Meningkatkan Hasil Belajar Desain Grafis Siswa Menengah Kejuruan Melalui E-Learning Berbasis Moodle
DOI:
https://doi.org/10.23887/jeu.v10i2.41642Kata Kunci:
Hasil Belajar, Moodle, E-LearningAbstrak
Penggunaan teknologi masih belum mampu diterapkan oleh sebagian guru pada setiap pembelajaran sehingga berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan e-learning untuk siswa menengah kejuruan mata pelajaran desain grafis dalam meningkatkan hasil belajar dan memfasilitasi siswa belajar mandiri. Penelitian ini adalah jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan model desain pembelajaran Dick and Carey. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, tes, wawancara, dan observasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar kuesioner dan soal tes. Subjek uji coba diambil dari 30 siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran e-learning dinyatakan sangat layak pada aspek materi dengan total nilai sebesar 0.86 dan aspek desain pembelajaran layak dengan total nilai sebesar 0.82. Hasil uji coba siswa total nilai sebesar 83.7% (valid). Pada efektivitas pembelajaran e-learning dinyatakan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa apabila hasil belajar siswa mencapai ketuntasan dalam satu kelas sebesar 80%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-learning yang dikembangkan efektif dapat meningkatkan hasil be lajar siswa. Implikasi e-learning yang dihasilkan layak digunakan sebagai fasilitas belajar mandiri bagi siswa dan alat bantu pembelajaran bagi guru.
Referensi
A’yun, Q., Sujiwo, D. A. C., & Hidayatullah, A. W. (2019). Pengaruh E-Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika pada Mahasiswa Teknik Informatika. JUSTINDO (Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi Indonesia), 4(1), 27–34. https://doi.org/10.32528/justindo.v4i1.2420. DOI: https://doi.org/10.32528/justindo.v4i1.2420
Aliyah, S. A., & Hidayanti, P. N. Y. (2022). Pembelajaran Bahasa Arab dengan Menggunakan E-Learning Berbasis Moodle. Aphorisme: Journal of Arabic Language, Literature, and Education, 3(1), 80–95. https://doi.org/10.37680/aphorisme.v3i1.1447. DOI: https://doi.org/10.37680/aphorisme.v3i1.1447
Andry, J., & Stefanus, M. (2020). Pengembangan Aplikasi E-learning Berbasis Web Menggunakan Model Waterfall Pada SMK Strada 2 Jakarta. Jurnal Fasilkom, 10(1), 1–10. https://doi.org/10.37859/jf.v10i1.1878. DOI: https://doi.org/10.37859/jf.v10i1.1878
Anggraeni, D. M., & Sole, F. B. (2018). E-Learning Moodle, Media Pembelajaran Fisika Abad 21. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 1(2), 57. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v1i2.101. DOI: https://doi.org/10.36312/e-saintika.v1i2.101
Audiva, R., Rini, F., & Irsyadunas, I. (2022). Implementasi E-Learning di Sekolah Menengah Kejuruan. JTEV (Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional), 8(1), 46. https://doi.org/10.24036/jtev.v8i1.114664. DOI: https://doi.org/10.24036/jtev.v8i1.114664
Aurora, A., & Effendi, H. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran E-Learning terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa di Universitas Negeri Padang. JTEV(Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional), 5(2), 11–16. https://doi.org/10.24036/jtev.v5i2.105133. DOI: https://doi.org/10.24036/jtev.v5i2.105133
Chrisnawati, Wulandari, A. N., Sutopo, S., & Kuswardi, Y. (2020). Aplikasi Moodle Sebagai Authentic Assessment Pada Pembelajaran Matematika di SMK. Journal of Mathematics and Mathematics Education, 10(2), 75–86. https://doi.org/10.20961/jmme.v10i2.47082. DOI: https://doi.org/10.20961/jmme.v10i2.47082
Cikka, H. (2020). Konsep-Konsep Esensial Dari Teori Dan Model Perencanaan Dalam Pembangunan Pendidikan. Scolae: Journal of Pedagogy, 3(2). https://doi.org/10.56488/scolae.v3i2.81. DOI: https://doi.org/10.56488/scolae.v3i2.81
Dalu, Z. C. A., & Rohman, M. (2019). Pengembangan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital bagi Siswa SMK. Jupiter(Jurnal Pendidikan Teknik Elektro), 04(1), 25–33. https://doi.org/10.25273/jupiter.v4i1.4132.
