Aktivitas Pembelajaran Berbantuan Media Levidio Presentation Meningkatkan Literasi Sains dan Kemampuan Metakognitif Siswa Kelas V SD
DOI:
https://doi.org/10.23887/jeu.v10i1.47637Keywords:
Aktivitas pembelajaran, Levidio presentation, Literasi sains, Kemampuan metakognitifAbstract
Aktivitas pembelajaran yang diciptakan oleh guru kurang efektif dan belum memberikan ruang kepada siswa dalam menumbuhkan literasi sains dan kemampuan metakognitif siswa. Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan aktivitas pembelajaran berbantuan media pembelajaran levidio presentation terhadap literasi sains dan kemampuan metakognitif. Jenis penelitian yaitu pengembangan dengan model 4-D. Subjek uji coba yaitu 4 orang ahli aktivitas pembelajaran. Subjek uji coba berjumlah 22 orang. Metode mengumpulkan data yaitu studi dokumentasi, wawancara, rating scale, dan tes. Instrumen yang digunakan yaitu kuesioner. Teknik analisis data yaitu analisis deskriptif kualitatif, deskriptif kuantitatif, dan statistik inferensial. Hasil penelitian yaitu rata-rata skor validasi isi aktivitas pembelajaran secara keseluruhan adalah 4,42, sehingga keseluruhan valid dengan kualifikasi sangat baik. Hasil pengujian hipotesis yaitu terdapat perbedaan secara simultan literasi sains dan kemampuan metakognitif siswa yang mengikuti aktivitas pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran berbantuan media pembelajaran levidio presentation dan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran konvensional. Pembelajaran berbantuan media pembelajaran levidio presentation berdampak positif terhadap literasi sains dan kemampuan kognitif siswa.
References
Abdelrahman, R. M. (2020). Metacognitive Awareness and Academic Motivation and Their Impact on Academic Achievement of Ajman University Students. Heliyon, 6(9). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2020.e04192.
Agustina, I. R., Andinasari, A., & Lia, L. (2020). Kemampuan Literasi Sains pada Materi Zat Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Multimedia. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(1), 1. https://doi.org/10.24127/jpf.v8i1.2491.
Ahmad, F., & Mustika, D. (2021). Problematika Guru dalam Menerapkan Media pada Pembelajaran Kelas Rendah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2008–2014. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1056.
Aini, S. I. Y. I. N., Firdiansyah, B. A., Desta, D., Tamarani, F. D., & Sistiasih, V. S. (2019). Penggunaan Pendekatan SAVI (Somatik Auditori Visual Intelektual) untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SDN Donoyudan. Buletin KKN Pendidikan, 1(1), 23–29. https://doi.org/10.23917/BKKNDIK.V1I1.9285.
Andriani, N., Saparini, S., & Akhsan, H. (2018). Kemampuan Literasi Sains Fisika Siswa SMP Kelas VII Di Sumatera Selatan Menggunakan Kerangka PISA (Program for International Student Assesment). Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(3), 278. https://doi.org/10.20527/bipf.v6i3.5288.
Anugrah, D., Murwitaningsih, S., Sofyan, D. A., & Susilo, S. (2020). Model Pembelajaran Kreatif Treffinger terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah pada Materi Ekosistem dan Perubahan Lingkungan. JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi). https://doi.org/10.31932/jpbio.v5i1.601.
Apriliani, S. P., & Radia, E. H. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Cerita Bergambar untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 994–1003. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.492.
Ariana, D., Situmorang, R. P., & Krave, A. S. (2020). Pengembangan Modul Berbasis Discovery Learning pada Materi Jaringan Tumbuhan untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas Xi Ipa Sma. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 11(1), 34. https://doi.org/10.26418/jpmipa.v11i1.31381.
Ario, M. (2018). Implementasi Lesson Study untuk Menumbuhkan Keaktifan Belajar dan Kerja Sama Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 1(1). https://doi.org/10.30606/absis.v1i1.3.
Artini, Y. (2016). Penerapan Strategi TTW untuk Meningkatkan Keaktifan dan Keterampilan Berbicara dalam Muatan Materi Bahasa Indonesia. Mimbar PGSD Undiksha, 4(1), 2–5. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.7339.
Atmaji, R. D., & Maryani, I. (2019). Pengembangan E-Modul Berbasis Literasi Sains Materi Organ Gerak Hewan dan Manusia Kelas V SD. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 2(1). https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v2i1.687.
