Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Android pada Mata Pelajaran Perawatan Wajah, Badan (Body Massage) dan Waxing di SMK

Penulis

  • Bayu Abiyoga Universitas Negeri Padang
  • Rahmiati Rahmiati Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jeu.v9i2.41038

Kata Kunci:

Media Pembelajaran, Android, Model Pengembangan 4D

Abstrak

Permasalahan yang sering terjadi di lapangan adalah kurangnya sarana prasarana penunjang peserta didik dalam proses belajar mandiri dan belum tersediannya aplikasi yang dapat diakses dan daring di kelas XI SMK. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk berupa media pembelajaran berbasis Android yang valid, praktis, dan efektif pada mata pelajaran perawatan wajah, badan (body massage), dan waxing. Pengembangan media pembelajaran berbasis Android menggunakan metode penelitian R&D dengan prosedur pengembangan 4D (define, design, development, dan deseminate). Subjek yang terlibat dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMK. Hasil penelitian menunjukkan kelayakan media pembelajaran berbasis Android dengan hasil uji ahli media diperoleh rata rata 89% dengan kategori valid. Hasil uji ahli materi diperoleh rata-rata sebesar 91% dengan kategori valid. Hasil uji angket praktikalitas guru diperoleh rata-rata 94,44 dengan kategori sangat praktis. Hasil uji angket praktikalitas peserta didik diperoleh rata-rata 76,54% dengan kategori praktis. Berdasarkan hasil temuan penelitian di atas di simpulkan bahwa media pembelajaran berbasis Android ini valid, praktis dan efektif untuk dimanfaatkan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran perawatan wajah, badan (body massage), dan waxing di SMK. Diharapkan kepada guru agar lebih inovatif dan kreatif mempergunakan media pembelajaran.

Referensi

Agustin, M., Puspita, R. D., Nurinten, D., & Nafiqoh, H. (2021). Tipikal Kendala Guru PAUD dalam Mengajar pada Masa Pandemi Covid 19 dan Implikasinya. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 334–345. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.598.

Alfianiawati, T., Desyandri, & Nasrul. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran ISD di Kelas V SD. Ejournal Pembelajaran Inovasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(3), 1–10. http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pgsd/article/view/5400.

Amini, R., Setiawan, B., Fitria, Y., & Ningsih, Y. (2019). The Difference of Students Learning Outcomes using the Project-Based Learning and Problem-Based Learning Model in Terms of Self-Efficacy. Journal of Physics: Conference Series, 1387(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1387/1/012082.

Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. PT. Rajagrafindo Persada.

Arum, T. S., & Wahyudi, W. (2016). Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Integratif Subtema Hubungan Makhluk Hidup dalam Ekosistem Pendekatan Saintifik Untuk Kelas 5 Sd. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(3), 239. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i3.p239-250.

Basilaia, G., & Kvavadze, D. (2020). Transition to Online Education in Schools during a SARS-CoV-2 Coronavirus (COVID-19) Pandemic in Georgia. Pedagogical Research, 5(4), 1–9. https://doi.org/10.29333/pr/7937.

Basori. (2013). Pemanfaatan Social Learning Network ”Edmodo” dalam Membantu Perkuliahan Teori Bodi Otomotif di Prodi PTM JPTK FKIP UNS. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Dan Kejuruan, 6(2), 99–105. https://doi.org/10.20961/jiptek.v6i2.12562.

Diningrat, S. W. M., Nindya, M. A., & Salwa, S. (2020). Emergency Online Teaching: Early Childhood Education Lecturers’ Perception of Barrier and Pedagogical Competency. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 39(3), 705–719. https://doi.org/10.21831/cp.v39i3.32304.

Duma, S., Limbong, M., & Kailola, L. G. (2021). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru , Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Kristen. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5, 815–826. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/1036.

Ilmadi, Zarista, R. H., Aden, & Sastro, G. (2020). The Effectiveness of Online Learning for Mathematics Students During the Covid-19 Pandemic (Case Study-Mathematics Study Program, Pamulang University). Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1273–1282. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.372.

Koswara, K., & Rasto, R. (2016). Kompetensi dan Kinerja Guru Berdasarkan Sertifikasi Profesi. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 61. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3269.

Magdalena, I., Yuliani, T., Kurniawan, I., & Arief, S. (2020). Kendala Pembelajaran Jarak Jauh secara Daring pada Guru Sekolah Dasar di SD Al Fattaah. PENSA : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(3), 298–306. https://doi.org/https://doi.org/10.36088/pensa.v2i3.966.