Dhika, H., Destiawati, F., Sonny, M., & Surajiyo. (2019). Study of the use and application of the moodle e-learning platform in high school. Journal of Physics: Conference Series, 1175(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1175/1/012219. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1175/1/012219
Fatmawati, S. (2019). Efektivitas Forum Diskusi Pada E-Learning Berbasis Moodle Untuk Meningkatkan Partisipasi Belajar. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(2). https://doi.org/10.24176/re.v9i2.3379. DOI: https://doi.org/10.24176/re.v9i2.3379
Fauzi, A. (2020). E-Learning Berbasis Moodle Sebagai Media Informasi dan Komunikasi Guna Mencegah Penyebaran Covid-19. Jurnal Kajian Perempuan & Keislaman, 13(1), 28–39. https://doi.org/10.35719/annisa.v13i1.23. DOI: https://doi.org/10.35719/annisa.v13i1.23
Firmansyah, P. (2022). Penerapan Moodle sebagai E-Learning di Perguruan Tinggi (Studi Kasus di Universitas Dharmas Indonesia). E-Journal Manajemen Informatika, 6(4). https://doi.org/10.33395/remik.v6i4.11869. DOI: https://doi.org/10.33395/remik.v6i4.11869
Grace, D., & Caterine, W. (2019). Using Moodle As Blended Learning for Assessment in Writing Class. Journal of Education of English as Foreign Language, 2. https://doi.org/10.21776/ub.Educafl.2019.002.1.4. DOI: https://doi.org/10.21776/ub.Educafl.2019.002.1.4
Hakim, A. R. (2018). Pengembangan E-Learning berbasis Moodle sebagai pengelolaan pembelajaran. Jurnal Penelitian Islam, 12(2). https://doi.org/10.21154/kodifikasia.v12i2.1516. DOI: https://doi.org/10.21154/kodifikasia.v12i2.1516
Hamamoto, N., Yokoyama, S., Takefusa, A., & Aida, K. (2021). Implemention of secured log analysis environment for moodle using virtual cloud provider service. Procedia Computer Science, 192, 3154–3164. https://doi.org/10.1016/j.procs.2021.09.088. DOI: https://doi.org/10.1016/j.procs.2021.09.088
Hariyanto, D. (2021). Analysis of Moodle as E-Learning in the Online Learning Implementation in Aviation Polytechnic of Surabaya. Teknodika, 19(02). https://doi.org/10.20961/teknodika.v19i2.53908. DOI: https://doi.org/10.20961/teknodika.v19i2.53908
Haryati, S., Rizal, F., & Syah, N. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menengah Kejuruan Melalui Mobile Learning. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 31–39. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.31896. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.31896
Herbimo, W. (2020). Penerapan Aplikasi Moodle Sebagai Salah Satu Model Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 107–113. https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i1.144. DOI: https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i1.144
Indra, D., Maksum, H., & Abdullah, R. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Komputer dan Jaringan Dasar Melalui Media Pembelajaran Interaktif. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 14–22. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.33609. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.33609
Inggriyani, F., Fazriyah, N., & Purbasari, A. (2019). Penggunaan E-learning Berbasis Moodle bagi KKG Sekolah Dasar di Kecamatan Lengkong Kota Bandung. Jurnal SOLMA, 8(2), 268–277. https://doi.org/10.29405/solma.v8i2.3695. DOI: https://doi.org/10.29405/solma.v8i2.3695
Irawan, R., & Surjono, H. D. (2018). Pengembangan E-Learning Berbasis Moodle Dalam Peningkatkan Pemahaman Lagu Pada Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(1), 1–11. https://doi.org/10.21831/jitp.v5i1.10599. DOI: https://doi.org/10.21831/jitp.v5i1.10599
Kolekar, S. V., Pai, R. M., & Manohara Pai, M. M. (2018). Adaptive User Interface for Moodle based E-learning System using Learning Styles. Procedia Computer Science, 135, 606–615. https://doi.org/10.1016/j.procs.2018.08.226. DOI: https://doi.org/10.1016/j.procs.2018.08.226