Ayuningsih, K. (2017). Pengaruh Video Animasi terhadap Hasil Belajar Kognitif pada Mata Pelajaran IPS Materi Menghargai Jasa Pahlawan di Kelas V SDN Sidokumpul Sidoarjo. JICTE (Journal of Information and Computer Technology Education), 1(1), 43. https://doi.org/10.21070/jicte.v1i1.1129.
Binali, T., Tsai, C. C., & Chang, H. Y. (2021). University Students’ Profiles of Online Learning and Their Relation to Online Metacognitive Regulation and Internet-Specific Epistemic Justification. Computers and Education, 175(August), 104315. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2021.104315.
Chabibah, L. N., Siswanah, E., & Tsani, D. F. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Barisan Ditinjau dari Adversity Quotient. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 199–210. https://doi.org/10.21831/pg.v14i2.29024.
Divayana, D. G. H., Suyasa, P. W. A., & Sugihartini, N. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web untuk Matakuliah Kurikulum dan Pengajaran di Jurusan Pendidikan Teknik Informatika Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 5(3), 149. https://doi.org/10.23887/janapati.v5i3.9922.
El Islami, R. A. Z., Nahadi, N., & Permanasari, A. (2016). Membangun Literasi Sains Siswa pada Konsep Asam Basa Melalui Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 2(2), 110. https://doi.org/10.30870/jppi.v2i2.662.
Fajarianingtyas, D. A., & Hidayat, J. N. (2020). Pengembangan Petunjuk Praktikum Berorientasi Pemecahan Masalah sebagai Sarana Berlatih Keterampilan Proses dan Hasil Belajar Mahasiswa IPA Universitas Wiraraja. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 8(2), 152–163. https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i1.15515.
Fartina, Hizbi, T., & Syahidi, K. (2019). Development of Interactive Physics Learning Media Macromedia Flash 8 Based on Straight Motion Material. Journal of Physics: Conference Series, 1539(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1539/1/012023.
Gotwals, A. W., Philhower, J., Cisterna, D., & Bennett, S. (2015). Using Video to Examine Formative Assessment Practices as Measures of Expertise for Mathematics and Science Teachers. International Journal of Science and Mathematics Education, 13(2), 405–423. https://doi.org/10.1007/s10763-015-9623-8.
Hanik, N. R., Harsono, S., & Nugroho, A. A. (2018). Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning dengan Metode Observasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Matakuliah Ekologi Dasar. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 9(2), 127–138. https://doi.org/10.26418/jpmipa.v9i2.26772.
Haruna, N. A., Setiawan, D. G. E., & Odja, A. H. (2021). Penerapan E-Learning Menggunakan Media Edmodo dalam Pembelajaran Fisika Berbasis Nilai Karakter untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Konsep Usaha dan Energi. Physics Education Research Journa, 3(1), 65–74. https://doi.org/10.21580/perj.2021.3.1.6737.
Hashimoto, T., Hayashi, Y., & Seta, K. (2019). Metacognitive Inference Activity Support by Visualizing Eye-Movement Graph During Critical Reading. Procedia Computer Science, 159. https://doi.org/10.1016/j.procs.2019.09.372.
Hastuti, H. W., Baedowi, S., & Mushafanah, Q. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Numbered Heads Together Berbantu Media Panelpa (Papan Flanel IPA) terhadap Hasil Belajar. International Journal of Elementary Education, 3(2), 108–115. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18513.
Hendi, A., Caswita, C., & Haenilah, E. Y. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Strategi Metakognitif untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2). https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.310.
Iskandar, S. M. (2014). Pendekatan Keterampilan Metakognitif dalam Pembelajaran Sains di Kelas. Erudio Journal of Educational Innovation, 2(2), 13–20. https://doi.org/10.18551/erudio.2-2.3.
Jayadiningrat, M. G., & Ati, E. K. (2018). Peningkatan Keterampilan Memecahkan Masalah Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 2(1), 1. https://doi.org/10.23887/jpk.v2i1.14133.
Jayusman, I., & Shavab, O. A. K. (2020). Aktivitas Belajar Mahasiswa dengan Menggunakan Media Pembelajaran Learning Management System (Lms) Berbasis Edmodo dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Artefak, 7(1), 13. https://doi.org/10.25157/ja.v7i1.3180.
Jufrida, J., Basuki, F. R., Sawitri, E., & Afriani, E. (2019). Need Analysis of Science Textbook Based Jambi Local Wisdom to Improve Science Literacy of SMPN 7 Muaro Jambi. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 9(2), 151–160. https://doi.org/10.30998/formatif.v9i2.3340.
Khairunnisa, N. (2021). Penggunaan Aplikasi Videomaker Fx dalam Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jubindo: Jurnal Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(3), 132–141. https://doi.org/10.32938/jbi.v5i3.871.
