PENGEMBANGANMULTIMEDIA INTERAKTIFPADA MATA PELAJARAN IPA TERPADU KELAS VII SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2012/2013 DI SMP NEGERI 2 SERIRIT
DOI:
https://doi.org/10.23887/jeu.v1i2.1164Abstrak
Masalah dalam penelitian ini adalah nilai siswa dalam pelajaran IPA Terpadu rendah, dan multimediainteraktif yang mendukung pada mata pelajaran IPA Terpadu belum tersedia. Tujuan penelitian iniadalah (1) untuk mengetahui rancang bangun pengembangan media pembelajaran berbasismultimedia interaktif, dan (2) untuk mengetahui kualitas hasil penelitian dan pengembangan mediapembelajaran berbasis multimedia interaktif menurut uji ahli, uji perorangan, uji kelompok kecil, danuji lapangan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Setelah melalui tahap produksidihasilkan produk awal kemudian dilakukann beberapa tahap validasi oleh seorang ahli mediapembelajaran. Selanjutnya produk diujicobakan kepada siswa melalui tiga tahap, yaitu uji cobaperorangan dengan enam siswa subyek coba, uji coba kelompok kecil dengan duabelas siswa subyekcoba, dan uji coba lapangan dengan tiga puluh siswa subyek coba. Metoda pengumpulan data adalahmetoda kuesioner. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantintatif. Penelitianini menghasilkan produk pengembangan berupa CD pembelajaran multimedia interaktif yang layakpakai. Hasil penelitian menunjukkan isi mata pelajaran termasuk kriteria sangat baik denganpersentase tingkat pencapaian 92,9%. Kualitas media ditinjau dari aspek desain pembelajarantermasuk kriteria baik dengan persentase 75,38%. Kualitas media ditinjau dari aspek mediapembelajaran termasuk kriteria baik dengan persentase 88,18%. Pada uji coba perorangan, kelompokkecil dan uji lapangan terkonversi dengan kriteria baik dengan persentase berturut-turut 85,53%,83,45%, dan 84,67%. Oleh karena itu media yang dihasilkan dapat dikatakan sudah layak pakai.Kata kunci: pengembangan, multimedia, multimedia interaktifUnduhan
Cara Mengutip
I Ketut Pudjawan, G. H. I. M. T. (2013). PENGEMBANGANMULTIMEDIA INTERAKTIFPADA MATA PELAJARAN IPA TERPADU KELAS VII SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2012/2013 DI SMP NEGERI 2 SERIRIT. Jurnal Edutech Undiksha, 1(2). https://doi.org/10.23887/jeu.v1i2.1164
Terbitan
Bagian
Articles
Lisensi
Authors who publish with the Jurnal EDUTECH Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)