Latip, A. (2020). Peran Literasi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pada Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19. EduTeach : Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 108–116. https://doi.org/10.37859/eduteach.v1i2.1956. DOI: https://doi.org/10.37859/eduteach.v1i2.1956
Lebeaux, D., Jablon, E., Flahault, C., Lanternier, F., Viard, J. P., Pacé, B., Mainardi, J. L., & Lemogne, C. (2021). Introducing an Open-Source Course Management System (Moodle) for Blended learning on infectious diseases and microbiology: A pre-post observational study. Infectious Diseases Now, 51(5), 477–483. https://doi.org/10.1016/j.idnow.2020.11.002. DOI: https://doi.org/10.1016/j.idnow.2020.11.002
Lestari, S. (2018). Peran Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 94–100. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.459. DOI: https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.459
Mantiri, J. (2019). Peran Pendidikan Dalam Menciptakan Sumber Daya Manusia Berkualitas Di Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila Dan Kewarganegaraan, 3(1), 20. https://doi.org/10.36412/ce.v3i1.904. DOI: https://doi.org/10.36412/ce.v3i1.904
Mariezki, R., Juita, E., & Tanamir, M. D. (2021). Pengembangan Media E-Learning Berbasis Moodle Sebagai Suplemen Pembelajaran Geografi Pada Materi Mitigasi Bencana Alam. Jambura Geo Education Journal, 2(2), 54–62. https://doi.org/10.34312/jgej.v2i2.11043. DOI: https://doi.org/10.34312/jgej.v2i2.11043
Marlina, M., Masnur, M., & Dirga, M. (2021). Aplikasi E-Learning Siswa Smk Berbasis Web. Jurnal Sintaks Logika, 1(1). https://doi.org/10.31850/jsilog.v1i1.672. DOI: https://doi.org/10.31850/jsilog.v1i1.672
Muhammad, H., Murtinugraha, E., & Musalamah, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Moodle Pada Mata Kuliah Metodologi Penelitian. Jurnal PenSil, 9(1), 54–60. https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i1.13453. DOI: https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i1.13453
Mujiono, Degeng, I. N. S., & Henry Praherdhiono. (2018). Pengembangan Pembelajaran Sistem Blended Berbasis Universal Design for Learning untuk Kelas Inklusif. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(6), 758–763. https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i6.11163.
Munandar, A. H., Amrullah, A., Junaidi, J., & Arjudin, A. (2022). Pengembangan Media E-Learning Berbasis Learning Management System (LMS) Moodle pada Materi Trigonometri di Kelas X SMAN 1 Lingsar. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(3), 841–852. https://doi.org/10.29303/griya.v2i3.227. DOI: https://doi.org/10.29303/griya.v2i3.227
Nafrin, I. A., & Hudaidah, H. (2021). Perkembangan Pendidikan Indonesia di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 456–462. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.324. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.324
Nopiantari, I. G. A. A., & Agung, A. A. G. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Video Pembelajaran pada Materi Keberagaman Budaya Bangsaku Bermuatan Masalah Sosial. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 75–84. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32058. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32058
Nurdin, H., Sumarna, S., & Handono, F. W. (2018). Clustering Openmeetings Guna Peningkatan Efektivitas Belajar Mengajar Jarak Jauh. J I M P - Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan, 3(2). https://doi.org/10.37438/jimp.v3i2.170. DOI: https://doi.org/10.37438/jimp.v3i2.170
Nurdyansyah, N., & Aini, Q. (2020). Peran Teknologi Pendidikan Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas Iii Di Mi Ma’arif Pademonegoro Sukodono. At-Thullab : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 124. https://doi.org/10.30736/atl.v1i1.81. DOI: https://doi.org/10.30736/atl.v1i1.81
Nurfa, N. N., Aripin, A., & Susanti, E. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Learning Management System Berbasis Moodle Sebagai Daya Dukung Pembelajaran Fisika. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 6(2), 143–151. https://doi.org/10.24036/jep/vol6-iss2/663. DOI: https://doi.org/10.24036/jep/vol6-iss2/663
