Booklet sebagai Suplemen Bahan Ajar pada Materi Kingdom Animalia untuk Peserta Didik Kelas X SMA/MA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jeu.v9i2.40438Kata Kunci:
Booklet, Teaching Material Supplements, BiologyAbstrak
Booklet merupakan media pembelajaran berukuran kecil yang penyajiannya jauh lebih singkat daripada buku dengan satu topik materi, sehingga memudahkan peserta didik untuk dibawa kemana-mana. Berdasarkan hasil observasi didapatkan bahwa sebanyak 82% peserta didik kesulitan memahami materi Kingdom Animalia serta diketahui bahwa selama proses pembelajaran sudah digunakan media pembelajaran berupa buku paket dan LKPD. Namun, peserta didik masih membutuhkan sumber bahan ajar tambahan pada materi Kingdom Animalia dengan sebanyak 82% peserta didik setuju dalam pengembangan booklet dengan harapan dapat meningkatkan minat belajar peserta didik pada materi kingdom animalia. Penelitian ini bertujuan untuk menguji validitas booklet pada materi Kingdom Animalia kelas X SMA/MA yang telah dikembangkan dengan menggunakan tiga tahapan dari model pengembangan 4D (define, design, develop dan disseminate) yang dilakukan sampai tahap develop, yaitu uji validitas kepada dosen biologi dan guru biologi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen berupa angket. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis statistik deksriptif. Hasil rata-rata nilai validasi booklet adalah 97.66% dengan kategori sangat valid, dengan uraian dari 4 aspek penilaian yaitu 94,80% pada aspek kelayakan isi, 100% pada aspek kebahasaan, 95,83% pada aspek penyajian, dan 100% pada aspek kegrafikan. Kesimpulan uji validitas booklet pada materi Kingdom Animalia memnuhi kategori sangat valid dan dapat diujicobakan pada penelitian selanjutnya.
Referensi
Adiko, H. S. S. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Ict (Information Communications Technologies) dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Akademika : Jurnal Ilmiah Media Publikasi Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi. https://doi.org/10.31314/akademika.v7i2.312.
Aini, C. N., & Habibi, M. W. (2020). Development of Booklet Based Science Learning Media for Junior High School. INSECTA: Integrative Science Education and Teaching Activity Journal. https://doi.org/10.21154/insecta.v1i2.2269.
Arwita, W., Simatupang, Z., & Oktavianingsih, O. (2020). Pembelajaran Mandiri Menggunakan Modul Berbasis 6 Tugas untuk Mahasiswa Calon Guru Biologi pada Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar. Jurnal Pelita Pendidikan. https://doi.org/10.24114/jpp.v7i4.16749.
Astuti, D., Supriyanto, E., & Muthoifin, M. (2020). Model Penjaminan Mutu Ketercapaian Kompetensi Dasar dalam Sistem Pembelajaran Online Pada Situasi Work From Home (WFH). Profetika: Jurnal Studi Islam. https://doi.org/10.23917/profetika.v21i1.11655.
Dirman, Nufus, H., & Juarsih, C. (2014). Kegiatan Pembelajaran yang Mendidik : Dalam rangka Implementasi Standar Proses Pendidikan Siswa. Rineka Cipta.
Fitri, R., & Yogica, R. (2018). Validitas Game Edukasi Kasifikasi Tumbuhan Berbasis Permainan Koa sebagai Media Pembelajaran Biologi. Jurnal Pedagogi Hayati, 2(1), 25–30.
Intika, T. (2018). Pengembangan Media Booklet Science For Kids sebagai Sumber Belajar di Sekolah Dasar. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar). https://doi.org/10.26618/jrpd.v1i1.1234.
Kinanti, L. P., & Sudirman, S. (2018). Analisis Kelayakan Isi Materi dari Komponen Materi Pendukung Pembelajaran dalam Buku Teks Mata Pelajaran Sosiologi Kelas Xi Sma Negeri Di Kota Bandung. SosietaS. https://doi.org/10.17509/sosietas.v7i1.10347.
Nisa, K., Ajizah, A., & Amintarti, S. (2021). The Validity of Learning Media in the Form of Booklet Types of Pteridophyta (Fern) in the Riverbanks of Wisata Alam Sungai Kembang for Senior High School Grade X. BIO-INOVED : Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan. https://doi.org/10.20527/bino.v3i2.9978.
