Pengaruh Model Pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy Berbantuan Multimedia Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Kelas V

Penulis

  • N. M. D. D. Lestari Universitas Pendidikan Ganesha
  • I K. N. Wiyasa Universitas Pendidikan Ganesha
  • I. B. S. Manuaba Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28969

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy (SAVI) berbantuan multimedia terhadap kompetensi pengetahuan IPA Kelas V. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan Non-equivalen Posttest Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas V SD yang berjumlah 226 siswa, sedangkan sampel berjumlah 76 siswa ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data kompetensi pengetahuan IPA dilakukan dengan memberikan posttest dalam bentuk tes objektif yang berjumlah 36 butir. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-t polled varians. Berdasarkan hasil analisis diperoleh thitung = 4,51 yang kemudian dibandingkan dengan ttabel pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 74 yaitu 2,00. Hasil analisis hipotesis menunjukkan thitung = 4,51 > ttabel = 2,00, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran SAVI berbantuan multimedia terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas V SD.

Biografi Penulis

N. M. D. D. Lestari, Universitas Pendidikan Ganesha

Jurusan Pendidikan Dasar

I K. N. Wiyasa, Universitas Pendidikan Ganesha

Jurusan Pendidikan Dasar

I. B. S. Manuaba, Universitas Pendidikan Ganesha

Jurusan Pendidikan Dasar

Diterbitkan

2020-10-03

Cara Mengutip

Lestari, N. M. D. D., Wiyasa, I. K. N., & Manuaba, I. B. S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy Berbantuan Multimedia Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Kelas V. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 143–158. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28969

Terbitan

Bagian

Articles