Nurrohma, R. I., & Adistana, G. A. Y. P. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Media E-Learning Melalui Aplikasi Edmodo Pada Mekanika Teknik. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1199–1209. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.544. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.544
Paramarta, I Komang Adi. (2018). Pengembangan Masterplan Sistem Informasi Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja Menggunakan Framework Ward. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 15(2). https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v15i2.14104. DOI: https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v15i2.14104
Purnasari, P. D., & Sadewo, Y. D. (2021). Strategi Pembelajaran Pendidikan Dasar di Perbatasan Pada Era Digital. Jurnal Basicedu, 5(5), 3089–3100. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1218. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1218
Purwasih, R., & Apsari, Y. (2021). Peningkatan Kemampuan Guru-Guru Ma Cahaya Harapan Melalui Pelatihan Pembelajaran Blended Learning Berbasis LMS Moodle Di Era Post Covid-19. Jurnal Pengabdian Masyarakat Khatulistiwa, 4(1), 1–8. https://doi.org/10.31932/jpmk.v4i1.1060. DOI: https://doi.org/10.31932/jpmk.v4i1.1060
Putri, A. A., & Ardi. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Pendekatan Saintifik. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 1–7. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.33931. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.33931
Rijal, A., & Sofiarini, A. (2019). Pengembangan E-Learning Mata Kuliah Pembelajaran Matematika SD Berbasis Aplikasi Moodle di PGSD. Basicedu, 3(4), 2071–2082. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.266. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.266
Rizal, S., & Walidain, B. (2019). Pembuatan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Moodle Pada Matakuliah Pengantar Aplikasi Komputer Universitas Serambi Mekkah. Jurnal Ilmiah Didaktika: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran, 19(2), 178–192. https://doi.org/10.22373/jid.v19i2.5032. DOI: https://doi.org/10.22373/jid.v19i2.5032
Romero, E., García, L., & Ceamanos, J. (2021). Moodle and Socrative quizzes as formative aids on theory teaching in a chemical engineering subject. Education for Chemical Engineers, 36, 54–64. https://doi.org/10.1016/j.ece.2021.03.001. DOI: https://doi.org/10.1016/j.ece.2021.03.001
Salsabila, U. H., Irna Sari, L., Haibati Lathif, K., Puji Lestari, A., & Ayuning, A. (2020). Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 17(2), 188–198. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v17i2.138. DOI: https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v17i2.138
Santi, T. D., & Faridah, A. (2021). Validitas Pengembangan Mobile Learning Berbasis Moodle di Sekolah Menengah Kejuruan Pariwisata Aisyiyah Pada Mata Pelajaran Pengetahuan Bahan Makanan. Cakrawala: Jurnal Pendidikan, 15(1). https://doi.org/10.24905/cakrawala.v15i1.263. DOI: https://doi.org/10.24905/cakrawala.v15i1.263
Santoso, G. B., Irdiani, F. A., Chairunnisa, N., & Sinaga, T. M. (2019). Penerapan Media E-Learning Berbasis Moodle pada Jurusan Teknik Informatika dan Sistem Informasi Universitas Trisakti. Petir, 12(2), 187–195. https://doi.org/10.33322/petir.v12i2.500. DOI: https://doi.org/10.33322/petir.v12i2.500
Septiani, U. U., Degeng, I. N. S., & Sitompul, N. C. (2020). Development of Problem Based Learning Book for Indonesian Language and Literature Subject at Junior High School. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran (JDPP), 8(2). https://doi.org/10.24269/dpp.v8i2.2194. DOI: https://doi.org/10.24269/dpp.v8i2.2194
Su’uga, H. S., Ismayati, E., Agung, A. I., & Rijanto, T. (2020). Media E-learning Berbasis Google Classroom Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 9(3), 605–6010. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/article/view/36253/322.
