Peran Model Pembelajaran Giving Question and Getting Answers Berbantuan Media Powerpoint terhadap Kompetensi Pengetahuan PPKn

Penulis

  • Ni Made Widiantari Universitas Pendidikan Ganesha
  • I G A Agung Sri Asri Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gusti Agung Oka Negara Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28964

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisi pengaruh yang signifikan model pembelajaran Giving Question And Getting Answers berbantuan media powerpoint terhadap kompetensi pengetahuan PPKn siswa kelas IV SD. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu, menggunakan nonequivalent control group design. Populasi penelitian terdiri dari 9 kelas SD kelas IV dengan sampel 36 siswa sebagai kelompok eksperimen, dan 32 siswa sebagai kelompok kontrol. Data dari kompetensi pengetahuan PPKn dikumpulkan dengan tes objektif. Hasil rata-rata gain skor pretest dan posttest kompetensi pengetahuan PPKn menunjukkan kelompok eksperimen memperoleh hasil 0,655 lebih tinggi dari rata-rata kompetensi pengetahuan PPKn kelas kontrol yaitu 0,538. Data kompetensi pengetahuan PPKn dianalisis memakai uji-t polled varians. Hasil analisis dengan uji-t menunjukkan thitung = 2,053 > ttabel = 1,997. Jadi, terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan PPKn kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Giving Question and Getting Answers berbantuan media powerpoint dengan kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional pada kelas IV SD. Dengan demikian, model pembelajaran Giving Question And Getting Answers berbantuan media powerpoint berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan PPKn siswa kelas IV SD.

Biografi Penulis

Ni Made Widiantari, Universitas Pendidikan Ganesha

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

I G A Agung Sri Asri, Universitas Pendidikan Ganesha

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

I Gusti Agung Oka Negara, Universitas Pendidikan Ganesha

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Diterbitkan

2020-09-30

Cara Mengutip

Widiantari, N. M., Sri Asri, I. G. A. A., & Oka Negara, I. G. A. (2020). Peran Model Pembelajaran Giving Question and Getting Answers Berbantuan Media Powerpoint terhadap Kompetensi Pengetahuan PPKn. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 107–119. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28964

Terbitan

Bagian

Articles