.org/10.23887/jeu.v9i2.38571Keywords:
Belajar, E-Modul, Simulasi dan Komunikasi DigitalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul yang Valid, Praktis dan Eefektif. Sehingga dapat membatu siswa belajar mandiri dan memahami proses pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian research and Development (R&D) yang merujuk pada model pengembangan 4D. Kecocokan model 4D dalam penelitian ini karena model 4D tepat digunakan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran. Karena tahap-tahap yang dimiliki lebih sistematis dan terperinci mencakup semua aspek yang harus dianalisis. Model ini terdiri dari 4 langkah tahapan yaitu define, design, develop, dan disseminate. Hasil Penelitian berdasarkan penilaian validator ahli materi dan ahli media, e-modul yang dikembangkan valid. Berdasarkan respon guru dan siswa, e-modul yang dikembangkan memiliki praktikalitas tinggi. Hasil efektivitas diketahui dari peningkatan pemahaman teori siswa serta uji efektifitas dari materi yang di ujikan dengan hasil cukup efektif.
References
Arsyad, A. 2011. Media Pembelajaran. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Daryanto. 2016. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Gusty, S., Nurmiati, N., Muliana, M., Sulaiman, O. K., Ginantra, N. L. W. S. R., Manuhutu, M. A., ... & Warella, S. Y. (2020). Belajar Mandiri: Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19. Yayasan Kita Menulis.
Hapsari, S. A., & Pamungkas, H. (2019). Pemanfaatan google classroom sebagai media pembelajaran online di universitas dian nuswantoro. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 18(2), 225-233.
Kustandi, Cecep., & Sutjipto, Bambang. 2011. Media Pembelajaran: Manual dan Digital. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Lestari, A., Suryadi, A., & Ismail, A. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Komputer dengan Model Tutorial untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran TIK. Jurnal Petik, 6(1), 18-26..
Mulyasa. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Nana Sudjana, Ahmad Rifai. 2013. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Novianto, Andi. 2017. Simulasi Dan Komunikasi Digital C1. Jakarta: Erlangga.
Pohan, A. E. (2020). Konsep pembelajaran daring berbasis pendekatan ilmiah. Penerbit CV. Sarnu Untung.
Pradana, D. B. P. (2017). Pengaruh penerapan tools google classroom pada model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar siswa. IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education, 2(01).
Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Hyun, C. C., Wijayanti, L. M., & Putri, R. S. (2020). Studi eksploratif dampak pandemi COVID-19 terhadap proses pembelajaran online di sekolah dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1-12.
Purwanto, Ngalim. M. 2010. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rusman. 2012. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta.
Saifuddin Azwar. 2014. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Sudijono, Anas. 2015. Pengantas Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.
Sugihartini, N., & Jayanta, N. L. (2017). Pengembangan e-modul mata kuliah strategi pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 14(2).
Sugiyono. 2014. Metode Penilitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R &). Bandung: Alfabeta.
________. 2016. Metode Penilitian Prndidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D). Bandung: Alfabeta.
________. 2017. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta.
Suprihatin, S. (2015). Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 3(1), 73-82.
Trianto. 2012. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Peranada Media Group
Widyastuti, A., Mawati, A. T., Yuniwati, I., Simarmata, J., Pakpahan, A. F., Ardiana, D. P. Y., ... & Inayah, A. N. (2020). Pengantar Teknologi Pendidikan. Yayasan Kita Menulis.
Wina, Sanjaya. 2012. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Media Group
____________. 2014. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal EDUTECH Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)