Kumala, F. N. (2015). Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Lingkungan untuk Melatihkan Keterampilan Proses Dasar IPA Kelas II MI Mambaul Ulum. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 5(1), 593–602. https://doi.org/10.21067/jip.v5i1.691.
Lai, A., A. F., C., & Lee, G. Y. (2019). An Augmented Reality-Based Learning Approach to Enhancing Students’ Science Reading Performances from The Perspective of The Cognitive Load Theory. British Journal of Educational Technology, 50(1), 232–247. https://doi.org/10.1111/bjet.12716.
Lestari, H. (2020). Literasi Sains Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning dengan Blog. Naturalistic : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v4i2b.769.
Lubis, & Hidayat. (2021). Pengembangan Media Animasi Berbantuan Powtoon Melalui Pembelajaran Daring pada Operasi Bilangan Tiga Angka di Kelas II SD. Education Achievment: Journal of Science and Research, 2(3). https://doi.org/10.51178/jsr.v2i1.337.
Lukman, A., Hayati, D. K., & Hakim, N. (2019). Pengembangan Video Animasi Berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran IPA Kelas V di Sekolah Dasar. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2), 153. https://doi.org/10.32332/elementary.v5i2.1750.
Marta, R. F., & William, D. M. (2016). Studi Terpaan Media Pemasaran Melalui Posting Instagram terhadap Ekuitas Merek Pelanggan Sumoboo! (Analisis Eksplanatif pada Komunitas Food Blogger #WTFoodies). Jurnal Komunikasi, 8(1). https://doi.org/10.24912/jk.v8i1.50.
Maulida, I., Dibia, I. K., & Astawan, I. G. (2020). The Development of Social Attitude Assessment Instrument and Social Studies Learning Outcomes Grade IV on Theme of Indahnya Keragaman di Negeriku. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 3(1), 12. https://doi.org/10.23887/ijerr.v3i2.25823.
Memiş, A. D., & Kandemir, H. (2019). The Relationship Between the Study Habits and Attitudes and Metacognitive Reading Comprehension Self-Awareness, Reading Comprehension, Reading Attitudes. World Journal of Education, 9(4), 133. https://doi.org/10.5430/wje.v9n4p133.
Muliani, N. K. D., & Wibawa, I. M. C. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Video terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(1), 107–114. https://doi.org/10.31539/spej.v2i1.333.
Mustaqim, I., & Kurniawan, N. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Pai Berbasis Augmented Reality. Jurnal Edukasi Elektro, 1(1). https://doi.org/10.21831/jee.v1i1.13267.
Nashirotun, B. (2020). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa dengan Metode Jigsaw dan Media Tubuh Manusia pada Pembelajaran IPA di MTs. Negeri 4 Klaten Jawa Tengah. Jurnal Paedagogy, 7(4), 402. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2945.
Nursyam, A. (2019). Peningkatan Minat Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Penelitian Hukum Dan Pendidikan, 18(1), 811–819. https://doi.org/10.30863/ekspose.v18i1.371.
Pour, & Sukroyanti. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick terhadap Keaktifan Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 2(1), 36. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v2i1.111.
Pramono. (2017). Aktivitas Metakognitif Siswa SMP dalam Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Kemampuan Matematika. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(2). https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i2.663.
Putra, I. G. D., & Sujana. (2020). Hasil Belajar IPS Menggunakan Kolaborasi Model Discovery Learning Berbasis Media Animasi. Journal of Educational Technology, 4, 103–109. https://doi.org/10.23887/jet.v4i2.25099.
Putranta, H., & Supahar. (2019). Synthesis of the Cognitive Aspects’ Science Literacy and Higher Order Thinking Skills (HOTS) in Chapter Momentum and Impulse. Journal of Physics: Conference Series, 1397(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1397/1/012014.
Putri, D. A. H., Ardi, Alberida, H., & Yogica, R. (2021). Validitas Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Edmodo pada Materi Sel untuk Peserta Didik Kelas XI SMA/MA. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(2), 230–237. https://doi.org/10.23887/jlls.v4i2.34443.
Qomariyah, N., & Qalbi, Z. (2021). Pemahaman Guru PAUD tentang Pembelajaran Berbasis STEAM dengan Penggunaan Media Loose Parts di Desa Bukit Harapan. JECED : Journal of Early Childhood Education and Development, 3(1), 47–52. https://doi.org/10.15642/jeced.v3i1.995.
Rahayu, I. P., Christian Relmasira, S., & Asri Hardini, A. T. (2019). Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Tematik. Journal of Education Action Research, 3(3), 193. https://doi.org/10.23887/jear.v3i3.17369.
