Pengaruh Model Pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy Berbantuan Multimedia Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Kelas V
DOI:
https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28969Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy (SAVI) berbantuan multimedia terhadap kompetensi pengetahuan IPA Kelas V. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan Non-equivalen Posttest Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas V SD yang berjumlah 226 siswa, sedangkan sampel berjumlah 76 siswa ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data kompetensi pengetahuan IPA dilakukan dengan memberikan posttest dalam bentuk tes objektif yang berjumlah 36 butir. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-t polled varians. Berdasarkan hasil analisis diperoleh thitung = 4,51 yang kemudian dibandingkan dengan ttabel pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 74 yaitu 2,00. Hasil analisis hipotesis menunjukkan thitung = 4,51 > ttabel = 2,00, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran SAVI berbantuan multimedia terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas V SD.Unduhan
Diterbitkan
2020-10-03
Cara Mengutip
Lestari, N. M. D. D., Wiyasa, I. K. N., & Manuaba, I. B. S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy Berbantuan Multimedia Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Kelas V. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 143–158. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28969
Terbitan
Bagian
Articles
Lisensi
Authors who publish with the Jurnal EDUTECH Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)