Pralisaputri, K. R., Soegiyanto, H., & Muryani, C. (2016). Pengembangan Media Booklet Berbasis Sets pada Materi Pokok Mitigasi dan Adaptasi Bencana Alam Untuk Kelas X SMA. Jurnal GoEco.
Probowati, A., Gofur, A., & Lukiati, B. (2020). Analisis Kebutuhan untuk Pengembangan Bahan Ajar Fisiologi Hewan dan Manusia pada Jurusan Biologi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i6.13586.
Puspita, A., Kurniawan, A. D., & Rahayu, H. M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Booklet pada Materi Sistem Imun terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Sman 8 Pontianak. Jurnal Bioeducation. https://doi.org/10.29406/524.
Putra, A., & Milenia, I. F. (2021). Systematic Literature Review: Media Komik dalam Pembelajaran Matematika. MATHEMA: Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.33365/jm.v3i1.951.
Putro, S. D. K., Umie Lestari, D., & Lukiat, B. (2016). Pengembangan Buku Ajar Perkembangan Hewan Berbasis Penelitian Metamorfosis Ulat Sutera Bombyx Mori L. Jurnal Pendidikan Teori, Penelitian Dan Pengembangan.
Rahmatih, A. N., Yuniastuti, A., & Susanti, R. (2017). Pengembangan Booklet Berdasarkan Kajian Potensi dan Masalah Lokal sebagai Suplemen Bahan Ajar SMK Pertanian. Journal of Innovative Science Education.
Rejeki, R., Adnan, M. F., & Siregar, P. S. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.351.
Reni Anggraeni, A. Y. L. S. (2018). Keterbacaan Buku Ajar Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Pertama (Text Book Readability of Indonesian Language in Junior High School). Jurnal Bahasa, Sastra Dan Pembelajarannya. https://doi.org/10.20527/jbsp.v7i2.4428.
Rosyidah, N., Hidayat, J. N., & Azizah, L. F. (2019). Uji Kelayakan Media Uriscrap (Uri Scrapbook) Menggunakan Model Pengembangan 4d. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA. https://doi.org/10.24929/lensa.v1i1.43.
Safruddin, S. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan IPS Berbasis Kearifan Lokal Maja Labo Dahu untuk Pembentukan Karakter Siswa SMP Kabupaten Bima. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan). https://doi.org/10.36312/jisip.v4i3.1188.
Sapkota, D., Baird, K., Saito, A., Budhathoki, S. S., Pokharel, R., Basnet, S., & Anderson, D. (2020). Development and Validation of an Information Booklet Aimed at Promoting Mental Health for Pregnant Women with a History of Abuse. Journal of Nepal Health Research Council. https://doi.org/10.33314/jnhrc.v17i4.2017.
Sari, L. A. (2019). Efektivitas Media Booklet dan Leaflet Terhadap Pengetahuan Remaja Putri Tentang Dampak Kehamilan Remaja. Jambura Journal of Health Sciences and Research. https://doi.org/10.35971/jjhsr.v1i2.2388.
Sepriadi, I., Sumarmin, R., & Fitri, R. (2018). Development of Animal Comic Media (Anicom) Oriented with Contextual Approach for Grade X Students. Bioeducation Journal. https://doi.org/10.24036/bioedu.v2i2.103.
Sya’bania, N., Anwar, M., & Wijaya, M. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi dengan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik. Journal of Chemical Information and Modeling.
Yudistira, O. K., Syamsurizal, S., Helendra, H., & Attifah, Y. (2021). Analisis Kebutuhan Pengembangan Booklet Sistem Imun Manusia sebagai Suplemen Bahan Ajar Biologi Kelas XI SMA. Journal for Lesson and Learning Studies. https://doi.org/10.23887/jlls.v4i1.34289.
Yusuf, M., Saraswati, U., & Ahmad, T. A. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Perang Lasem Dalam Bentuk Booklet Untuk Pembelajaran Sejarah Lokal di SMA Negeri 1 Lasem. Indonesian Journal of History Education. https://doi.org/10.15294/ijhe.v7i1.32287.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Jurnal EDUTECH Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)