Rahayu, N. D., Zulherman, Z., & Yatri, I. (2021). Animated Video Media Based on Adobe After Effects ( AEF ) Application : An Empirical Study for Elementary School Students. Journal of Physics: Conference Series, 1783(1), 012116. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1783/1/012116.
Sakti, I., Nirwan, & Swistoro, E. (2021). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Literasi Sains Mahasiswa Pendidikan IPA. Jurnal Kumparan Fisika, 4(1), 35–42. https://doi.org/10.33369/jkf.4.1.35-42.
Samsudin, A., Kelana, J. B., & Muftianti, A. (2019). Utilization of Internet-Based Learning Media in Enhancing Science Literacy Capabilities of PGSD Students. PrimaryEdu - Journal of Primary Education, 3(2), 91. https://doi.org/10.22460/pej.v3i2.1284.
Sari, A. N., Wahyuni, R., & Rosmaiyadi, R. (2016). Penerapan Pendekatan Open-Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Aljabar Kelas VIII SMP Negeri 10 Pemangkat. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 1(1), 20. https://doi.org/10.26737/jpmi.v1i1.78.
Sariayu, M. R., & Miaz, Y. (2020). Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Model Think Pair Share di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 295–305. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.337.
Sasono, M., Huriawati, F., & Yusro, A. C. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Melalui Pendekatan Konstruktivistik dengan Metode Five E (5E) Stages Learning Cycle untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains. Momentum: Physics Education Journal, 1(1), 45–55. https://doi.org/10.21067/mpej.v1i1.1630.
Seika Ayuni, I. G. a. P. A., Kusmariyatni, N., & Japa, I. G. N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Media Question Box terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V. Journal of Education Technology, 1(3), 183. https://doi.org/10.23887/jet.v1i3.12503.
Setianingsih, I. G. A. A. A., Putra, D. K. N. S., & Ardana, I. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Berbantuan Media Audio Visual terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Journal of Education Technology, 3(3), 203–209. https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21827.
Solé-Llussà, A., Aguilar, D., & Ibáñez, M. (2019). Video Worked Examples to Promote Elementary Students’ Science Process Skills: A Fruit Decomposition Inquiry Activity. Journal of Biological Education, 00(00), 1–12. https://doi.org/10.1080/00219266.2019.1699149.
Suyanti, S., Sari, M. K., & Rulviana, V. (2021). Media Powtoon untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 8(2), 322–328. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i2.1468.
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 1–13. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113.
Tsai, Y., Lin, C., Hong, J., & Tai, K. (2018). The effects of metacognition on online learning interest and continuance to learn with MOOCs. Computers & Education, 121. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2018.02.011.
Turnip, A., & Panggabean, J, H. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Macromedia Flash terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Momentum dan Impuls Kelas X Semester II Di SMA Negeri 15 Medan T.A. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika, 1(1), 7–16. https://doi.org/10.24114/inpafi.v8i1.17598.
Ulia, N., & Sari, Y. (2018). Pembelajaran Visual, Auditory dan Kinestetik terhadap Keaktifan dan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Sekolah Dasar. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 5(2). https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v5i2.2890.
Wardana, R. W., Prihantini, A., & Hidayat, M. (2021). Identifikasi Kesadaran Metakognitif Peserta Didik dalam Pembelajaran Fisika. Journal Science Education, 5(1). https://doi.org/10.33369/pendipa.5.1.1-9.
Wibowo, T., & Ariyatun, A. (2020). Kemampuan Literasi Sains pada Siswa SMA Menggunakan Pembelajaran Kimia Berbasis Etnosains. Edusains, 12(2), 214–222. https://doi.org/10.15408/es.v12i2.16382.
Widyantari, N. K. S., Suardana, I. N., & Devi, N. L. P. . (2019). Pengaruh Strategi Belajar Kognitif, Metakognitif dan Sosial Afektif terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia, 2(2). https://doi.org/10.23887/jppsi.v2i2.19384.
Wirawan, Y. R. (2014). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Talking Stick terhadap Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X di SMA Negeri Bandarkedungmulyo Jombang Tahun Ajaran 2012/2013. Equilibrium, 2(2), 124–135. https://doi.org/10.25273/equilibrium.v2i2.632.
Yusoff, Hisyam, M., Azra, A., & Fatimah. (2021). Metacognitives And Morals : The Qur ’ an as A Guide Research Article Metacognitives and Morals : The Qur ’ an as A Guide. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education, 12(4), 659–664. https://doi.org/10.17762/turcomat.v12i4.550.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Made Bagiada, I Nyoman Laba Jayanta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal EDUTECH Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)