Flipbook Kesehatan di Era Pandemi sebagai Literasi Siswa Sekolah Dasar

Penulis

  • Myo Opidianto Universitas PGRI Semarang, Semarang, Indonesia
  • Mei Fita Asri Untari Universitas PGRI Semarang, Semarang, Indonesia
  • Ikha Listyarini Universitas PGRI Semarang, Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jeu.v9i2.39143

Kata Kunci:

Media Flipbook, Pendidikan, Sekolah Dasar

Abstrak

Literasi untuk siswa sekolah dasar merupakan hal yang sangat penting. Dalam masa pandemi seperti yang terjadi di Indonesia sejak tahun 2020 perlu adanya edukasi kesehatan untuk masyarakat, terutama siswa sekolah dasar sebagai bentuk pembahasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media flipbook bertema kesehatan untuk siswa sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilaksanakan dengan menggunakan model Borg and Gall dengan penyesuaian tahapan pengembangan yaitu pendahuluan, perencanaan, pengembangan draf produk, validasi draf produk, uji coba lapangan awal. Subjek penelitian ini adalah 4 orang guru, 75 siswa dan 45 orang tua siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, dokumentasi, serta penyebaran angket. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yakni berupa lembar angket kebutuhan, angket validasi, dan angket respon. Berdasarkan hasil angket kebutuhan didapatkan hasil bahwa media flipbook dibutuhkan oleh guru, siswa, dan orang tua siswa dengan kriteria cover depan belakang serta halaman berwarna cerah dengan memilih teks yang lugas sederhana dan teks yang bervariasi. Berdasarkan hasil angket respon didapatkan hasil bahwa media flipbook kesehatan sangat cocok untuk menunjang pembelajaran daring di masa pandemi ini. Untuk memperoleh media flipbook bertema kesehatan, diesuaikan dengan hasil kebutuhan dan respon siswa, guru dan orang tua siswa. Nilai rata-rata validitas media flipbook yang diperoleh adalah 4.90 dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan analisis angket respon dan kebutuhan, maka dapat disimpulkan bahwa media flipbook bertema kesehatan untuk siswa sekolah dasar dinyatakan valid dan dapat digunakan dalam pembelajaran.

Biografi Penulis

Myo Opidianto, Universitas PGRI Semarang, Semarang, Indonesia

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Mei Fita Asri Untari, Universitas PGRI Semarang, Semarang, Indonesia

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Ikha Listyarini, Universitas PGRI Semarang, Semarang, Indonesia

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Referensi

Agustina, D. W., & Fitrihidajati, H. (2020). Pengembangan Flipbook Berbasis Problem Based Learning (PBL) pada Submateri Pencemaran Lingkungan untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X SMA. BioEdu: Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 9(1), 325–339. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/36757/32588.

Ainiyah, N. (2017). Membangun Penguatan Budaya Literasi Media dan Informasi dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 2(1), 65–77. https://doi.org/10.35316/jpii.v2i1.63.

Akbar, D. M., & Aidha, Z. (2020). Perilaku Penerapan Gizi Seimbang Masyarakat Kota Binjai pada Masa Pandemi Covid-19 Tahun 2020. Menara Medika, 3(1). https://doi.org/10.31869/mm.v3i1.2193.

Amalia, L., Irwan, I., & Hiola, F. (2020). Analisis Gejala Klinis dan Peningkatan Kekebalan Tubuh untuk Mencegah Penyakit Covid-19. Jambura Journal of Health Sciences and Research, 2(2), 71–76. https://doi.org/10.35971/jjhsr.v2i2.6134.

Amanullah, M. A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Digital Guna Menunjang Proses Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(1), 37. https://doi.org/10.24269/dpp.v0i0.2300.

Amiyanti, R., & Ningsih, K. (2018). Pengaruh Model Kooperatif Berbantuan Media Flipbook terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas x SMAN 3 Materi Bakteri. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 1(1), 0–9. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/27062/75676577671.

Asmuni, A. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941.

Baharuddin, I. (2020). Pembelajaran Bermakna Berbasis Daring di Tengah Pandemi Covid-19. Journal of Islamic Education Management, 5(2), 79–88. https://doi.org/10.24256/kelola.v5i2.1377.

Cahyanto, B., Sholihah, L. K., Hamidah, N., Sari, E. D. W., & Wati, A. K. (2021). Penyuluhan Kesehatan Masyarakat untuk Meningkatkan Kesadaran Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat, 2(1). https://doi.org/10.33474/jp2m.v2i1.10787.

Cindrakasih, rosita. (2021). Dampak COVID- 19 terhadap Sosial Budaya dan Gaya Hidup Masyarakat. Jurnal Public Relation, 2(2). https://doi.org/10.31294/jpr.v2i2.385.

Daningsih, E., & Yokhebed. (2017). Kelayakan Media Flipbook Upaya pencegahan Pencemaran Udara Kelas x. Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Untan, 7(2), 1–11. https://docplayer.info/203863586-Kelayakan-media-flipbook-upaya-pencegahan-pencemaran-udara-kelas-x.html.

Disantara, F. P. (2020). Tanggung Jawab Negara dalam Masa Pandemi Covid-19. JCH (Jurnal Cendekia Hukum), 6(1), 48. https://doi.org/10.33760/jch.v6i1.262.

Elvianasti, M., & Dharma, A. P. (2019). Pelatihan Pembuatan Media Flipbook bagi Guru Sma Muhammadiyah Se-Dki Jakarta. Abdimas Universal, 1(1), 6–10. https://doi.org/10.36277/abdimasuniversal.v1i1.2.