Muyaroah, S., & Fajartia, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android dengan menggunakan Aplikasi Adobe Flash CS 6 pada Mata Pelajaran Biologi. Innovative Journal of Curriculum and Educational Techology, 6(2), 22–26. https://doi.org/10.15294/ijcet.v6i2.19336.

Narmaditya, B. S., Wulandari, D., & Sakarji, S. R. B. (2018). Does Problem-based Learning Improve Critical Thinking Skills? Cakrawala Pendidikan, 37(3), 378–388. https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/21548.

Naserly, M. K. (2020). Implementasi Zoom, Google Classroom, dan Whatsapp Group dalam Mendukung Pembelajaran Daring (Online) pada Mata Kuliah Bahasa Inggris Lanjut. Journal of Chemical Information and Modeling. http://aksarapublic.com/index.php/home/article/view/417.

Parlindungan, D. P., Mahardika, G. P., & Yulinar, D. (2020, October). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Video Pembelajaran dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di SD Islam An-Nuriyah. In Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ (Vol. 1, No. 1). https://doi.org/https: https:// https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit/article/view/8793.

Perrotta, K. A., & Bohan, C. H. (2020). A Reflective Study of Online Faculty Teaching Experiences in Higher Education. Journal of Effective Teaching in Higher Education, 3(1), 50–66. https://doi.org/10.36021/jethe.v3i1.9.

Rakhman, K. A., Saraha, A. R., & Sugrah, N. (2017). Pengembangan Video Penggunaan Alat Gelas Laboratorium Kimia di Universitas. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(2), 161. https://doi.org/10.21831/jipi.v3i2.15667.

Rigianti, H. A. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar di Banjarnegara. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 7(2). https://doi.org/10.31316/esjurnal.v7i2.768.

Rosyada, M. I., Atmojo, I. R. W., & Saputri, D. Y. (2021). Dampak Implementasi Pembelajaran dalam Jaringan (Daring) mengenai Kualitas Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19. In Didaktika Dwija Indria (Vol. 9, Issue 4). https://doi.org/10.20961/DDI.V9I4.49180.

Setiadi, H. (2019). Tantangan Revolusi Industri 4.0 : Pembelajaran Abad 21 Di SMK. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNIMED, 3(5), 395–401. http://digilib.unimed.ac.id/38811/3/ATP 48.pdf.

Setiyoaji, W. T., Supriana, E., & Laksono, Y. A. (2020). Pengembangan E-Book Berbasis Android dengan Soal HOTS untuk Membantu Menganalisis Besaran pada Materi Gerak Lurus. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 6(1), 114. https://doi.org/10.29303/jpft.v6i1.1725.

Shinde, V. V., & Inamdar, S. S. (2013). Problem Based Learning (PBL) for Engineering Education in India: Need and Recommendations. Wireless Personal Communications, 69(3), 1097–1105. https://doi.org/10.1007/s11277-013-1069-0.

Sintia, R., Abdurrahman, & Wahyudi, I. (2015). Pengembangan LKS Model Discovery Learning melalui Pendekatan Saintifik Materi Suhu dan Kalor. Jurnal Pembelajaran Fisika, 3, 125–134. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPF/article/view/8485.

Siswanto, B. T. (2012). Pengaruh Model Penyelenggaraan Work-Based Learning Rolling Terpadu terhadap Aspek-Aspek Kualitas Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 21(1), 67–73. https://dx.doi.org/10.21831/jptk.v21i1.3341.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Wahyuni, I. (2018). Pemilihan Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan, 1(1), 1–11.

Walid, M., Saragih, M. R., Kunci, K., Organisasi, B., Guru, K., Usman, K., Yusrizal, I., Ibrahimii, S., Darmada, I. K., Dantes, N., Natajaya, N., Suryadinata, L. F., Agam, F., Suparman, L., & Kerja, B. (2013). Kontribusi Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah, Iklim Kerja dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru SMP Negeri se-Kecamatan Mendoyo Kabupaten Jembrana. Jurnal Magister Manajemen Universitas Mataram, 3(2), 1–25. https://doi.org/10.21831/economia.v9i2.1809.

Wijayanengtias, M., & Claretta, D. (2020). Student Perceptions of Online Learning during the Covid-19 Pandemic. Kanal: Jurnal Ilmu Komunikasi, 9(1), 16–21. https://doi.org/10.21070/kanal.v9i1.685.

Diterbitkan

2021-11-11

Cara Mengutip

Abiyoga, B., & Rahmiati, R. (2021). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Android pada Mata Pelajaran Perawatan Wajah, Badan (Body Massage) dan Waxing di SMK. Jurnal Edutech Undiksha, 9(2), 284–290. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i2.41038

Terbitan

Bagian

Articles