Sugiana. (2018). Proses Pengembangan Organisasi Kurikulum Dalam Meningkatkan Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Pendidikan, 5(2). https://doi.org/10.33650/pjp.v5i2.392. DOI: https://doi.org/10.20414/elhikmah.v12i1.229
Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927. DOI: https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927
Sumarwati, S., Fitriyani, H., Setiaji, F. M. A., Amiruddin, M. H., & Jalil, S. A. (2020). Developing Mathematics Learning Media Based on E-Learning Using Moodle on Geometry Subject to Improve Students’ Higher Order Thinking Skills. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 14(4), 182–191. https://doi.org/10.3991/IJIM.V14I04.12731. DOI: https://doi.org/10.3991/ijim.v14i04.12731
Ueda, H., Furukawa, M., Yamaji, K., & Nakamura, M. (2018). Scormadaptivequiz: Implementation of Adaptive e-Learning for Moodle. Procedia Computer Science, 126, 2261–2270. https://doi.org/10.1016/j.procS.2018.07.223. DOI: https://doi.org/10.1016/j.procs.2018.07.223
Vaganova, O. I., Smirnova, Z. V, Vezetiu, E. V, Kutepov, M. M., & Chelnokova, E. A. (2020). Assessment tools in e-learning Moodle. International Journal of Advanced Trends in Computer Science and Engineering, 9(3), 2488–2492. https://doi.org/10.30534/ijatcse/2020/01932020. DOI: https://doi.org/10.30534/ijatcse/2020/01932020
Wahrobun, H.Rufi’i, & Muhyi, M. (2019). The Policy of Curriculum Development in Education Management for Cadet of Indonesian Naval Academy. International Journal of ASRO, 10(3), 24–30. https://doi.org/10.37875/asro.v10i3.146. DOI: https://doi.org/10.37875/asro.v10i3.146
Watania, A. T., & Hendry. (2021). Perancangan Aplikasi Web E-learning berbasis LMS menggunakan Moodle di PT Global Infotech Solution. JATISI (Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi), 8(2), 676–687. https://doi.org/10.35957/jatisi.v8i2.797. DOI: https://doi.org/10.35957/jatisi.v8i2.797
Widiyono, A., & Millati, I. (2021). Peran Teknologi Pendidikan dalam Perspektif Merdeka Belajar di Era 4.0. Journal of Education and Teaching (JET), 2(1), 1–9. https://doi.org/10.51454/jet.v2i1.63. DOI: https://doi.org/10.51454/jet.v2i1.63
Widyasusanti, M., Sarifah, I., & Herlina, H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Moodle Pada Materi Pecahan Senilai Kelas IV Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(1), 1–15. https://doi.org/10.37478/jpm.v3i1.1289. DOI: https://doi.org/10.37478/jpm.v3i1.1289
Wijaya, I., & Lubis, A. H. (2018). Perancangan dan Pembuatan E-Learning Berbasis Moodle pada Mata Pelajaran Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI). Jurnal PTI(Pendidikan Dan Teknologi Informasi) Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universita Putra Indonesia YPTK Padang, 5(1), 61–70. https://doi.org/10.35134/jpti.v5i1.7. DOI: https://doi.org/10.35134/jpti.v5i1.7
Yawson, D. E., & Yamoah, F. A. (2020). Understanding satisfaction essentials of E-learning in higher education: A multi-generational cohort perspective. Heliyon, 6(11), e05519. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2020.e05519. DOI: https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2020.e05519
Yulianto, S. V., & Atmaja, A. P. (2018). Rancang Bangun Sistem Informasi Kurikulum 2013 Tingkat Sekolah Dasar Berbasis Web dengan SDLC Waterfall. Jurnal Sisfo, 07(02). https://doi.org/10.24089/j.sisfo.2018.01.006. DOI: https://doi.org/10.24089/j.sisfo.2018.01.006
Yuliyatno, Mustaji, & Sitompul, N. C. (2019). Exploring the implementation of Weblog-Based Flipped Classroom in Teaching Civics: Is it Feasible and Effective? International Journal of Instruction, 12(4), 239–250. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12415a. DOI: https://doi.org/10.29333/iji.2019.12415a
Zain, M. F. (2021). Sistem Pelatihan Jarak Jauh (PJJ) Balai Diklat Keagamaan Medan Berbasis Web Menggunakan Learning Management System (LMS) Moodle. Jurnal Analisa Pemikiran Insaan Cendikia, 4(2), 29–43. https://doi.org/10.54583/apic.vol4.no2.62. DOI: https://doi.org/10.54583/apic.vol4.no2.62
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Jurnal Edutech Undiksha
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal EDUTECH Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)