Sistem Personalisasi E-Learning Berorientasi Felder Silverman Learning Style Model Pada Mata Pelajaran Teknik Pengambilan Gambar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jeu.v8i1.26252Abstrak
Perkembangan e-learning saat ini terus semakin innovative, namun media e-learning masa kini kurang memperhatikan karakteristik belajar siswa salah satunya karakteristik gaya belajar menjadi suatu masalah belajar baru bagi peserta didik. Maka dari itu dikembangkan E-learning yang mampu mengakomodasi gaya belajar siswa sehingga menjadi semakin adaptif (menyesuaikan) dengan adanya personalisasi e-learning yang dapat mendeteksi karakteristik dan kebutuhan individu dari siswa. Penelitian ini bertujuan menciptakan sebuah personalisasi e-learning untuk lingkungan sekolah menengah kejuruan, Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah media ajar berupa system perosonalisasi e-learning berorientasi Felder Silverman Learning Style Model (FSLSM) pada siswa kelas XI jurusan multimedia di SMK Negeri 1 Sukasada yang menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pengembangan ADDIE. Subjek dalam penelitian ini adalah ahli isi pembelajaran, ahli media pembelajaran, ahli desain pembelajaran, siswa perorangan, siswa kelompok kecil, dan siswa dalam uji coba lapangan. Variabel yang diteliti dalam penelitian ini adalah e-learning berorientasi FSLSM dan hasil belajar siswa kelas XI Multimedia di SMK Negeri 1 Sukasada. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan instrumen wawancara lisan, kuisioner, dan tes hasil belajar. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kualitatif, deskriptif kuantitatif, dan statistik inferensial (uji-t). Hasil analisis data menunjukkan bahwa telah berhasil dirancang sebuah system personalisasi e-learning berorientasi FSLSM untuk pembelajaran teknik pengambilan gambar dan telah valid untuk digunakan. Hasil analisis statistik inferensial menunjukkan bahwa e-learning berorientasi FSLSM efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.Unduhan
Diterbitkan
2020-07-29
Cara Mengutip
Pardomuan, G. N. P. N. (2020). Sistem Personalisasi E-Learning Berorientasi Felder Silverman Learning Style Model Pada Mata Pelajaran Teknik Pengambilan Gambar. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 167–177. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i1.26252
Terbitan
Bagian
Articles
Lisensi
Authors who publish with the Jurnal EDUTECH Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)