Efektivitas Hasil Belajar IPA Melalui Model Discovery Learning Berbantuan Media Visual Siswa Kelas IV SD

Penulis

  • Kadek Savitri Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jeu.v8i1.25194

Abstrak

Rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA serta kecenderungan siswa menghafal materi mengakibatkan siswa jarang menemukan sendiri konsep atau prinsip materi yang dibelajarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran discovery learning berbantuan media visual terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD. Populasi penelitian ini berjumlah 179 orang siswa di kelas IV SD. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain non-equivalent post-test only control group design. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes berupa pilihan ganda. Metode analisis data yang digunakan yaitu uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa thitung= 3,95 > ttabel = 2,000 dengan kriteria pengujian thitung (3,95) > ttabel (2,000), sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, model discovery learning berbantuan media visual berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD. Dengan hal ini membuktikan bahwa model discovery leaning berbantuan media visual berpengaruh posistif terhadap peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD.

Diterbitkan

2020-07-19

Cara Mengutip

Savitri, K. (2020). Efektivitas Hasil Belajar IPA Melalui Model Discovery Learning Berbantuan Media Visual Siswa Kelas IV SD. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 46–58. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i1.25194

Terbitan

Bagian

Articles