PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF BITHOQOH SISWA KELAS X MA MIFTAHUL ULUM TAHUN PELAJARAN 2017/2018
DOI:
https://doi.org/10.23887/jeu.v5i2.20372Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi adanya permasalahan yaitu kurangnya kemampuan siswa
dalam penguasaan Mufradat karena proses pembelajaran yang menoton dengan metode
ceramah sehingga kurang termotivasi mengikuti pelajaran bahasa Arab.Penelitian ini
bertujuan untuk:(1) mengetahui rancang bangun alat permainan edukatif bithoqoh, (2)
mengetahui kualitas hasil pengembangan alat permainan edukatif bithoqoh, (3)
mengetahui efektivitas penggunaan alat permainan edukatif bithoqoh pada mata pelajaran
bahasa Arab kelas X semester ganjil di MA Miftahul Ulum. Jenis penelitian ini adalah
penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE.Pengumpulan data
dilakukan dengan metode pencatatan dokumen, kuesioner dan tes. Instrumen
pengumpulan data yang digunakan adalah lembar pencatatan dokumen, kuesioner, dan
tes objektif tipe pilihan ganda. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif
kualitatif , kuantitatif, dan statistik inferensial.Hasil dari penelitian ini adalah:(1) alat
permainan edukatif bithoqoh dikembangkan dengan ADDIE melalui 5 tahapan(analisis,
desain, pengembangan ,implementasi dan evaluasi);(2) kualitas alat permainan edukatif
bithoqoh berdasarkan dari hasil review ahli dikualifikasikan sangat baik. Persentase tingkat
pencapaian dari review ahli isi, desain dan media pembelajaran berturut-turut yaitu 96%,
96% dan 81%. Berdasarkan dari hasil uji coba produk dikualifikasikan sangat baik.
Persentase tingkat pencapaian dari uji coba perorangan, kelompok kecil, dan lapangan
berturut-turut yaitu 93,3%, 94,66% dan 94,14%. (3) efektivitas alat permainan edukatif
bithoqoh menunjukkan rata-rata nilai pre-test 59 dan nilai post-test 85 Setelah dilakukan
perhitungan dengan menggunakan uji-t diperoleh hasil thitung (4,02) > ttabel (2,000)
sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, alat permainan edukatif bithoqoh
dengan model TGT untuk kelas di MA Miftahul Ulum yang dikembangkan efektif untuk
meningkatkan hasil belajar bahasa Arab siswa.
Kata-kata kunci: ADDIE, edukatif bithoqoh, pengembangan, TGT
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Jurnal EDUTECH Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)