Hidayat, risyal hardiyanto. (2020). Strategic Steps to Prevent COVID-19 Pendemi at the Indonesian Correctional Institution. Jurnal Pendidikan Kesehatan (E-Journal), 9(1). https://doi.org/10.31290/jpk.v9i1.1494.

Husna, M. A., & Marlini, M. (2019). Rancangan Kegiatan Literasi Informasi di SMA Negeri 1 Padang. Ilmu Informasi Perpustakaan Dan Kearsipan, 8(1), 242. https://doi.org/10.24036/107345-0934.

sIntan, T., Hasanah, F., Wardiani, S. R., & Handayani, V. T. (2021). Peningkatan Kualitas Hidup di Masa Pandemi Covid-19 dengan Penerapan Pola Hidup Sehat. Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Royal, 4(1), 27–32. https://doi.org/10.33330/jurdimas.v4i1.834.

Kurniawan, D. T. (2017). Penggunaan Model PJBL untuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa dalam Membuat Media Pembelajaran Matematika. Kalamatika Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 207. https://doi.org/10.22236/KALAMATIKA.vol2no2.2017pp207-220.

Mahardhani, A. januar. (2020). Menjadi Warga Negara yang Baik pada Masa Pandemi Covid-19: Persprektif Kenormalan Baru. Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(2), 65–76. https://doi.org/10.24269/jpk.v5.n2.2020.pp65-76.

Mahmudi, W., & Fernandes, reno. (2021). Adaptasi Siswa tehadap Pola Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di SMAN 1 Solok. Jurnal Perspektif: Jurnal Kajian Sosiologi Dan Pendidikan, 4(3). https://doi.org/10.24036/perspektif.v4i3.471.

Murniati, R. F., Gis, M., & Nuwaswita, L. (2021). Dilematis antara Kesulitan Siswa dan Guru dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemic Covid-19: Sebuah Upaya Aksidental MTs. Muhammadiyah Wuring Authors. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian Dan Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1). https://doi.org/10.35568/naturalistic.v6i1.902.

Murtiningsih, M. (2020). Penyuluhan Kesehatan Pola Hidup Sehat secara Daring Menggunakan Zoom dan Youtube sebagai Media Ajar pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, 1(2), 37–40. https://doi.org/10.35870/jpni.v1i2.13.

Nopiyanto, Y. E., Raibowo, S., Sugihartono, T., & Yarmani, Y. (2020). Pola Hidup Sehat dengan Olahraga dan Asupan Gizi untuk Meningkatkan Imun Tubuh Menghadapi Covid-19. Dharma Raflesia : Jurnal Ilmiah Pengembangan Dan Penerapan IPTEKS, 18(2), 90–100. https://doi.org/10.33369/dr.v18i2.13008.

Novalia, P. D., & Handayani, L. (2021). Gambaran Penerapan Protokol Kesehatan 3m di Masyarakat pada Masa Pandemi Covid-19 : Literature Review. Visikes: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 20(2). https://doi.org/10.33633/visikes.v20i2.4653.

Nurislaminingsih, R. (2020). Layanan Pengetahuan tentang COVID-19 di Lembaga Informasi. Tik Ilmeu : Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 4(1), 19. https://doi.org/10.29240/tik.v4i1.1468.

Nurrohman, A. (2021). Analisis Edugame Berbasis Android sebagai Media Pembelajaran di Sekolah Dasar. Sinasis (Seminar Nasional Sains), 2(1). http://www.proceeding.unindra.ac.id/index.php/sinasis/article/view/5349.

Nuryani, L., & Abadi, I. G. surya. (2021). Media Pembelajaran Flipbook Materi Sistem Pernapasan Manusia pada Muatan IPA Siswa Kelas V SD. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 247. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2.32934.

Putri, R. N. (2020). Indonesia dalam Menghadapi Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(2), 705. https://doi.org/10.33087/jiubj.v20i2.1010.

Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses Pembelajaran dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi Covid- 19 pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861–870. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460.

Rasidi, M. A., Hikmatullah, N., & Sobry, M. (2021). Hambatan Guru dalam Pembelajaran Daring: Studi Kasus di Kelas V MIN 2 Kota Mataram. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 159. https://doi.org/10.30659/pendas.8.2.159-174.

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2), 109–119. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759.

Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi Pembelajaran Daring untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31–34. https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i1.7072.

Wakitayanti, N. A., & Hartono, M. (2021). Motivasi dan Kesadaran Hidup Sehat Masyarakat untuk Berolahraga pada Masa New Normal di Kota Semarang. Indonesian Journal for Physical Education and Sport, 2(1). https://doi.org/10.15294/INAPES.V2I1.43230.

Wibowo, E., & Pratiwi, D. D. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker Materi Himpunan. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 147. https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2279.

Widayoko, A., H, S. K., & Muhardjito, M. (2018). Analisis Program Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dengan Pendekatan Goal-Based Evaluation. Jurnal Tatsqif, 16(1), 78–92. https://doi.org/10.20414/jtq.v16i1.134.

Winaya, I. M. A. (2020). Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Anak pada Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pademi Covid-19 Dengan Berbantu Lembar Kejra Siswa Berbasis Proyek. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 8(1), 35–46. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPP/article/view/23548/14372.

Yunus, N. R., & Rezki, A. (2020). Kebijakan Pemberlakuan Lock Down sebagai Antisipasi Penyebaran Corona Virus Covid-19. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(3). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i3.15083.

Diterbitkan

2021-09-22

Cara Mengutip

Opidianto, M., Untari, M. F. A., & Listyarini, I. (2021). Flipbook Kesehatan di Era Pandemi sebagai Literasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 9(2), 304–311. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i2.39143

Terbitan

Bagian

Articles